Cara Memperbaiki Email Gigi yang Rusak dengan Tepat

cara memperbaiki email gigi

Cara Memperbaiki Email Gigi yang Rusak dengan Tepat

Di Tinjau oleh Dokter

Kesehatan mulut dan gigi merupakan salah satu aspek yang seringkali terabaikan oleh sebagian individu. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh sebagian individu dalam kesehatan mulut dan gigi adalah kerusakan pada email gigi. Kerusakan pada email gigi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan seperti sensitivitas gigi, rasa nyeri, hingga gigi berlubang. Jika Anda menghadapi kondisi ini, Anda tidak perlu merasa khawatir! Sebab email gigi yang rusak bukan berarti akhir dari senyum indah Anda. Artikel dari Plasthetic Clinic berikut ini akan mengarahkan Anda dalam proses memulihkan kesehatan gigi melalui beberapa cara memperbaiki email gigi. 

Apa Itu Email Gigi?

Sebelum mengetahui cara memperbaiki email gigi,  penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu email gigi. Email gigi adalah lapisan terluar dari gigi yang berfungsi melindungi bagian dalam gigi dan merupakan substansi yang sangat keras dan merupakan jaringan terkuat di tubuh manusia. Meskipun begitu, hal ini tidak menjamin bahwa lapisan email ini tidak dapat rusak.

Email berperan sebagai barikade utama gigi terhadap zat-zat merusak seperti asam dari makanan dan minuman, serta dari kuman dan bakteri. Seiring bertambahnya usia, zat-zat ini dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi. 

Jika email gigi telah rusak, maka lapisan ini akan membiarkan bagian dalam gigi tanpa perlindungan sehingga dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang dan membusuk yang berakibat pada sakit gigi, gingivitis, bahkan kehilangan gigi.

Apabila kerusakan pada email atau erosi email berlanjut tanpa ada upaya perbaikan, maka email gigi akan terkikis habis. Setelah email hilang, lapisan tersebut tidak bisa tumbuh kembali atau diganti. 

Baca Juga: 7 Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Apa Saja Penyebab Email Gigi Rusak?

Penyebab utama dari email gigi yang rusak adalah adanya pengikisan email atau erosi email yang dapat disebabkan oleh dua faktor utama berikut ini.

1. Secara Mekanis

Email gigi yang rusak dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan oleh diri Anda sendiri. Terdapat beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak email gigi Anda, termasuk menggesekan atau menggertakkan gigi (bruxism), hingga menyikat gigi terlalu keras dengan teknik yang tidak tepat. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada email gigi.

2. Secara Kimiawi

Kerusakan pada email gigi juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi, khususnya yang bersifat asam. Jika Anda mengonsumsi makanan dan minuman asam, zat asam dari sisa makanan dan minuman tersebut dapat menempel pada gigi jika tidak segera dibersihkan dan dapat menyerang serta merusak email gigi. 

Selain itu, refluks atau kenaikan asam lambung saat terjadi masalah pencernaan juga bisa menyebabkan zat asam menyerang gigi Anda. Kemudian, produksi air liur yang rendah dapat memberikan dampak negatif pada email gigi. Ini terjadi karena air liur berperan penting dalam membantu membersihkan zat asam dari dalam mulut.

Penggunaan obat-obatan dalam waktu yang lama juga dapat berpengaruh terhadap email gigi, termasuk perubahan warna pada gigi.

Baca Juga: Pahami 5 Pantangan Setelah Scaling Gigi

Bagaimana Cara Memperbaiki Email Gigi?

Lantas, bagaimana cara memperbaiki email gigi yang telah rusak? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika email gigi mengalami kerusakan, maka email gigi tersebut tidak dapat diperbaharui secara alami atau oleh tubuh itu sendiri. Karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan cara berikut ini:

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari, di pagi dan malam hari, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Melakukan flossing dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur untuk membersihkan sela-sela gigi secara menyeluruh
  • Secara rutin melakukan perawatan gigi dengan berkunjung ke dokter gigi untuk mendapatkan fluoride secara topikal
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam serta gula yang tinggi, serta menggunakan sedotan saat mengonsumsi minuman asam untuk meminimalisir kontak asam dengan gigi
  • Mengonsumsi banyak air putih untuk menetralisir keasaman dalam mulut
  • Bagi Anda yang mengalami bruxism, berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk pembuatan dan penggunaan mouthguard saat tidur malam

Baca Juga: 3 Solusi Gigi Ompong di Usia Muda dengan Tepat

Jika kerusakan pada email gigi Anda sudah parah, maka satu-satunya solusi untuk memperbaiki email gigi adalah dengan melakukan pengobatan melalui bantuan dokter gigi. Untuk kondisi kerusakan yang masih dianggap ringan, dokter biasanya akan merekomendasikan prosedur penambalan gigi.

Apabila Anda mengalami kerusakan pada enamel gigi yang cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan saat mengonsumsi makanan serta minuman, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Plasthetic Clinic cabang Aceh untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi oleh dokter gigi yang profesional.

Di Plasthetic Clinic cabang Aceh, tersedia berbagai tindakan perawatan untuk membantu Anda merawat enamel gigi yang rusak, termasuk Penambalan Gigi untuk kerusakan yang masih ringan, hingga pembuatan Mouthguard bagi penderita bruxism. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan perawatan lain yang bertujuan untuk memelihara kesehatan gigi Anda.

Sebelum menjalani perawatan, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait untuk menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Untuk konsultasi, Anda bisa langsung menghubungi tim kami di sini atau mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh. Semoga informasi mengenai cara memperbaiki email gigi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Banner Plasthetic Dentist

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

manfaat-timun-untuk-mata-dan-wajah

7 Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah yang Perlu Diketahui

Read More
laser-fractional-adalah

Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Read More
dermal filler adalah

Dermal Filler: Pengertian, Tujuan, dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!