Ketahui 8 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

cara menghilangkan keloid di wajah

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

Di Tinjau oleh Dokter

Kesehatan kulit dan kecantikan tentu menjadi salah satu perhatian utama bagi masyarakat yang semakin sadar akan penampilan diri. Namun, terkadang masalah kulit seperti keloid dapat mengganggu kepercayaan diri dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui penyebab keloid di wajah hingga cara menghilangkan keloid di wajah. Untuk itu, langsung saja simak penjelasan pada artikel berikut ini sampai tuntas. 

Apa Itu Keloid di Wajah?

Keloid adalah jenis bekas luka hiperpigmentasi yang terbentuk akibat penumpukan jaringan parut berlebihan. Keloid merupakan respons kulit yang berlebihan terhadap proses penyembuhan luka. Keloid memiliki ciri-ciri yang khas, seperti pertumbuhan yang meruncing, permukaan yang agak menonjol, dan seringkali berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya secara medis, namun bisa sangat mengganggu secara estetika dan psikologis.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Operasi Bibir Sumbing

Apa Saja Penyebab Keloid di Wajah?

Keloid adalah respons kulit yang abnormal terhadap proses penyembuhan luka, yang mengakibatkan pembentukan jaringan parut yang berlebihan. Penyebab keloid di wajah melibatkan berbagai faktor, baik faktor genetik maupun faktor lingkungan. Berikut adalah beberapa penyebab umum keloid di wajah, yaitu:

1. Faktor Genetik

Predisposisi genetik memiliki peran penting dalam pembentukan keloid. Jika terdapat riwayat keloid dalam keluarga Anda, maka Anda mungkin akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan keloid di wajah.

2. Peradangan Berlebihan

Proses penyembuhan luka yang melibatkan peradangan berlebihan dapat memicu pembentukan keloid. Jika kulit merespons dengan peradangan yang tidak terkendali setelah cedera, operasi, atau luka, maka keloid dapat terbentuk.

3. Trauma Kulit

Trauma pada kulit seperti luka bakar, bekas sayatan, atau cedera lainnya dapat memicu respons kulit yang berlebihan serta dapat menghasilkan keloid.

4. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti jerawat parah yang meradang atau infeksi, dapat meningkatkan risiko pembentukan keloid pada kulit wajah.

5. Peradangan Kronis

Kondisi kulit yang mengalami peradangan kronis, seperti eksim atau psoriasis, dapat memicu pembentukan keloid jika terjadi cedera atau iritasi berulang pada area tersebut.

Baca Juga: Kenapa Bekas Operasi Terasa Nyeri? Cari Tahu Penyebabnya!

Bagaimana Cara Menghilangkan Keloid di Wajah?

Menghilangkan keloid di wajah dapat melibatkan beberapa metode perawatan yang dapat disesuaikan dengan keadaan kulit dan preferensi Anda. Namun, penting juga untuk diingat, bahwa tidak semua metode akan efektif pada setiap individu, dan hasil yang akan didapatkan bisa bervariasi. 

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan keloid di wajah yang dapat Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut. 

1. Injeksi Steroid

Injeksi steroid merupakan salah satu metode yang umum digunakan dalam menghilangkan keloid. Dalam melakukan metode satu ini, dokter akan memberikan injeksi kortikosteroid (steroid) secara langsung ke keloid. Steroid sendiri membantu mengurangi peradangan, meredakan rasa gatal, dan mengurangi ukuran keloid. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan beberapa sesi perawatan. 

2. Terapi Laser

Terapi laser merupakan metode dengan cara menggunakan sinar cahaya yang intens untuk menghancurkan pembuluh darah kecil di dalam keloid, meratakan permukaannya, dan merangsang produksi kolagen. Metode satu ini dapat membantu mengurangi ukuran dan kecemerlangannya.

3. Pembedahan

Jika Anda memiliki ukuran keloid yang cukup besar, maka melakukan pembedahan dapat Anda pertimbangkan guna mengangkat keloid yang besar atau yang terlalu mencolok. Namun, penting juga untuk Anda ketahui bahwa pembedahan dapat berisiko untuk menyebabkan keloid baru yang lebih besar.

Banner Plastic Aesthetic

4. Silikon Gel atau Plester

Silikon gel atau plester yang ditempatkan pada keloid dapat membantu melunakkan dan meratakan tekstur keloid seiring waktu. Metode ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam penggunaannya.

5. Penggunaan Pelembap dan Krim Khusus

Beberapa krim atau pelembap khusus yang mengandung bahan-bahan seperti retinoid, asam hialuronat, atau vitamin C dapat membantu mengurangi penampilan keloid dengan merangsang regenerasi kulit.

Jika Anda mengalami kondisi keloid di wajah dan merasa khawatir dengan penampilan diri Anda, maka disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda dan akan memberikan saran atau perawatan yang sesuai.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Keloid di Wajah dari Plasthetic Clinic

Di Plasthetic Clinic, Anda dapat menemukan berbagai pilihan perawatan yang ditawarkan untuk membantu menghilangkan keloid. Namun, setiap perawatan akan memiliki kelebihan, kelemahan, dan potensi risiko yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Penasaran? simak selengkapnya.

1. Injeksi Keloid

Injeksi keloid merupakan prosedur medis di mana bahan-bahan tertentu disuntikkan ke dalam jaringan keloid untuk meredakan peradangan, mengurangi ukuran, dan meningkatkan penampilannya. 

2. Prosedur Eksisi

Prosedur eksisi adalah tindakan medis di mana jaringan atau bagian dari tubuh yang tidak diinginkan, seperti tumor, kista, lesi kulit, atau jaringan parut, diangkat melalui pembedahan. Prosedur ini dilakukan untuk berbagai alasan, termasuk untuk tujuan diagnostik, pengobatan, atau kosmetik.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menghilangkan keloid pada area wajah yang dapat teman Plasthetic ketahui. Jika Anda ingin melakukan perawatan yang bertujuan untuk menghilangkan keloid pada wajah, maka pastikan bagi Anda untuk membuat jadwal konsultasi terlebih dahulu bersama dokter kami dengan menghubungi nomor 0811-1769-199 atau Anda dapat langsung mendatangi  Plasthetic Clinic. Tindakan konsultasi ini sendiri bersifat wajib untuk teman Plasthetic lakukan, karena hal ini bertujuan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Eits, selain itu jangan lupa berkunjung ke Plasthetic Clinic Cabang Semarang, ya teman Plasthetic. Jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai layanan fasilitas kecantikan dan kesehatan serta promo menarik yang telah kami siapkan untuk Anda. 

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Di Tinjau Oleh:

Tim Plasthetic Clinic Aceh

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Read More

Begini Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan!

Read More

Kenali Electrocauter: Pengertian, Prosedur dan Risikonya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!