Mengenal 3 Pantangan Setelah PRP Treatment dan Tips Perawatannya

Mengenal 3 Pantangan Setelah PRP Treatment dan Tips Perawatannya

Di Tinjau oleh Dokter

Tampil cantik dan awet muda tentu menjadi dambaan banyak orang, terutama para wanita yang rela melakukannya dengan berbagai cara. Dari mengaplikasikan berbagai produk perawatan kulit hingga perawatan percobaan di salon kecantikan. Bahkan, beberapa orang mencoba perawatan berbeda yang sedikit unik. Salah satunya adalah perawatan PRP. Juga dikenal sebagai “vampire treatment“, perawatan ini dikatakan dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan. Apa kelebihan dan manfaat dari perawatan ini? Yuk, simak lebih lanjut!

Apa itu PRP (Platelet Rich Plasma) Treatment?

Platetet Rich Plasma atau PRP treatment adalah terapi yang menggunakan darah pasien, lebih tepatnya bagian plasma darah yang kaya akan platelet dan dimasukkan kembali ke dalam kulit dengan tujuan untuk memicu proses pembentukan kolagen dan penyembuhan kulit wajah dari bekas jerawat.

Treatment ini merupakan salah satu treatment yang memiliki manfaat untuk peremajaan kulit. Serum PRP dapat digunakan dengan dua cara, yaitu dengan menyuntikkan serum ke dalam kulit atau dengan menggunakan alat micro-needle untuk membuat channel mikro untuk memasukkan PRP ke dalam kulit. Perawatan PRP akan mengaktifkan proses rangsangan kolagen alami, sehingga membuat kulit anda lebih kencang dan kencang. Penggunaan micro-needling ini juga dapat difungsikan sebagai prosedur resurfacing untuk mengurangi pori-pori dan garis kerut.

Baca Juga: Hiperpigmentasi Adalah: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Apakah PRP Cocok Untuk Anda? 

Treatment PRP adalah metode yang cocok untuk semua orang karena dapat menghasilkan hasil alami yang sangat baik. Treatment ini dapat digunakan pada semua jenis kulit, bekerja dengan cepat dan memberikan hasil yang sangat baik dengan waktu penyembuhan yang minimal. Belum ada penelitian yang lengkap mengenai keamanan treatment PRP untuk kecantikan, namun perawatan ini tentunya lebih aman daripada operasi plastik dengan menggunakan bahan sintetis. Selama ini treatment PRP belum menimbulkan reaksi alergi, penolakan atau infeksi pada tubuh pasien karena komponen utama berupa darah juga diambil dari tubuhnya.

Baca Juga: Mengenal Hifu Treatment: Proses Pengencangan Kulit Wajah dengan Teknologi Non-Invasif

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Melakukan Perawatan PRP?

Proses pengerjaan PRP dilakukan dengan mengumpulkan 10-20 ml darah melalui intravena (bila diperlukan). Sampel darah ditempatkan  kedalam tabung khusus dan disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dengan mesin khusus).

Trombosit kemudian dipisahkan dari komponen darah lainnya menjadi PRP. PRP yang bentuknya seperti serum, bisa disuntikkan ke wajah hingga meresap jauh ke dalam kulit. Prosedur perawatan yang dapat dilakukan setelah treatment PRP adalah sebagai berikut: 

  1. Dokter atau perawat akan mengambil darah anda dan membuat serum PRP. Ini akan memakan waktu 45 menit. 
  2. Perawat membersihkan kulit makeup, debu dan tabir surya. 
  3. Perawat mengoleskan krim anestesi untuk membuat area perawatan menjadi kebas.
  4. Setelah itu dokter akan mengoleskan antiseptic sebelum diberikan suntukan (beri tahu kami jika Anda alergi terhadap pengawet atau alkohol). 
  5. Dokter akan menyuntikkan atau menggunakan micro-needle tergantung dengan tempat perawatan yang dilakukan
  6. Perawat mengaplikasikan masker gel pendingin untuk mendinginkan kulit.
  7. Perawat mengoleskan krim pasca perawatan dan tabir surya.

Baca Juga: Jenis Perawatan Wajah di Klinik Kecantikan, Lengkap dan Beragam!

Apa Pantangan Sesudah PRP Treatment?

Setelah melakukan PRP treatment lakukan sebaiknya jangan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kulit anda,seperti:

  1. Jangan berolahraga, berenang, atau berjemur selama 72 jam pertama setelah prosedur. 
  2. Jangan gunakan perawatan, pijat atau laser pada area yang dirawat setidaknya selama 2 minggu. 
  3. Jangan menggunakan make-up atau krim yang mengandung bahan abrasif selama 5 hari pertama setelah perawatan. 

Apa Saja Tips Perawatan Setelah PRP Treatment?

Kemudian, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan setelah melakukan perawatan PRP agar hasilnya lebih maksimal dan terjaga, berikut diantaranya:

1. Menggunakan Sunscreen Secara Rutin

Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen selama dua minggu pertama setelah melakukan prosedur PRP. Pastikan sunscreen digunakan setiap kali Anda keluar rumah pada hari-hari berikutnya setelah perawatan. Hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari terutama selama minggu pertama, karena kulit Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dari biasanya.

2. Menghindari Produk Skincare Eksfoliasi

Hindari produk skincare yang mengandung bahan kimia keras yang bertujuan untuk mengelupas kulit mati di wajah. Hindari produk dengan parfum dan juga zat eksfoliator seperti AHA, retinol dan serum vitamin C setidaknya selama 48 jam pertama setelah treatment PRP.

3. Menghindari Aktivitas Penyebab Infeksi

Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Selain itu, untuk menjaga kulit Anda tetap sehat, hindari kolam renang, sauna, dan aktivitas lain di mana Anda mungkin berkeringat berlebihan, termasuk olahraga yang intens. Anda bisa menggunakan krim antibiotik topikal yang telah diresepkan oleh dokter untuk mencegah infeksi. 

Pada Treatment PRP di Plasthetic Clinic dinamai dengan Plasma Nourish yang ditangani dr. Aema Yunita Amir. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami di Plasthetic Clinic yang akan menjelaskan bagaimana perawatan ini tepat untuk anda. Hingga saat ini, PRP treatment sangat diminati oleh banyak pria maupun wanita untuk mengatasi acne scar ataupun mendukung pertumbuhan pada rambut. Jadi apakah tertarik untuk mencoba perawatan ini untuk kulit yang lebih cantik? Segera konsultasikan sekarang dengan dokter kami!

Di Review oleh:

dr. Aema Yunita Amir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Mengenal 10 Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami

Read More

Kenali 7 Perawatan Kulit Sensitif yang Tepat

Read More

Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!