Mengenal Implan Tulang Rawan Beserta Prosedurnya

implan-hidung-tulang-rawan

Mengenal Implan Tulang Rawan Beserta Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Standar kecantikan seseorang sering dikaitkan dengan hidung mancung, yang membuat sebagian orang mungkin merasa tidak percaya diri dengan bentuk dari hidungnya. Bentuk hidung tentunya dapat memengaruhi fitur wajah, sehingga banyak orang ingin mengubah bentuk hidungnya dengan melakukan implan hidung. 

Nah, salah satu jenis prosedur bedah plastik hidung yang sering digunakan ialah implant hidung tulang rawan, sebenarnya apa sih implant hidung tulang rawan itu? dan apasaja manfaat serta risiko yang mungkin didapatkan dari implant hidung menggunakan tulang rawan? Simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Implan Hidung Tulang Rawan?

Implan hidung tulang rawan merupakan salah satu jenis operasi hidung yang menggunakan tulang rawan pasien sebagai medianya. Pada dasarnya, setiap  orang memiliki tulang rawan di dalam tubuhnya, akan tetapi penggunaan yang paling umum dalam prosedur rhinoplasty ialah tulang rawan telinga atau tulang rawan iga. Alasannya karena implan tulang rawan tersebut dapat meminimalkan efek alergi dan reaksi penolakan dalam tubuh. Selain itupun, hasil dari rhinoplasty menggunakan tulang rawan juga terlihat lebih natural.  

Baca Juga: Implan Hidung: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rekomendasinya

Apa Saja Manfaat Implan Hidung Tulang Rawan?

Perubahan pada bentuk hidung, meskipun ukurannya hanya beberapa milimeter, dapat memengaruhi keseluruhan bentuk hidung serta wajah secara signifikan. Oleh karena itu, saat melakukan prosedur implan hidung, dokter akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan bentuk serta hasil implan hidung yang memuaskan. Berikut ini juga adalah berbagai manfaat yang didapatkan ketika Anda melakukan implan hidung, yaitu:

  1. Dapat membuat hidung Anda terlihat mancung
  2. Mengubah bentuk serta ukuran hidung Anda supaya lebih seimbang dan ideal
  3. Memperbaiki hidung yang tidak simetris
  4. Memperbaiki kelainan pada bentuk hidung yang disebabkan oleh cacat lahir
  5. Memperbaiki gangguan pernapasan yang disebabkan oleh bentuk dan ukuran hidung 

Baca Juga: Jangan Takut! Ini Dia Penanganan Yang Tepat Setelah Operasi Implan Hidung

Apa Saja Jenis-jenis Implan Hidung Tulang Rawan?

Prosedur implan hidung tulang rawan terbagi dalam beberapa tipe dengan prosedur dan cara kerja yang berbeda-beda. Berikut adalah diantaranya.

1. Rhinoplasty Reduction

Operasi reduksi rhinoplasty bertujuan utama untuk mengurangi ukuran hidung, seringkali melibatkan pembentukan kembali bagian hidung dengan memanfaatkan penggunaan tulang rawan.

2. Rhinoplasty Augmentation

Sementara itu, augmentasi rhinoplasty bertujuan untuk mengubah bentuk hidung menjadi lebih proporsional. Jenis implan ini sering dipilih oleh orang-orang dengan hidung terlalu kecil karena faktor genetik atau cedera. Prosesnya melibatkan pembangunan pangkal hidung dengan menggunakan pencangkokan jaringan atau tulang rawan.

Jika tidak tersedia cukup jaringan untuk pencangkokan, dokter akan menggunakan bahan buatan seperti implan silikon. Untuk hasil yang lebih alami, cangkok kulit juga mungkin diperlukan untuk mencegah robekan kulit pada ujung hidung.

3. Rhinoplasty Pasca Trauma

Rhinoplasty pasca-trauma adalah jenis operasi hidung yang ditujukan untuk mereka yang telah mengalami cedera atau kecelakaan yang merusak bentuk hidung. Kerusakannya bisa bervariasi, termasuk patah tulang, kerusakan tulang rawan, perubahan struktur hidung yang terlihat, septum yang bengkok, dan hingga masalah pernapasan.

4. Rhinoplasty Corrective

Rhinoplasty korektif, atau dikenal juga sebagai operasi hidung rekonstruktif, adalah prosedur kosmetik untuk memperbaiki kegagalan dari operasi sebelumnya. Hal ini bisa meliputi operasi reduksi atau augmentasi serta seringkali memerlukan prosedur yang kompleks dan beragam.

Banner Plastic Surgeon

Bagaimana Prosedur Implan Hidung Tulang Rawan?

Pada proses implan hidung ini membutuhkan anestesi lokal tetapi juga dapat dilakukan dengan anestesi umum. Jenis anestesi yang digunakan tergantung pada kompleksitas prosedur. Sebelum melakukan prosedur tersebut, dokter biasanya memberi tahu pasien jenis anestesi mana yang paling aman digunakan oleh pasien ketika prosedur berlangsung.

Prosedur ini awalnya dapat dilakukan dengan membuat sedikit sayatan kecil di antara lubang hidung dan kemudian mengubah posisi pada tulang rawan dibagian bawah kulit. Tergantung dari hasil pemeriksaan dan pembahasan sebelumnya, dokter akan mengubah bentuk tulang hidung ataupun tulang rawan hidung. Jika ada perubahan signifikan pada bentuk hidung, dokter kemudian akan menggunakan implan ataupun tulang rawan. Saat proses perubahan selesai, langkah terakhir dokter akan menutup sayatan tersebut.

Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

Bagaimana Risiko Komplikasi Implan Hidung Tulang Rawan?

Selain berbagai manfaat yang sudah dijelaskan diatas, prosedur ini juga dapat memiliki risiko seperti pendarahan, infeksi, serta reaksi negatif terhadap anestesi. Berikut ini adalah berbagai risiko yang mungkin akan Anda alami ketika melakukan prosedur ini, yaitu:

  1. Kesulitan bernapas melalui hidung
  2. Mati rasa di area sekitar hidung
  3. Kemungkinan bentuk hidung yang didapatkan kurang simetris
  4. Nyeri, perubahan warna ataupun bengkak yang tidak kunjung sembuh
  5. Cedera permanen akibat prosedur ini

Perlu diketahui bahwa setiap operasi apapun pastinya dapat  melibatkan risiko. Namun, risiko tersebut dapat diminimalkan melalui perkembangan teknologi, pemilihan rumah sakit atau klinik bedah terbaik, dan saran dari dokter. Untuk itu, pasien tidak perlu terlalu khawatir asalkan selalu mengikuti petunjuk dari dokter, ya teman Plasthetic.  

Nah, itu dia penjelasan mengenai implan tulang rawan beserta prosedurnya, Jika Anda ingin melakukan prosedur ini, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter  kami di Plasthetic Clinic yang sudah terpercaya. Plasthetic Clinic dengan senang hati dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk melakukan prosedur ini. Hubungi kami di nomor 0811-1769-199 untuk melakukan jadwal konsultasi atau Anda dapat langsung mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir di alamat Jl. Danau Tondano No.12, RT.11/RW.5, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210.

Di Review Oleh:

dr. Tasya Anggrahita, Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

penyebab-wajah-tidak-simetris

Cari Tahu Penyebab Wajah Tidak Simetris dan Cara Membuatnya Simetris

Read More
ciri-ciri-penuaan-dini

Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Read More
berapa-lama-tambalan-gigi-bertahan

Berapa Lama Tambalan Gigi Bertahan? Ini Jawabannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!