Cara Mempertegas Jawline yang Membuat Bentuk Rahang Terlihat Proporsional

cara membentuk jawline

Cara Mempertegas Jawline yang Membuat Bentuk Rahang Terlihat Proporsional

Di Tinjau oleh Dokter

Garis rahang dapat mempengaruhi tampilan seseorang. Rahang yang tirus dan tegas memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Banyak orang berusaha keras untuk membuat tulang rahangnya terlihat. Garis rahang yang tirus dan tegas membuat tampilan wajah lebih ideal. Membentuk jawline dapat dilakukan dengan latihan di rumah atau operasi plastik. Selain itu, salah satu tips yang dapat dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan make up pada bagian rahang. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan membuat perubahan yang signifikan pada tulang rahang.

Apa Itu Jawline?

Jawline adalah garis yang terbentuk di sepanjang rahang seseorang. Istilah ini juga sering dipakai untuk menggambarkan bentuk rahang yang sempurna. Penampilan rahang yang sempurna dapat menciptakan kesan menarik, awet muda, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki bentuk garis rahang yang ideal. Garis rahang seseorang bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya sebagai berikut:

  • Kulit

  • Jaringan Lunak

  • Otot Wajah

  • Kelenjar Ludah

  • Lemak Bagian Bawah Dagu

  • Tulang

Apakah Jawline atau Garis Rahang Bisa Dibentuk?

Bentuk wajah dan rahang seseorang bisa beragam, tergantung dari faktor genetik, ras, usia, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan. Bentuk tulang memang sulit untuk diubah secara alami, akan tetapi komposisi dan struktur jaringan di area wajah dan rahang bisa berubah perlahan bila melakukan senam wajah secara teratur dengan cara yang benar, walaupun hasilnya tidak sedrastis dengan melakukan operasi plastik.

Baca Juga: Mengenal Tren Kecantikan Wajah V-Shape Ala Idol K-Pop Yang Menjadi Incaran Banyak Orang 

Cara Membentuk Jawline

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat jawline baik di lakukan di rumah atau di klinik kecantikan, yaitu:

1. Pemulihan Jawbone

Pertama, jenis latihan yang dapat dilakukan di rumah untuk membentuk jawline adalah pemulihan jawbone lewat senam wajah. Cara melakukannya dengan meletakkan ibu jari di bawah dagu secara berdampingan. Dorong sedikit dagu ke bawah, buat resistensi, dan perlahan-lahan geser ibu jari ke sepanjang rahang sampai telinga. Lakukan pengulangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Latihan Mengencangkan Otot Wajah

Untuk membentuk garis rahang secara ideal, Anda perlu melakukan latihan yang melibatkan beberapa bagian di sekitar leher, terutama otot di bawah dagu. Menurut informasi dari Healthline, seorang praktisi chiropractic bernama Dr. Schreiber memberikan beberapa contoh latihan gerakan leher yang dapat membantu membentuk jawline sebagai berikut.

a. Latihan Suara Vokal

  • Buka mulut lebar dan ucapkan suara “A”, lalu “I”, kemudian “U”, lalu “E,” dan terakhir diikuti oleh suara “O.”

  • Lakukan latihan ini sebanyak 3 set atau hingga 15 kali repetisi.

b. Tongue Twister

  • Letakkan lidah ke posisi di atas langit-langit mulut di depan gigi.

  • Tekan lidah dengan keras hingga terasa kaku.

  • Mulailah bersenandung dan hasilkan getaran suara, yang akan mengaktifkan otot.

  • Ulangi sebanyak 15 kali.

c. Chin Up

  • Berbaringlah telentang dengan lidah menekan langit-langit mulut.

  • Letakkan kedua tangan di depan perut.

  • Tekuk dagu ke arah dada, kemudian angkat kepala sekitar 5 cm dari lantai.

  • Pastikan perut tetap dalam posisi semula saat melakukan gerakan ini.

  • Ulangi gerakan ini sebanyak 3 set, setiap set terdiri dari 10 kali pengulangan.

d. Neck Curl

Latihan yang menitikberatkan pada area leher ini akan mengaktifkan otot-otot leher yang jarang digerakkan. Pastikan untuk melakukannya dengan perlahan dan berhenti jika mulai merasa tidak nyaman.

  • Pertama-tama, berbaringlah telentang dan dorong lidah ke atas langit-langit mulut.
  • Kemudian, tarik dagu ke arah dada, angkat kepala sekitar lima hingga tujuh sentimeter dari permukaan lantai.
  • Terakhir, turunkan kepala perlahan dan ulangi gerakan tersebut.

Selalu ingat untuk melakukan gerakan ini dengan perlahan dan hindari menambah set atau repetisi secara tergesa-gesa untuk menghindari cedera.

e. Collarbone Backup

Gerakkan ini bertujuan untuk melibatkan otot-otot di bawah dagu yang mendukung rahang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan duduk di lantai atau kursi.
  • Kemudian, geser kepala ke belakang beberapa sentimeter hingga merasakan kontraksi otot di sisi leher. Pertahankan posisi dada tetap tenang dan pastikan telinga tetap sejajar dengan bahu. Jagalah agar dagu tetap sejajar dengan lantai selama gerakan.
  • Ulangi gerakan yang serupa, namun kali ini dorong kepala ke arah depan.

Banner Plastic Surgeon

3. Menjaga Pola Makan

Selain melakukan gerakan yang dapat membentuk jawline, pola makan juga harus dijaga untuk mengoptimalkan pembentukan jawline. Mengurangi makanan yang terlalu manis, dan menghindari mengkonsumsi garam secara berlebihan. Dengan menjaga pola makan maka berat badan menjadi lebih ideal dan contour wajah menjadi lebih baik.

Baca Juga: Pahami 8 Pantangan Filler Dagu yang Harus Diperhatikan

4. Rutin berolahraga

Selain untuk alasan kesehatan, olahraga juga dapat membantu cara membentuk jawline. Olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan jasmani bagi tubuh kita. Olahraga yang dapat dilakukan seperti jogging, cardio untuk memperkuat otot tubuh.

5. Operasi Plastik (Plastic Surgery)

Operasi Plastik (Plastic Surgery) merupakan cara yang paling ampuh dan praktis untuk dilakukan. Dengan operasi plastik, kita dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Namun, tentunya biaya yang dikeluarkan juga lebih banyak dan cukup menguras kantong.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen Secara Alami dan di Klinik Kecantikan?

Membentuk jawline dapat di lakukan secara alami di rumah dengan melakukan gerakan-gerakan wajah yang tepat dan benar atau lebih dikenal dengan senam wajah serta menjaga pola makan. Tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, dapat dilakukan dengan operasi plastik di klinik kecantikan. Cari tahu perawatan yang kamu inginkan di Plasthetic Clinic sekarang juga!

Sources:

  • Orami
  • Sociolla
  • Line
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

dental bridge adalah

Dental Bridge: Proses, Keuntungan, dan Potensi Risikonya

Read More
laser-fractional-adalah

Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Read More
mengecilkan-perut-buncit-pada_wanita

Yuk Simak, Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!