Kenali 5 Manfaat Filler Hidung, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Kenali 5 Manfaat Filler Hidung, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Beberapa wanita merasa ada bagian wajahnya yang kurang bagus serta membutuhkan perawatan khusus untuk meningkatkan kecantikannya. Bagian wajah ini, seperti hidung, seringkali mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Misalnya, hidung ingin lebih tajam ataupun bentuknya lebih proporsional. Nah, salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan filler hidung, simak selengkapnya.

Apa Itu Filler Hidung?

Filler hidung  merupakan suatu prosedur kosmetik untuk dapat memperbaiki bentuk hidung yang dilakukan tanpa operasi. Prosedur filler hidung ini dilakukan dengan cara menyuntikkan filler ataupun cairan pengisi untuk dapat membentuk hidung menjadi bentuk yang  Anda inginkan.

Asam hialuronat (HA) serta kalsium hidroksiapatit (CaHa)  merupakan bahan pengisi yang umum digunakan.  Dalam kedokteran, prosedur filler hidung ini juga dikenal sebagai operasi hidung non-bedah. Pengisian hidung ini dinilai lebih nyaman karena prosesnya singkat dan hanya butuh  waktu sekitar kurang lebih 15 menit. Selain itu, filler hidung lebih murah dibandingkan dengan operasi hidung, dengan efek samping yang tentunya lebih sedikit serta waktu pemulihan yang relatif lebih singkat.  

Baca Juga : Mengenal Treatment Tanam Benang Hidung, Prosedur, dan Manfaatnya

Apa Saja Manfaat Filler Hidung?

Filler hidung  ini sering dipilih oleh kebanyakan orang dikarenakan menawarkan banyak manfaat, antara lain:

  1. Dapat membuat hidung terlihat jauh lebih mancung
  2. Dapat meningkatkan volume pada hidung
  3. Dapat mengubah bentuk hidung akan terlihat lebih simetris serta proporsional
  4. Dapat memperbaiki bentuk pada hidung agar tidak terlihat terlalu panjang ataupun mancung

Prosedur filler hidung ini cocok bagi Anda yang tentunya ingin mengubah bentuk dari hidung yang tidak drastic namun filler hidung dapat memberikan hasil estetik yang lebih memuaskan. Filler hidung sangat ideal serta direkomendasikan untuk orang yang tidak ingin menjalani operasi hidung dengan hasil yang permanen.

Baca Juga : Dermal Filler: Pengertian, Tujuan, dan Prosedurnya

Bagaimana Prosedur Filler Hidung?

Prosedur injeksi filler hidung ini cukup sederhana. Berikut ialah langkah-langkah proses filler hidung yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Setelah proses konsultasi mengenai bentuk hidung yang diinginkan, dokter nantinya akan meminta Anda untuk berbaring dengan wajah dimiringkan.
  2. Dokter mungkin akan memberikan bius lokal pada hidung dan area sekitarnya agar Anda tidak akan merasakan nyeri saat jarum menyuntikkan bahan filler masuk ke dalam pembuluh darah. 
  3. Bila anestesi ini dirasa sudah mulai bekerja, selanjutnya dokter akan menyuntikkan cairan filler pada bagian bawah kulit. Setelah itu, Anda mungkin merasakan sedikit tekanan saat filler disuntikkan. Prosedur dari filler hidung ini biasanya akan memakan waktu sekitar 15-45 menit.
  4. Setelah proses penyuntikan selesai, Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa.  
Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Efek Samping Filler Hidung?

Meski aman, filler hidung  ini bisa memiliki beberapa efek samping. Apalagi bila filler hidung tidak memberikan hasil Anda harapkan. Berikut adalah beberapa efek samping dari filler hidung  ini, yaitu:

1. Kemungkinan Risiko Kebutaan/Infeksi

Hidung tentunya memiliki sangat banyak pembuluh darah vital, Pembuluh darah di sekitar hidung terhubung ke setiap retina mata dan menyehatkan kulit di sekitar ujung hidung dan lubang hidung. Jika cairan yang digunakan sebagai pengisi hidung menyumbat pembuluh darah, bisa terjadi kebutaan. Jika sudah begini, area tersebut diharuskan untuk dapat disuntik dengan hyaluronidase, enzim yang dapat berfungsi melarutkan hyaluronic acid atau asam hialuronat.

Pada saat ini, risiko mengalami kebutaan ataupun terkena infeksi menjadi sangat rentan, untuk itu pahami dengan jelas prosedurnya dan hati-hati dalam memilih klinik kecantikan, ya teman Plasthetic.

2. Hidung Menjadi Lebar

Efek samping selanjutnya adalah hidung malah jadi lebih lebar. Hasil filler hidung dirancang untuk membuat hidung Anda terlihat lebih mancung, lancip atau lebih besar. Namun, cairan yang disebut asam hialuronat dapat menyebar dengan seiring waktu. Alhasil, hidungnya justru lebih lebar daripada sebelumnya. Efek samping yang dihasilkan ini mungkin karena sifat fillernya yang seperti gel dan bisa berbentuk.

3. Penampilan Hidung Asimetris

Ketika perawatan filler hidung ini dilakukan dengan cara yang benar serta berhasil, tampilan pada wajah yang tadinya kurang rata akan dapat diperbaiki. Akan tetapi,  jika filler hidung ini tidak dilakukan dengan cara yang profesional serta filler hidung gagal, kemungkinan nantinya filler hidung ini akan menjadi menumpuk pada sisi lainnya. Hal Ini dapat menyebabkan ketimpangan pada satu sisi ataupun  asimetri pada wajah serta hidung.

4. Reaksi Alergi

Respon alergi dan hipersensitif bervariasi tergantung pada jenis bahan filler yang digunakan. Jika Anda menggunakan filler yang terbuat dari kolagen sapi, dapat menyebabkan reaksi hipersensitif sistemik seperti sesak napas, tekanan darah rendah, nyeri bagian dada, dan kulit kemerahan disertai gatal. 

Biasanya, dokter akan melakukan tes kulit untuk memeriksa apakah Anda memiliki alergi terhadap jenis bahan filler yang digunakan. Sementara itu, filler hidung yang menggunakan gel berbasis asam hyaluronat dapat menyebabkan pembengkakan. Namun, efek ini mungkin baru muncul beberapa bulan atau tahun setelah penyuntikan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memancungkan Hidung di Klinik Kecantikan?

Berapa Lama Filler Hidung Bertahan?

Filler hidung yang menggunakan asam hialuronat sebagai bahan utama umumnya memberikan hasil yang bersifat sementara. Lamanya efeknya bervariasi, berkisar antara 6 hingga 18 bulan tergantung pada berbagai faktor. Asam hialuronat cenderung terurai secara alami oleh tubuh seiring waktu. Faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya efek filler ini meliputi metabolisme tubuh, jenis serta merek filler yang digunakan, dan teknik aplikasinya oleh dokter.

Di sisi lain, filler hidung yang menggunakan kalsium hidroksiapatit (CaHA) sebagai bahan utama memiliki ketahanan yang relatif lama. Umumnya, hasilnya dapat bertahan selama 12 hingga 24 bulan. Cara kerja dari CaHA ini adalah merangsang produksi kolagen dan memberikan struktur yang lebih tahan lama pada area hidung yang diisi filler.

Rekomendasi Prosedur Perawatan untuk Mengubah Bentuk Hidung di Plasthetic Clinic

Selain filler hidung, berikut ini ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic untuk dapat meninggikan atau membentuk hidung, yaitu;

1. Nose Threadlift

Nose Thread Lift (Tarik Benang Hidung) adalah bentuk perawatan di mana batang hidung nantinya akan diperpanjang dengan bantuan benang. Selain itu, Anda juga bisa menanamkan benang hidung ini untuk membuat hidung lebih mancung.

2. Rhinoplasty

Merupakan operasi perbaikan pada hidung. Rhinoplasty dapat dilakukan menggunakan Implan I + Ear Cartilage atau menggunakan Rib Cartilage. Rhinoplasty  adalah operasi untuk memperbaiki bentuk ataupun  penampilan pada hidung agar lebih serasi. Akan tetapi, operasi rhinoplasty ini tidak hanya berlaku untuk alasan estetika, lho, operasi hidung rhinoplasty ini juga bisa dilakukan untuk dapat memperbaiki bentuk hidung yang tadinya tidak ideal, kesulitan bernapas, kelainan bentuk pada hidung bawaan ataupun bahkan bentuk hidung yang sudah rusak akibat mengalami kecelakaan.  

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk dapat melakukan filler hidung? Untuk itu, pilihlah klinik kecantikan yang sudah terpercaya seperti Plasthetic Clinic, klinik terbaik yang ada di Indonesia serta sudah dikenal sebagai ahlinya dalam pembentukan wajah. Segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga untuk mendapakan hidung impian Anda.

Di Review Oleh:

dr. Tasya Anggrahita, Sp.BP-RE 

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Diperhatikan

Read More

10 Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing

Read More

Begini Cara Mudah Menghilangkan Hitam di bawah Mata!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!