Mengenal Body Contouring Treatment dan Jenis-jenisnya

body-contouring-treatment

Mengenal Body Contouring Treatment dan Jenis-jenisnya

Di Tinjau oleh Dokter

Dalam dunia kecantikan dan kesehatan, body contouring treatment telah menjadi topik yang hangat dibicarakan. Lantaran, perawatan ini dapat memberikan opsi bagi mereka yang ingin mengurangi lemak tubuh yang berlebih serta meningkatkan elastisitas kulit. Tapi, apakah Anda sudah memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa itu perawatan kontur tubuh atau body contouring treatment? Dalam artikel Plasthetic Clinic berikut ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang perawatan ini. Mari kita ikuti ulasan berikut ini sampai selesai!

Apa Itu Body Contouring Treatment?

Body contouring treatment merupakan sebuah tindakan medis atau pembedahan yang dirancang untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu dari tubuh, yang mungkin tidak bisa diatasi dengan diet atau olahraga saja. Prosedur ini dapat meliputi tindakan seperti menghilangkan kulit dan lemak yang berlebihan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa perawatan ini bukan cara terbaik dalam menurunkan berat badan. Sebaliknya, tujuan utamanya adalah untuk membentuk tubuh dan mengatasi area-area tertentu yang tidak berubah meskipun telah terjadi penurunan berat badan, atau di mana terdapat kelebihan kulit setelah penurunan berat badan yang besar. 

Baca Juga: Body Jet Liposuction: Pengertian, Manfaat dan Prosedurnya

Apa Saja Jenis-jenis Body Contouring Treatment?

Body contouring treatment umumnya dapat dibedakan melalui beberapa jenis, berikut di antaranya. 

1. Cryolipolysis

Cryolipolysis adalah suatu prosedur yang menargetkan penghapusan lemak dengan cara membekukan sel-sel lemak hingga mati. Mekanisme kerja dari prosedur ini cukup sederhana, di mana bagian tubuh yang menjadi sasaran akan dikenai suhu antara -11 hingga 5 derajat Celcius, yang akan mengakibatkan sel-sel lemak jahat mati. 

Sementara itu, sel-sel kulit yang sehat akan tetap bertahan, karena kemampuannya yang dapat menghadapi suhu ekstrem. Sel-sel lemak yang telah mati ini kemudian akan secara perlahan dieliminasi dari tubuh selama beberapa minggu berikutnya.

2. Radiofrequency

Radiofrequency adalah terapi yang efektif dalam memanaskan sel-sel lemak hingga mencapai titik di mana mereka mengalami ledakan dan kemudian mati. Secara garis besar, tujuan terapi ini mirip dengan prosedur cryolipolysis, namun radiofrequency akan dilakukan melalui proses yang berlawanan. Proses pemanasan dalam prosedur ini akan dihasilkan melalui pengiriman gelombang energi yang teratur dan terkontrol ke bagian tubuh yang menjadi sasaran.

3. Liposuction

Liposuction merupakan prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan lemak berlebih dari berbagai bagian tubuh, seperti perut, pinggul, paha, dan lengan. Metode ini akan dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut kanula, yang akan dimasukkan melalui sayatan kecil untuk menghisap lemak keluar. Prosedur ini dinilai efektif dalam membentuk kontur tubuh, dan ideal bagi mereka yang ingin menghilangkan lemak di area tertentu yang sulit dihilangkan melalui diet dan olahraga saja.

Baca Juga: Ketahui Cara Sedot Lemak Tanpa Operasi dengan Body Tite

Apa Saja Manfaat Body Contouring Treatment?

Selain manfaatnya dalam menghapus lemak berlebih di berbagai area tubuh, body contouring treatment juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya, yang di antaranya termasuk:

  • Kulit menjadi lebih halus
  • Bagian tubuh yang lebih terdefinisi
  • Tampilan selulit yang berkurang
  • Tampilan varises serta pembuluh darah berkurang
  • Membantu proses detoksifikasi dan pengencangan kulit

Baca Juga: Cari Tahu 10 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Secara Alami dan Perawatan di Klinik

Bagaimana Prosedur Body Contouring Treatment?

Sebelum menjalani perawatan kontur tubuh, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana prosedur perawatan ini akan dilaksanakan. Berikut adalah prosedur perawatan body contouring yang dapat Anda ketahui. 

1. Konsultasi Awal

Sama seperti jenis perawatan lainnya, prosedur body contouring juga akan diawali dengan proses konsultasi awal. Tahap ini dimaksudkan agar dokter yang bersangkutan dapat menentukan metode perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing pasien.

2. Proses Treatment

Prosedur perawatan ini akan diawali dengan pemberian anestesi, yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan selama prosedur berlangsung. Opsi yang biasanya ditawarkan meliputi sedasi intravena dan anestesi umum. Dokter Anda akan memberikan saran terbaik untuk jenis anestesi yang akan digunakan.

Selanjutnya, dokter akan memulai prosedur dengan membuat sayatan besar untuk menghilangkan kulit berlebih. Ukuran dan pola sayatan ini bergantung pada jumlah dan lokasi kulit berlebih yang harus dihilangkan.

Proses pembentukan tubuh seringkali dilakukan secara bertahap. Kondisi khusus Anda, tujuan Anda, serta penilaian dari dokter bedah plastik Anda akan mempengaruhi bagaimana dokter menentukan rencana bedah Anda.

3. Perawatan Pasca Prosedur

Perawatan pasca prosedur menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan, karena hal ini bertujuan untuk memastikan hasil yang optimal dan mengurangi risiko komplikasi. 

Umumnya, dokter yang melakukan prosedur akan memberikan Anda petunjuk pemulihan, yang meliputi hal-hal berikut:

  • Menghindari paparan sinar matahari langsung
  • Mengganti perban secara rutin
  • Tidak melakukan aktivitas yang berlebihan, tetapi tetap bergerak (berjalan-jalan) untuk menghindari pembekuan darah
  • Menggunakan obat-obatan, seperti salep atau pil, untuk mengendalikan rasa sakit atau mencegah infeksi

Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Risiko Efek Samping Body Contouring Treatment?

Setiap prosedur bedah, termasuk body contouring treatment, memiliki risiko tertentu yang harus Anda pertimbangkan. Meskipun risiko ini tidak selalu terjadi, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa risiko dan efek samping yang mungkin terjadi, yang mencakup hal-hal berikut.

  • Infeksi
  • Pendarahan atau pembekuan darah
  • Sayatan yang tidak sembuh dengan baik
  • Masalah pada jantung dan paru-paru
  • Asimetri (kedua sisi tubuh tidak terlihat serupa
  • Kerusakan pada saraf, pembuluh darah, otot, atau organ
  • Jaringan parut atau perubahan warna pada kulit
  • Nyeri atau pembengkakan yang bertahan lebih lama dari perkiraan
  • Hematoma (kumpulan darah di bawah kulit)
  • Hasil yang tidak memuaskan, yang mungkin memerlukan operasi tambahan
  • Komplikasi akibat anestesi, seperti mual, muntah, atau kesulitan untuk bangun
  • Cedera saraf yang bisa menyebabkan kelemahan, mati rasa atau perubahan sensasi pada kulit

Body contouring treatment menawarkan solusi inovatif bagi Anda yang ingin mengurangi kondisi lemak yang berlebih. Dengan berbagai jenis dan manfaatnya, prosedur ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda dalam menghilangkan lemak berlebih yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan diet dan olahraga. Namun, penting juga bagi Anda untuk memahami prosedur, manfaat, dan risiko yang terkait sebelum memutuskan menjalani perawatan ini.

Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan body contouring, maka Anda bisa mendatangi klinik kecantikan yang sudah berpengalaman di bidangnya, seperti Plasthetic Clinic.

Di Plasthetic Clinic, kami menyediakan beberapa perawatan yang bertujuan untuk mengangkat lemak berlebih di tubuh, sehingga dapat menciptakan kontur tubuh yang ideal. Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang tersedia untuk membantu Anda dalam mendapatkan kontur tubuh yang diinginkan.

1. Liposuction

Liposuction atau yang dikenal dengan istilah sedot lemak merupakan prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan lemak berlebih pada area tertentu di tubuh. Umumnya, operasi Liposuction akan dilakukan pada bagian tubuh seperti perut, pinggul, paha, dan area tubuh lainnya yang memiliki lemak berlebih. 

2. Tummy Tuck 

Berbeda dengan prosedur Liposuction yang dapat diaplikasikan pada berbagai area tubuh, prosedur Tummy Tuck hanya terfokus pada area perut, di mana prosesnya melibatkan pengangkatan lemak dan kulit berlebih. Selain itu, Tummy Tuck, yang juga dikenal dengan nama abdominoplasty, juga bermanfaat dalam memperbaiki otot-otot yang melemah atau terpisah, yang seringkali diakibatkan oleh kehamilan atau penurunan berat badan yang signifikan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjalani prosedur-prosedur tersebut, maka pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai prosedur, risiko, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau dengan menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai body contouring treatment yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr. Thomas Eduardus, M. Ked. Klin., Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

ginekomastia-pada-pria

Mengenal Ginekomastia Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Read More
ciri-ciri-penuaan-dini

Kenali Ciri-Ciri Penuaan Dini Agar Dapat Dicegah

Read More
cara-menghilangkan-hypertrophic-scar

3 Cara Menghilangkan Hypertrophic Scar

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!