Cari Tahu 10 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Secara Alami dan Perawatan di Klinik

Cari Tahu 10 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Secara Alami dan Perawatan di Klinik

Di Tinjau oleh Dokter

Memiliki lemak yang berlebihan di perut, lengan serta leher tentu merupakan hal yang menyebalkan, ya teman Plasthetic. Karena itu, orang yang memiliki kelebihan lemak, khusunya di sekitar leher mungkin memiliki dagu ganda atau yang sering disebut dengan double chin. Bahkan, sebagian orang sangat mengkhawatirkan keberadaan lemak tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan lemak di leher ini? Yuk simak selengkapnya, Plasthetic Clinic sudah merangkum tips-tips yang tepat khusus untuk Anda, lho!

Apa Itu Lemak di Leher?

Lemak di leher atau double chin juga disebut dengan lemak submental, adalah kondisi umum yang terjadi ketika lapisan lemak menumpuk di bawah dagu. Lemak di leher ini tidak perlu dikhawatirkan karena itu hanya lemak di bawah dagu Anda. Ketika lapisan lemak cukup tebal, akan membentuk lipatan yang membuat dagu berlipat. 

Meskipun double chin ini bukan merupakan tanda medis dari masalah kesehatan, banyak orang yang khawatir karena berkaitan dengan kecantikan wajah. Double chin memang cenderung membuat Anda gemuk, namun sebenarnya ada banyak penyebab munculnya dagu berlipat ini.

Apa Saja Penyebab Lemak di Leher?

Double chin sering dikaitkan dengan penambahan berat badan, tetapi tidak harus kelebihan berat badan. Kulit kendur karena genetika atau penuaan dapat menyebabkan double chin ini, lho. Untuk itu, tuk inti apa saja penyebab dari double chin ini.

1. Kelebihan Lemak

Penyebab paling umum dari double chin umumnya kelebihan lemak. Ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan, mereka cenderung memiliki lebih banyak lemak di seluruh tubuhnya. Bisa juga terjadi pada wajah, termasuk di bawah dagu. 

Munculnya double chin  tersebut tergantung pada tipe tubuh, tetapi lemak wajah sangat terlihat. Misalnya, jika Anda memiliki tubuh yang besar, beberapa kelebihan lemak di pinggul dan perut Anda mungkin tidak terlalu terlihat. Namun, beberapa orang mungkin melihat sedikit lemak ekstra di wajah mereka.

2. Kulit Kendur Akibat Penuaan

Penyebab umum lainnya yang sering diabaikan adalah efek penuaan pada kulit. Di usia 20-an, jumlah kolagen yang diproduksi kulit Anda mulai menurun. Ketika ini terjadi, kulitpun akan mulai kehilangan elastisitas serta menjadi kendur. Kolagen berkurang seiring bertambahnya usia, dan efeknya terlihat. Termasuk terjadinya  double chin ini.

3. Postur Tubuh Yang Buruk

Kebanyakan orang memiliki smartphone dan laptop akhir-akhir ini. Ketika melakukan hal tersebut, double chin cenderung menonjol selama aktivitas ini. Ingatlah bahwa postur seperti itu adalah postur yang buruk.

Posisi ini tidak hanya menyebabkan sakit leher, tetapi juga dapat melemahkan otot platisma yang menghubungkan leher dengan rahang. Ketika otot ini melemah, elastisitas di sekitar dagu berkurang, menyebabkan kendur yang menyebabkan double chin.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Double Chin Tanpa Operasi Secara Alami dan Face Tite

4. Struktur Wajah

Beberapa faktor yang terkait dengan double chin terkadang di luar kendali oleh manusia. Salah satunya adalah bentuk dasar semua wajah. Seperti tipe tubuh tertentu yang memungkinkan beberapa orang menjadi lebih gemuk atau lebih kurus dari yang lain. Begitu juga dengan struktur wajah, ya teman Plasthetic.

5. Genetik

Jika seseorang dalam keluarga Anda mempunya double chin, kemungkinan besar Anda juga akan memiliki double chin. Karena keadaan genetik ini tentu sangat besar pengaruhnya terhadap keturunanya, lho. Anda tidak bisa menyalahkan hal seperti ini, karena hal ini sudah turun temurun dari genetik Anda. Tetapi, Anda tidak perlu bingung karena di zaman sekarang sudah banyak perawatan di klinik kecantikan untuk dapat menghilangkan lemak di leher tersebut, termaksud di Plasthetic Clinic.

Banner Plastic Surgeon

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Leher?

Lemak leher (double chin) lebih dekat ke wajah dan sayangnya tidak bisa “disembunyikan”. Untuk alasan ini, banyak orang bersemangat mencari cara untuk menghilangkan lemak di leher (double chin)  dan mendapatkan kembali kepercayaan diri mereka. Untuk itu, simaklah beberapa cara untuk menghilangkan lemak di dagu dan leher ini.

1. Melakukan Olahraga Kardio

Untungnya, menghilangkan lemak di leher tidak jauh berbeda dengan menghilangkan lemak dari bagian tubuh lainnya. Ya, senam aerobik adalah aktivitas fisik yang tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung tetapi juga efektif membakar lemak. Bahkan, menari dengan gerakan yang membuat tubuh berkeringat juga termasuk olahraga aerobik. Menyenangkan, bukan?

2. Mengurangi Asupan Kalori Harian

Leher lemak adalah hasil dari kelebihan lemak dalam tubuh. Mengurangi asupan kalori harian, menjaga pola makan, dan menjalani diet sehat adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak leher Anda.

3. Menambah Asupan Protein

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan dan ingin mengurangi lemak di leher, tingkatkan konsumsi protein. Pilih sumber protein tanpa lemak karena dapat memberikan rasa kenyang lebih tahan lama daripada dengan nutrisi lain, seperti karbohidrat. Contohnya produk susu rendah lemak, whey protein, daging sapi tanpa lemak, telur, dada ayam, kacang-kacangan, tempe, dan makanan laut.

4. Minum Air Secara Teratur

Minum air putih secara teratur dapat membantu mengurangi lemak tubuh, termasuk lemak leher. Satu studi menemukan bahwa minum air di antara waktu makan dapat mengurangi asupan kalori hingga 13%.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Double Chin dengan Mudah dan Efektif

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga bisa menjadi latihan leher. Bahkan, mengunyah permen karet dikatakan bisa menghilangkan double chin. Selain itu, mengunyah permen karet dianggap dapat menghempaskan lemak pada leher Anda.

6. Melakukan Peregangan Leher

Kemudian Anda juga dapat melakukan olahraga lain secara teratur dengan latihan peregangan leher. Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 10 hingga 15 kali setiap hari. Cara melakukan senam wajah adalah dengan beberapa kali menggerakkan leher dari kanan ke kiri. Lalu, diteruskan dengan gerakan dari bawah ke atas. Tujuan dari melakukan peregangan leher ini ialah untuk mengendurkan otot leher.

7. Membatasi Konsumsi Gula dan Garam

Sejalan dengan menjalani pola makan yang lebih sehat, langkah selanjutnya untuk mengurangi lemak di pipi adalah dengan mengurangi konsumsi gula dan garam. Makanan yang tinggi gula dan garam cenderung menyebabkan retensi air di bagian wajah dan leher. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu membatasi konsumsi produk makanan olahan dan fast food yang tinggi gula dan garam.

8. Tidur yang Cukup

Menghabiskan waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam bisa membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh. Di sisi lain, kurang tidur bisa meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang dimana hormon tersebut bisa meningkatkan nafsu makan dan mengganggu metabolisme tubuh.

9. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung tinggi serat seperti yang terdapat dalam kacang polong, pisang, pepaya, brokoli, jagung, kubis, dan alpukat dapat membantu menjaga kadar lemak dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya serat ini dalam bentuk salad atau jus.

10. Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan

Cara lain yang ampuh untuk menghilangkan lemak yang berlebihan di leher adalah melakukan perawatan di klinik kecantikan, ya teman Plasthetic. Perawatan ini, dapat membuat leher Anda terlihat lebih tegas dan tentunya membuat menarik perhatian orang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika cara-cara diatas tidak berhasil, Anda harus mengunjungi Plasthetic Clinic untuk melakukan perawatan ya!

Rekomendasi Perawatan untuk Lemak di Leher

sedot lemak di leher
Source: freepik.com

Perawatan di klinik kecantikan juga dapat digunakan untuk menghilangkan lemak leher jika cara alami tidak berhasil. Perawatan medis biasanya diperlukan untuk menghilangkan lemak serviks yang disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini dikarenakan cara alami seperti menurunkan berat badan saja dalam kondisi ini biasanya tidak efektif dalam menghilangkan lemak di leher. Berikut ini adalah rekomendasi Plasthetic Clinic untuk dapat menghilangkan lemak pada leher Anda, yaitu:

1. Liposuction Double Chin

Prosedur ini dilakukan oleh dokter dengan membuat sayatan kecil di bawah kulit di sekitar leher dan dagu. Situs sayatan biasanya diberikan anestesi lokal sebelum prosedur untuk menghindari rasa sakit. Dokter kemudian memasukkan alat sedot lemak ke dalam sayatan. 

Prosedur ini memerlukan konsultasi medis dan harus dilakukan oleh dokter berlisensi. Dokter Anda biasanya akan menanyakan tentang alergi obat Anda. Dokter juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu sebelum menjalani prosedur ini, meski cukup dibilang efektif, prosedur ini tidak boleh dilakukan oleh pasien yang memiliki riwayat penyakit diabetes, jantung, ataupun seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

2. Face Tite Double Chin

Prosedur lain yang bisa dilakukan adalah Face Tite Double Chin. Tindakan satu ini bertujuan untuk memperbaiki struktur dan penampilan wajah untuk menipiskan wajah dan menghilangkan lemak di sekitar leher tanpa prosedur operasi, lho teman Plasthetic. Selain itu prosedur ini juga minim invasive, wah menarik banget untuk dicoba ya?

Baca Juga: Ketahui Cara Sedot Lemak Tanpa Operasi dengan Body Tite

3. Fatlysis

Prosedur yang satu ini adalah prosedur non-bedah di mana cairan tertentu disuntikkan di sekitar lipatan lemak di leher untuk menghilangkannya. Kemudian, ultrasound diterapkan dari luar untuk menghancurkan sel-sel lemak di dalamnya.

Nah, itulah beberapa cara di atas untuk menghilangkan lemak tentunya cara ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Untuk mendapatkan hasil yang instan serta aman, Anda perlu melakukan perawatan di Plasthetic Clinic juga solusi yang tepat! Di Plasthetic Clinic Anda dapat berkonsultasi mengenai permasalahan Anda dengan dokter kami untuk mendapatkan perawatan mana yang cocok untuk Anda. Segera daftarkan diri Anda untuk melakukan konsultasi ini dan dapatkan tubuh impian Anda sekarang juga.

Plasthetic Clinic, Enhace Your Quality Of Life!

Di Review Oleh:

dr. Vania Aramita Sari, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Manfaat Biotin Bagi Kecantikan Wajah

Read More

Mengenal Impaksi Gigi, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Read More

Mengenal 3 Cara Mengatasi Kebotakan Dini yang Perlu Diketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!