Ini 4 Perbedaan Selulit dan Stretch Mark Agar Tidak Keliru

perbedaan selulit dan stretch mark

Ini 4 Perbedaan Selulit dan Stretch Mark Agar Tidak Keliru

Di Tinjau oleh Dokter

Gangguan kulit seperti selulit dan stretch mark adalah dua kondisi yang sering dianggap mirip, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan dalam penyebab, penampilan, dan cara penanganannya. Kedua masalah kulit ini seringkali menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak orang, terutama bagi wanita. Namun, memahami perbedaan antara keduanya akan membantu menghindari kesalahpahaman dan mengambil tindakan yang tepat dalam merawat dan mengatasi masalah kulit ini. Baca selengkapnya!

Apa Itu Selulit?

apa itu selulit
Source: freepik.com

Selulit, juga dikenal sebagai “kulit jeruk,” adalah suatu kondisi yang terjadi ketika lapisan kulit terlihat bergelombang atau berbentuk seperti goresan. Biasanya muncul pada area tubuh yang cenderung memiliki penumpukan lemak, seperti paha, pinggul, perut, dan pantat. Selulit terjadi akibat perubahan struktur jaringan ikat di bawah kulit, khususnya pada lapisan kulit yang disebut dermis dan epidermis.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

Apa Itu Stretch Mark?

apa itu stretch mark
Source: freepik.com

Stretch mark, juga dikenal sebagai striae, adalah garis-garis tipis berwarna yang muncul pada kulit sebagai akibat dari peregangan berlebihan pada jaringan kulit. Stretch mark umumnya berwarna merah muda atau ungu ketika baru muncul dan berangsur-angsur berubah menjadi warna putih atau perak seiring berjalannya waktu. Stretch mark biasanya terjadi pada area tubuh yang mengalami peregangan yang signifikan dalam waktu singkat, seperti perut selama kehamilan atau akibat kenaikan berat badan yang drastis.

Apa Saja Perbedaan Selulit dan Stretch Mark agar Tidak Keliru?

Berikut adalah perbedaan antara selulit dan stretch mark yang harus Anda ketahui agar tidak keliru, antara lain:

1. Tampilan Kulit

Selulit menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang, seperti “kulit jeruk” dengan tekstur yang tidak rata, sedangkan stretch mark berbentuk garis-garis tipis dan biasanya berwarna merah muda, ungu, atau putih.

2. Penyebab

Selulit terjadi karena perubahan struktur jaringan ikat di bawah kulit, terutama pada lapisan dermis dan epidermis, sedangkan stretch mark terjadi karena peregangan berlebihan pada jaringan kulit, yang menyebabkan kerusakan pada serat kolagen dan elastin.

3. Lokasi Umum

Biasanya muncul pada area tubuh yang memiliki penumpukan lemak, seperti paha, pinggul, perut, dan pantat, sedangkan stretch mark biasanya terjadi pada area tubuh yang mengalami peregangan yang signifikan dalam waktu singkat, seperti perut selama kehamilan atau akibat kenaikan berat badan yang drastis.

4. Pengobatan Perawatan

Selulit melibatkan berbagai metode, seperti penggunaan krim atau gel, pijat, terapi laser, dan perawatan medis seperti liposuction, sedangkan perawatan stretch mark melibatkan penggunaan krim atau minyak dengan kandungan retinol atau vitamin C, serta terapi laser atau pengelupasan kulit.

Baca Juga: Mengenal Morpheus8 Treatment, Manfaat, serta Cara Kerjanya

Banner Plastic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Menghilangkan Selulit dan Stretch Mark dari Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah berbagai perawatan di Plasthetic Clinic yang dapat membantu Anda menghilangkan selulit dan stretch mark, Simak selengkapnya.

1. Liposuction

Selulit sendiri bisa diatasi dengan melakukan perawatan liposuction. Liposuction adalah prosedur bedah kosmetik yang bertujuan untuk menghilangkan lemak secara mendalam dari area tertentu pada tubuh. Prosedur ini melibatkan penyedotan lemak melalui tabung vakum yang dimasukkan melalui sayatan kecil pada kulit.

2. Morpheus 8

Morpheus8 adalah salah satu jenis perawatan medis non-bedah yang diklaim dapat membantu mengatasi masalah kulit, termasuk selulit dan stretch mark. Ini adalah prosedur kombinasi yang menggabungkan mikro-penetrasi (mikro-needling) dengan radiofrekuensi mikro-penetrasi.

3. Laser

Laser merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengatasi stretch mark atau striae. Pemakaian laser telah menjadi pilihan populer dalam prosedur penghilangan atau mengurangi tampilan stretch mark yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mengenal Liposuction (Sedot Lemak), Prosedur, dan Manfaatnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai berbagai perbedaan yang harus Anda ketahui mengenai selulit dan stretch mark agar tidak keliru, ya teman Plasthetic. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Plasthetic Clinic di nomor telepon 0811-1769-199 untuk membuat jadwal sesi konsultasi dengan dokter kami demi menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan lewatkan juga promo-promo ekslusif yang ditawarkan Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, dalam rangka Anniversary Plasthetic Clinic ke 4 Tahun. Promo yang diberikan ini tentunya merupakan promo besar-besaran yang hanya diberikan 1 tahun sekali. So, Tunggu apalagi? segera kunjungi Plasthetic Clinic dan jangan sampai kehabisan promonya!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Efek Setelah Peeling Wajah Tidak Selalu Bagus? Masa sih?!

Read More
cara menghilangkan gigi hitam secara alami

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Read More
perbedaan milia dan syringoma

Mengenal Perbedaan Milia dan Syringoma: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!