Mengenal Penanganan Operasi Bibir Sumbing Pada Bayi

operasi bibir sumbing pada bayi

Mengenal Penanganan Operasi Bibir Sumbing Pada Bayi

Di Tinjau oleh Dokter

Bibir sumbing pada bayi merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika terdapat celah atau sumbing pada bibir atas bayi saat lahir. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu sisi bibir (sumbing sebelah) atau pada kedua sisi bibir (sumbing ganda). Selain bibir, kondisi yang serupa juga dapat terjadi pada langit-langit mulut, yang disebut langit-langit sumbing. Kondisi satu ini tentunya bisa ditangani dengan melakukan penanganan operasi bibir sumbing pada bayi. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa Itu Bibir Sumbing pada Bayi?

Bibir sumbing, atau dikenal juga dengan istilah “cleft lip“, adalah kelainan bawaan pada bibir di mana terdapat celah atau sumbing pada bibir yang dapat mempengaruhi penampilan dan fungsi mulut bayi. Kondisi satu ini sendiri adalah sebuah kelainan yang umum terjadi pada kelahiran dan memerlukan penanganan medis yang tepat.

Apa Saja Penyebab Bibir Sumbing pada Bayi?

Bibir sumbing pada bayi merupakan kelainan bawaan yang disebabkan oleh sejumlah faktor genetik dan lingkungan. Meskipun penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, namun terdapat beberapa faktor yang dinilai berperan dalam menyebabkan bibir sumbing pada bayi, di antaranya sebagai berikut:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik memiliki peranan yang penting dalam kasus bibir sumbing. Jika ada riwayat keluarga dengan bibir sumbing atau kelainan terkait lainnya, maka risiko kelahiran bayi dengan bibir sumbing dapat meningkat.

2. Kombinasi Faktor Genetik

Bibir sumbing bisa saja muncul karena kombinasi gen tertentu dari kedua orang tua. Namun, mekanisme persis bagaimana faktor genetik berinteraksi masih belum sepenuhnya dipahami.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan selama masa perkembangan janin juga dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya bibir sumbing. Paparan terhadap zat kimia atau infeksi tertentu selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan bibir yang sumbing.

4. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi yang kurang selama kehamilan, terutama asam folat, dapat berkontribusi pada perkembangan kelainan bawaan seperti bibir sumbing, lho teman Plasthetic.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Operasi Bibir Sumbing

Apa Saja Manfaat Operasi Bibir Sumbing pada Bayi?

Operasi bibir sumbing pada bayi tentu memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting. Tidak hanya dari segi penampilan fisik, tetapi juga dari segi kesehatan dan perkembangan bayi. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari operasi bibir sumbing pada bayi, yaitu:

1. Penampilan Fisik yang Normal

Salah satu manfaat paling jelas dari operasi bibir sumbing pada bayi adalah perbaikan penampilan fisik bayi. Prosedur operasi dapat membantu memperbaiki bentuk dan struktur bibir yang terkena kelainan, sehingga dapat memberikan penampilan yang lebih normal dan simetris.

2. Fungsi Mulut yang Lebih Baik

Tidak hanya memberikan penampilan diri yang lebih baik, operasi bibir sumbing juga membantu memulihkan fungsi normal mulut bayi. Hal ini juga termasuk dalam kemampuan bayi untuk menghisap, minum, dan makan dengan lebih efisien dan efektif.

3. Perbaikan Kemampuan Berbicara

Bibir yang tidak normal akibat sumbing dapat memengaruhi kemampuan bayi untuk membentuk suara dan berbicara. Dengan memperbaiki bentuk bibir melalui operasi, bayi akan memiliki peluang yang lebih baik dalam mengembangkan keterampilan bicara yang tepat.

4. Pencegahan Masalah Gizi

Bayi dengan bibir yang sumbing mungkin akan mengalami kesulitan saat menyusu atau minum dari botol, yang dapat memengaruhi asupan nutrisi mereka. Setelah operasi, kemampuan bayi untuk menyusu atau minum dapat meningkat, sehingga dapat membantu mereka dalam melakukan pencegahan terhadap permasalahan gizi yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

5. Pengurangan Risiko Infeksi

Celah pada bibir dapat menjadi tempat potensial untuk terjadinya infeksi. Dengan menutup celah melalui operasi, maka risiko infeksi dapat berkurang.

6. Perbaikan Pernafasan

Dalam beberapa kasus, operasi bibir sumbing juga dapat membantu perbaikan pernafasan. Ini terutama relevan jika ada kelainan yang memengaruhi saluran pernapasan.

7. Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Manfaat dari penanganan operasi bibir sumbing pada bayi secara keseluruhan adalah untuk memberikan kesempatan bagi bayi dalam memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan lebih normal. Hal ini mencakup aspek kesehatan, perkembangan, interaksi sosial, dan psikologis.

Banner Plastic Surgeon

Baca Juga: Operasi Bibir Sumbing: Definisi, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Bagaimana Cara Menangani Operasi Bibir Sumbing pada Bayi?

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam penanganan bibir sumbing pada bayi, antara lain:

1. Evaluasi dan Diagnosis

Bayi yang lahir dengan bibir sumbing akan dilakukan evaluasi terlebih dahulu oleh dokter yang profesional dan berpengalaman untuk menentukan tingkat keparahan dan jenis sumbing yang ada.

2. Operasi Korektif Bibir

Biasanya, operasi korektif bibir dilakukan ketika bayi masih berusia beberapa bulan. Tujuannya adalah untuk mengembalikan bentuk dan fungsi normal bibir. Operasi ini juga dapat membantu mengurangi kemungkinan masalah bicara dan gizi pada bayi.

3. Operasi Korektif Langit-langit

Jika bayi memiliki langit-langit sumbing, operasi untuk memperbaiki langit-langit juga akan dilakukan pada usia yang sesuai.

4. Tindak Lanjut

Setelah operasi, bayi mungkin akan memerlukan beberapa perawatan tindak lanjut oleh dokter, termasuk terapi bicara dan pengawasan terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

Baca Juga: Ketahui 8 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

5. Perawatan Jangka Panjang

Beberapa anak mungkin memerlukan operasi tambahan saat mereka tumbuh lebih besar guna memperbaiki hasil operasi sebelumnya serta untuk mengatasi masalah perkembangan yang mungkin muncul.

Nah, itu dia penjelasan mengenai penanganan operasi bibir sumbing pada bayi yang dapat teman Plasthetic ketahui. Jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan saran perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda miliki. Tindakan konsultasi ini tentunya bersifat wajib karena setiap perawatan memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Nantinya, dokter akan menjelaskan dan membantu Anda untuk lebih memahami setiap perawatan yang akan Anda lakukan  demi menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Plasthetic Clinic bekerjasama dengan Gentur Cleft Foundation melakukan program operasi sumbing gratis yang dilakukan oleh tim bedah plastik Plasthetic Clinic. Program ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup pada seseorang menjadi lebih layak kedepannya.

Eits, selain itu jangan sampai terlewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik serta kenyamanan pelayanan selama melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan dalam perayaan Anniversary 4th Plasthetic Clinic, Yuk kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu Sekarang juga!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Di Tinjau Oleh:

Tim Plasthetic Clinic Bendungan Hilir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Pantangan Setelah Filler Dagu yang Perlu Anda Ketahui

Read More

PRP Facial: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Melakukannya

Read More

5 Pantangan Setelah Skin Booster

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!