Laser Q-Switched Nd YAG, Prosedur, dan Manfaatnya untuk Kulit

laser-q-switched-nd-yag-adalah

Laser Q-Switched Nd YAG, Prosedur, dan Manfaatnya untuk Kulit

Di Tinjau oleh Dokter

Dalam upaya merawat kesehatan dan mengatasi berbagai permasalahan kulit, saat ini teknologi medis terus mengalami perkembangan. Laser Q-Switched Nd YAG adalah salah satu inovasi terbaru yang telah membuktikan efektivitasnya dalam mengatasi sejumlah permasalahan kulit. Pada artikel kali ini, kami akan membantu teman Plasthetic dalam mengetahui informasi mengenai pengertian, prosedur, hingga manfaat Laser Q-Switched Nd YAG untuk kesehatan kulit. Penasaran bukan? Baca sampai tuntas ya!

Apa Itu Laser Q Switched Nd YAG?

Laser Q-Switched Nd YAG adalah jenis laser yang menggunakan gelombang panjang dari Nd YAG (Neodymium-doped Yttrium Aluminum Garnet) sebagai sumber energi. “Q-Switched” sendiri merujuk pada teknologi yang digunakan untuk menghasilkan pulsa laser yang sangat pendek dan intens, memungkinkan energi yang sangat tinggi diberikan dalam waktu yang sangat singkat. Teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi medis dan kosmetik, termasuk pengobatan pada berbagai permasalahan kulit.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Laser Black Doll untuk Perawatan Kulit Anda

Apa Saja Manfaat Laser Q Switched Nd YAG?

Laser Q-Switched Nd YAG memiliki sejumlah manfaat dalam perawatan kulit dan permasalahan pigmen. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan teknologi ini, yaitu:

1. Penghapusan Pigmentasi Kulit

Salah satu manfaat utama dari Laser Q-Switched Nd YAG adalah kemampuannya untuk menghilangkan pigmentasi kulit yang tidak diinginkan. Ini termasuk bintik-bintik penuaan, bintik matahari, melasma, dan tanda lahir yang mengandung pigmen berlebih.

2. Peningkatan Kecerahan Kulit

Selain menghilangkan pigmentasi, prosedur laser satu ini juga dapat merangsang produksi kolagen baru dalam kulit, yang dapat meningkatkan kecerahan kulit secara keseluruhan..

3. Peningkatan Tekstur Kulit

Laser Q-Switched Nd YAG juga dapat membantu mengatasi tekstur kulit yang tidak merata, termasuk bekas jerawat dan keriput kecil, sehingga memberikan tampilan kulit yang lebih halus dan lebih muda.

Baca Juga: Laser Resurfacing: Jenis, Manfaat, serta Prosedurnya

Bagaimana Prosedur Laser Q Switched Nd YAG?

Sebelum melakukan perawatan dengan alat Laser Q Switched Nd YAG, terdapat beberapa prosedur yang harus teman Plasthetic ketahui terlebih dahulu, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Konsultasi

Sebelum menjalani prosedur, pasien akan berkonsultasi dengan dokter yang profesional dan berpengalaman. Nantinya, mereka akan melakukan evaluasi terhadap permasalahan kulit yang ingin diatasi dan merencanakan rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

2. Pemakaian Pelindung Mata

Sebelum prosedur dimulai, pasien dan tenaga medis akan menggunakan pelindung mata yang bertujuan untuk melindungi mata dari sinar laser yang kuat.

3. Penggunaan Laser

Selama prosedur, Laser Q-Switched Nd YAG akan diarahkan pada area yang diobati. Nantinya, laser akan menghasilkan pulsa energi intens dalam waktu yang sangat singkat. Energi ini dapat menargetkan pigmentasi kulit, seperti bintik-bintik penuaan, tanda lahir, maupun tato.

4. Sensasi Selama Proses

Selama melakukan rosedur, pasien mungkin akan merasakan sensasi seperti panas atau sensasi pengetukan cepat di area yang diobati. Sensasi ini biasanya hanya sementara dan dapat diatasi dengan menggunakan alat pendingin.

Baca Juga: Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Apa Saja Risiko Efek Samping Laser Q Switched Nd YAG?

Seperti banyak prosedur medis kecantikan lainnya, penggunaan Laser Q-Switched Nd YAG juga memiliki potensi risiko dan efek samping yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memulai perawatan. Meskipun risiko ini umumnya rendah, namun penting juga bagi Anda untuk menyadari kemungkinan dampak yang mungkin akan terjadi. \

Adapun beberapa risiko dan efek samping yang terkait dengan penggunaan Laser Q-Switched Nd YAG, antara lain:

1. Perubahan Warna Kulit

Beberapa pasien mungkin mengalami perubahan warna kulit setelah menjalani perawatan. Ini bisa termasuk hiperpigmentasi (peningkatan warna kulit) atau hipopigmentasi (pengurangan warna kulit). Perubahan warna ini umumnya bersifat sementara, tetapi dalam beberapa kasus, mungkin akan menjadi permanen.

2. Iritasi Kulit

Setelah prosedur, kulit yang diobati mungkin akan mengalami reaksi seperti kemerahan, bengkak, atau rasa terbakar. Hal ini sendiri merupakan respon alami kulit terhadap prosedur dan biasanya akan mereda dalam beberapa hari.

3. Sensasi Tidak Nyaman

Selama melakukan prosedur, terdapat beberapa pasien yang melaporkan sensasi seperti picuhan panas atau sensasi pengetukan cepat di kulit yang diobati. Sensasi ini umumnya sementara dan dapat diatasi dengan alat pendingin selama prosedur berlangsung.

4. Reaksi Alergi

Meskipun jarang terjadi, namun, terdapat juga potensi bagi beberapa individu yang mengalami reaksi alergi terhadap gel pendingin atau komponen lain yang digunakan selama prosedur.

5. Infeksi

Risiko infeksi setelah prosedur sangat rendah, tetapi ada kemungkinan jika area yang diobati tidak dirawat dengan benar setelah perawatan. Penting juga bagi Anda untuk mengikuti pedoman perawatan pasca-perawatan yang diberikan oleh dokter.

Yaps, itu dia penjelasan mengenai risiko prosedur Laser Q-Switched Nd YAG, ya teman Plasthetic. Selain risiko di atas, akan memungkinkan juga terjadi risiko lainnya yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh dokter saat sesi konsultasi berlangsung. Untuk, itu penting untuk melakukan sesi konsultasi dengan dokter tersebut sebelum melakukan tindakan apapun, ya.

Banner Plastic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Laser Wajah dari Plasthetic Clinic

perawatan operasi laser wajah
Source: freepik.com


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan operasi laser wajah yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, antara lain:

1. Laser Dark Spot

Laser dark spot, adalah prosedur kosmetik yang menggunakan teknologi laser untuk mengatasi masalah kulit seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, bintik matahari, dan tanda lahir yang mengandung pigmen berlebih. Proses ini bertujuan untuk menghancurkan pigmen berlebih dalam kulit tanpa merusak jaringan di sekitarnya, sehingga membantu kulit mendapatkan penampilan yang lebih merata dan sehat.

2. Laser Rejuvenation

Laser rejuvenation, juga dikenal sebagai laser skin rejuvenation atau laser skin resurfacing, adalah prosedur medis dan kosmetik yang menggunakan teknologi laser untuk meremajakan dan memperbarui kulit wajah atau tubuh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tekstur, tampilan, dan kondisi kulit dengan merangsang produksi kolagen baru, mengurangi kerutan, menghilangkan bintik-bintik penuaan, dan mengatasi masalah kulit lainnya.

3. Laser Acne

Laser acne atau pengobatan jerawat dengan laser adalah prosedur medis yang menggunakan teknologi laser untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit yang terkait dengan kondisi kulit ini. Tujuan dari perawatan satu ini sendiri adalah untuk mengurangi peradangan, mengontrol produksi minyak berlebih, dan merangsang penyembuhan kulit. Laser acne merupakan salah satu dari berbagai opsi perawatan yang tersedia untuk mengatasi jerawat, terutama jika jerawat tidak merespons dengan baik terhadap perawatan topikal atau oral.

Well, itu dia penjelasan mengenai Laser Q-Switched Nd YAG mulai dari pengertian, prosedur dan manfaatnya untuk kulit yang dapat teman Plasthetic ketahui. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Tindakan konsultasi ini tentunya bersifat wajib karena setiap perawatan memiliki manfaat dan risikonya masing-masing, dokter nantinya akan menjelaskan dan membantu Anda untuk lebih memahami setiap perawatanya demi menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Eits, selain itu jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik serta kenyamanan pelayanan selama melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan dalam perayaan Anniversary 4th Plasthetic Clinic, Yuk kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu Sekarang juga!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Di Tinjau Oleh:

Tim Plasthetic Clinic Aceh

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

perbedaan bekas jerawat pie dan pih

4 Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH dan Cara Mencegahnya

Read More
manfaat-eye-treatment

Ketahui 7 Manfaat Eye Treatment di Plasthetic Clinic

Read More

Neck Lift: Prosedur, Risiko, dan Hasil yang Diharapkan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!