3 Cara Menggunakan Toner dengan Benar Supaya Hasilnya Maksimal

3 Cara Menggunakan Toner dengan Benar Supaya Hasilnya Maksimal

Di Tinjau oleh Dokter

Toner tentunya dapat membantu untuk dapat menutup pori-pori serta mengencangkan sel-sel kulit selama proses pembersihan. Selain itu, proses penggunaan toner juga dapat membantu mengurangi penetrasi kotoran serta polutan lingkungan ke dalam kulit.

Penggunaan toner yang tepat juga dapat melindungi kulit dan membantu menghilangkan klorin dan mineral yang terdapat dalam air keran, lho. Yuk, simak cara penggunaan toner yang baik & benar agar dapat hasil yang maksimal!

Apa Itu Toner?

Toner merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit yang tidak bisa dilewatkan karena perannya untuk membersihkan pori-pori, melembutkan dan melembabkan kulit wajah. Meski merupakan produk perawatan kulit yang penting, banyak orang yang masih salah dalam menggunakannya. Hasilnya tidak maksimal atau bahkan efeknya tidak terasa sama sekali.

Apa Saja Fungsi Toner untuk Wajah?

Manfaat toner wajah termasuk pembersihan pori, hidrasi, hidrasi dan anti penuaan. Jadi jangan pernah lupa gunakan skin care kit ini untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, segar dan glowing. Mengapa produk perawatan kulit yang satu ini penting? Tahukah kamu apa fungsi dari toner, simak penjelasannya di bawah ini sampai habis!

1. Menghidrasi Kulit Wajah

Toner berfungsi untuk melembabkan kulit agar tidak mudah kering dan mengelupas. Produk perawatan yang satu ini menyeimbangkan keseimbangan air, terutama pada kasus kulit kering yang cenderung sensitif.

Gunakan secara teratur, minimal satu atau dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, agar efek pelembab dari tonik dapat lebih dirasakan. Gunakan pada malam hari sebelum tidur agar wajah terlihat lebih segar, halus dan tidak kusam keesokan paginya saat bangun tidur.

2. Mengurangi Bekas Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Apakah Anda memiliki masalah jerawat dan bekasnya sulit dihilangkan? Usahakan untuk rutin menggunakan toner atau water purifier sebagai solusinya setiap hari. Termasuk produk perawatan kulit dasar, produk Water Cleansing telah terbukti efektif mengurangi munculnya bekas jerawat sekaligus memberikan efek cerah pada wajah.

3. Melembabkan Kulit

Toner wajah tidak hanya memiliki efek melembabkan, tetapi juga berfungsi sebagai pelembab kulit. Biasanya setelah mencuci muka dengan toner, wajah terasa kering dan kencang. Tentu saja itu terasa tidak nyaman.

4. Mencegah Munculnya Jerawat

Setiap toner memiliki formula yang berbeda. Jika ingin memaksimalkan pencegahan jerawat, pilihlah yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau ekstrak witch hazel. Produk penyegar wajah dengan bahan-bahan tersebut efektif membersihkan pori-pori terdalam, mengangkat sel kulit mati, serta mencegah penumpukan minyak dan kotoran.

5. Mengurangi Minyak Berlebih

Kulit berminyak bisa terlihat kusam, sehingga tak jarang hal ini menurunkan rasa percaya diri seseorang, ya teman Plasthetic. Fungsi lainya dari toner ini adalah untuk mengurangi sebum atau minyak berlebih pada wajah tanpa membuat kulit semakin kering. Apalagi jika mengandung astringent, berguna untuk mengurangi kilap akibat sebum berlebih.

6. Menyeimbangkan Kadar pH Kulit Wajah

Penting untuk memahami bahwa pH kulit setiap orang tentunya berubah-ubah karena dipengaruhi oleh berbagai kondisi. Misalnya, disebabkan penggunaan produk make-up, kelebihan minyak, paparan polusi, dan faktor lain dapat mempengaruhi keseimbangan pH kulit.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan facial toner. Pilihlah toner yang memiliki derajat keasaman hampir sama dengan pH alami kulit, yaitu sekitar 5 hingga 5,5.

Apa Saja Jenis-jenis Toner?

Dalam perawatan wajah, terdapat 3 jenis face toner yan dapat disesuaikan dengan karakter dan kondisi kulit. Masing-masing dari ketiga jenis toner ini juga memiliki manfaat yang berbeda, berikut penjelasannya.

1. Hydrating Toner

Hydrating toner adalah jenis toner yang mengandung senyawa yang memberikan kelembapan, seperti hyaluronic acid dan gliserin. Toner ini cocok digunakan bagi tipe orang yang memiliki kulit kering, sehingga bermanfaat untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

2. Exfoliating Toner

Kemudian ada exfoliating toner yang mengandung bahan aktif asam seperti glycolic acid dan salicylic acid. Toner ini berguna bagi Anda yang ingin membersihkan pori-pori dari sisa kotoran serta mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh. Namun, penggunaan produk ini perlu berhati-hati bagi yang memiliki tipe kulit sensitif.

3. Treatment Toner

Treatment toner dibagi menjadi beberapa kategori dengan kandungan yang berbeda-beda. Seperti balancing toner untuk menyeimbangkan pH kulit, oil control toner untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, anti aging toner untuk mengencangkan kulit wajah, serta clarifying toner untuk mengatasi kulit berjerawat.

Baca Juga: Salicylic Acid: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Menggunakan Toner dengan Benar?

Memakai toner wajah yang tepat tentunya dapat memberikan hasil terbaik. Biasanya penggunaan toner ini dimulai dengan membasahi kapas dengan toner lalu menyeka wajah, leher, dan dada. Berikut adalah proses penggunaan toner wajah untuk hasil yang lebih baik.

1. Pakai Toner Setelah Mencuci Muka

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan toner adalah setelah membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan serum atau pelembab. Kamu juga bisa menaruh beberapa tetes toner di telapak tangan lalu menyemprotkannya ke seluruh wajah.

2. Gunakan Pada Saat Toner Pagi Dan Malam

Secara umum disarankan untuk menggunakan toner wajah pada pagi dan sore hari. Namun, jika kulit Anda mudah kering atau iritasi, cobalah sekali sehari. Pewarna biasanya mengandung bahan yang sesuai dengan kondisi kulit. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, gunakan toner dengan kandungan astringent. 

3. Sesuaikan Kondisi Kulit

Sebaiknya gunakan krim wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Misalnya air mawar untuk kulit kering, karena kandungan air mawar dapat melembabkan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang teriritasi, Anda dapat menggunakan kamomil karena dapat menenangkan dan membuat rileks.

Jika kulit wajah Anda cenderung berminyak, gunakan bahan tea tree yang efektif melawan minyak dan bakteri. Jika kulit Anda menunjukkan peradangan atau kemerahan, gunakan bahan berbahan dasar lidah buaya. Mereka yang berusia di atas 40 tahun dapat menggunakan krim wajah berbahan dasar vitamin E, yang mengandung antioksidan dan bahan anti penuaan.

Baca Juga: 6 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana Tips Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit?

tips memilih toner sesuai jenis kulit
Source: freepik.com

Toner yang digunakan pada wajah Anda tidak boleh sembarangan, ya teman Plasthetic. Bahan-bahan yang dikandungnya harus memenuhi kebutuhan kulit wajah Anda. Nah, perhatikan tips memilih toner wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda:

1. Kulit Kering

Agar kulit Anda tidak kering, hindari pewarna make-up yang mengandung alkohol, karena ini hanya menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuatnya terlihat lebih kencang. Gunakan krim wajah berbahan dasar lotion yang akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, terhidrasi dengan baik, dan melembutkan kulit Anda. Anda juga bisa memilih pembersih wajah yang mengandung germanium dan mawar. 

2. Kulit Berminyak

Karena terdapat banyak lemak di permukaan kulit, para ahli kecantikan merekomendasikan toner wajah dengan bahan aktif pengatur lemak untuk kulit berminyak. Anda dapat memilih toner mentimun astringent atau toner bunga jeruk, lemon, dan mawar. Zat-zat ini memastikan kulit terasa lebih segar dan mengecilkan pori-pori.

3. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kelebihan lemak di T- Zone (dahi, hidung, dan sekitar pipi), sedangkan kulit di luarnya cenderung mengering. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan toner yang berbeda. Pilih toner untuk kulit berminyak untuk diaplikasikan pada zona-T, sementara Anda bisa menggunakan toner berbahan dasar krim untuk area lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Nah, Itulah cara-caca menggunakan toner wajah yang direkomendasikan Plasthetic Clinic untuk dapat memberikan hasil efektif. Selain itu, kamu juga dapat melakukan perawatan di klinik kecantikan Plasthetic Clinic melalui treatment Oxy Facial atau Oxy Serum yang memberikan manfaat untuk dapat melembabkan wajah. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic cabang terdekat di Kota Anda sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Vera

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Read More

Ini dia Biaya Operasi untuk Mengembalikan Keperawanan!

Read More

Berapa Biaya Pasang Kawat Gigi? Ini Rinciannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!