Wanita Harus Tahu, Ini Penyebab Payudara Kendur!

Wanita Harus Tahu, Ini Penyebab Payudara Kendur!

Di Tinjau oleh Dokter

Penyebab payudara kendur sangatlah beragam. Sebagai seorang wanita, payudara kencang adalah salah satu aset berharga sekaligus dambaan banyak wanita. Sayangnya, akibat beberapa kondisi, payudara bisa mengendur dan ini seringkali tak terhindarkan. Kira-kira apa saja penyebab payudara kendur?

Bagi sebagian besar wanita, payudara yang tak kencang dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Beberapa penyebabnya sendiri beragam. Mulai dari penuaan, sering tidak menggunakan bra, karena menyusui, dan berbagai faktor lainnya. Mengendurnya payudara dapat dialami oleh setiap wanita dari berbagai usia, mulai remaja hingga lansia. Namun, memang kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Yuk, kita simak hal-hal apa saja yang menyebabkan payudara tak lagi kencang! Check this out.

Apa Saja Penyebab Payudara Kendur?

Penyebab payudara kendur sangatlah beragam, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai penyebab dari mengendurnya payudara, yakni:

1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, setiap organ dan bagian tubuh akan mengalami penurunan fungsi akibat penuaan. Tak terkecuali, payudara. Payudara terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligament Cooper. Ligamen tersebut berfungsi untuk menyokong payudara akan tetap kencang dan tetap pada posisinya. Penuaan menyebabkan ligament tersebut mengendur dan meregang, sehingga hal tersebut menyebabkan payudara menjadi mengendur.

2. Menopause

Menopause dan penuaan umumnya berjalan beriringan. Akan tetapi, saat menopause terjadi, berbanding lurus dengan terjadinya penurunan jumlah hormon estrogen. keadaan tersebut juga berdampak pada banyaknya kolagen di tubuh. Terlebih lagi, saat menopause, jaringan kelenjar pada payudara akan digantikan oleh lemak, hal tersebut membuat payudara menjadi lebih rentan kendur dan menopause menjadi salah satu penyebab payudara kendur.

3. Olahraga Intensitas Tinggi

Sering tidak menggunakan bra, sebetulnya bukan penyebab payudara menjadi turun. Namun, aktivitas tertentu memang bisa membuat payudara tidak lagi kencang, salah satunya olahraga intensitas tinggi. Jenis olahraga tersebut seperti lari, yang dapat menyebabkan payudara bergerak atau memantul keatas dan kebawah sehingga mengakibatkan jaringan ikat menjadi kendur. Oleh karena itu, sangat penting mengenakan bra khusus olahraga, untuk menyokong payudara dengan baik saat berolahraga, terutama bila gemar melakukan aktivitas fisik intensitas tinggi.

4. Hamil

Menyusui tidak menjadi penyebab payudara kendur. Menurut penelitian dalam “Aesthetic Surgery Journal”, disebutkan bahwa kondisi kehamilan dapat menyebabkan payudara kendur. Pada saat hamil, kenaikan berat badan membuat ligament meregang. Kondisi ini sulit dihindari dan dicegah. Namun, resikonya bisa dikurangi dengan menjaga kenaikan berat badan melalui asupan makanan sehat saat mengandung.

5. Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor penyebab payudara kendur yang paling signifikan. Hal ini merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat. karena dapat memecah jaringan ikat kolagen pada kulit, akibatnya kulit akan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, gaya hidup lainnya seperti mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi, tinggi lemak, dan sering berjemur di bawah sinar matahari turut berkontribusi menjadi penyebab payudara kendur.

Cara Mengencangkan Payudara

1. Lakukan Yoga untuk Mengencangkan Payudara

Dalam buku Secret Benefits of Yoga and Naturopathy for Women, beberapa gerakan yoga seperti triangle pose, cobra pose, dan standing forward bend dapat membantu memperkuat otot dada untuk menyokong payudara. Selain itu, gerakan handstands, backbends, dan inverted leg stretch dapat mengurangi pengaruh gravitasi yang menjadi penyebab payudara kendur.

2. Menggunakan Bra yang Tepat

Dilansir dari Breast Research Australia, lebih dari 70% wanita di dunia memakai bra yang tidak tepat termasuk ukuran dan desainnya. Padahal mengenakan bra yang tepat dapat mencegah rasa nyeri saat berolahraga dan menjaga ligament payudara agar tidak kendur.

3. Melakukan Pijatan

Lakukan pijatan dengan cara melakukan gerakan ke atas sekitar 5 menit sehari. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah pada payudara, serta menguatkan otot dan jaringan disekitarnya. Selain membuat payudara menjadi lebih kencang, pijatan juga membantu kamu untuk mendeteksi lebih awal apabila ada benjolan di payudara.

4. Memperbaiki Pola Hidup

Berhenti merokok dan minum alkohol adalah kebiasaan buruk yang perlu dihentikan, karena dapat merusak kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat meningkatkan resiko kanker payudara, nikotin, dan alkohol juga dapat merusak sel-sel tubuh sehingga dapat mempercepat penuaan dan dapat menjadi penyebab payudara kendur.

5. Melakukan Operasi Payudara

Jika ingin hasil yang instan untuk mengencangkan payudara kamu bisa melakukan operasi payudara. Operasi ini dapat memperbesar dan mengencangkan payudara. Prosedur ini sering disebut dengan Breast Augmentation dan Breast Lift. Tindakan ini perlu dilakukan ditempat yang terpercaya dengan dokter yang berpengalaman untuk mengurangi resiko buruk yang tidak diinginkan.

Perawatan untuk Mengatasi Penyebab Payudara Kendur di Klinik Kecantikan

Di klinik kecantikan, kamu bisa mendapati berbagai macam perawatan yang bertujuan untuk mengencangkan payudara. Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan!

1. Breast Lift

Breast lift adalah metode bedah yang dilakukan oleh dokter bedah plastik. Perawatan ini

bertujuan untuk mengangkat dan mengubah posisi payudara tanpa membuang jaringan, seperti dalam pengecilan payudara. hasil akhirnya adalah payudara menjadi lebih kencang, lebih tinggi, dan lebih bulat.

2. Breast Augmentation

Breast Augmentation adalah salah satu perawatan yang bertujuan untuk menambah volume payudara. Hal ini juga dapat mengencangkan bentuk payudara, sehingga jauh lebih bulat dan kencang. Prosedur breast augmentation ini dapat dilakukan dengan pemasangan implant maupun dengan melakukan transfer lemak.

3. Breast Firm

Breast Firm merupakan salah satu perawatan non bedah yang bertujuan untuk mengencangkan bagian payudara sekaligus merangkap produksi kolagen pada tubuh yang dapat mencerahkan dan meremajakan kulit payudara menggunakan teknologi Radio Frequency.

Tindakan ini perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu, agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

Melakukan Perawatan di Plasthetic Clinic

Untuk melakukan tindakan memperbaiki penyebab payudara kendur, kamu bisa temui di rumah sakit dan beberapa klinik kecantikan. Apalagi, saat ini klinik kecantikan di Indonesia memiliki banyak sekali perawatan mulai dari wajah, tubuh, hingga daerah intim. Perawatan-perawatan di atas bisa kamu lakukan di klinik kecantikan terbaik, dengan dokter-dokter yang profesional dan kompeten di bidangnya, serta ditunjang dengan alat-alat yang sesuai dengan standar medis. Klinik kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun beberapa tahun kebelakang ini tentu sudah dipercaya oleh masyarakat umum.

Plasthetic Clinic merupakan klinik kecantikan yang berada di Jakarta Pusat. Klinik ini memiliki ratusan treatment aesthetic, wellness, dan bedah plastik yang aman dan terpercaya. Kami memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien yang datang kesini. Kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan langsung ditangani oleh dokter-dokter yang kompeten di bidangnya. Selain itu, peralatan yang dimiliki oleh Plasthetic Clinic juga merupakan peralatan terkini yang sesuai dengan standar medis. kami juga memberikan kenyamanan pada tempat perawatan yang bersih dan juga nyaman untuk kamu melakukan perawatan.

Jangan khawatir, kami memberikan harga yang terjangkau dengan hasil yang memukau! Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jalan Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021-2532099 atau Whatsapp kami di 08111698199 untuk melakukan temu janji. Enhance your Quality of Life with Us dan percayakan kami sebagai solusi masalah kulitmu, dari mulai pelayanan hingga perawatan yang dilakukan. Percayakan pada kami untuk memberikan solusi penyebab payudara kendur. Ayo klik disini untuk info lebih lanjut.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-menghilangkan-keringat-berlebih-di-ketiak

6 Cara Menghilangkan Keringat Berlebih di Ketiak

Read More
apa efek samping suntik jerawat

Apa Efek Samping Suntik Jerawat? Simak Di Sini!

Read More
implan-hidung-tulang-rawan

Mengenal Implan Tulang Rawan Beserta Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!