Cari Tahu 3 Fungsi Veneer Gigi di Sini!

Cari Tahu 3 Fungsi Veneer Gigi di Sini!

Di Tinjau oleh Dokter

Zaman sekarang banyak orang terutama wanita, yang sadar akan keindahan giginya. Ada banyak pilihan untuk gigi terawat dan senyum menawan. Dari memasang kawat gigi (braces) hingga memutihkan gigi (bleaching), prosedur ini seringkali memakan waktu, jadi carilah metode yang lebih cepat. Salah satu cara cepat lainnya yaitu dengan melakukan veneer gigi. Tetapi, apa itu veneer gigi? Dan bagaimana prosedur veneer gigi yang tepat? Yuk baca sampai habis.

Apa Itu Veneer Gigi?

Veneer gigi merupakan prosedur medis yang dimaksudkan untuk memperbaiki penampilan pada gigi dengan mengaplikasikan veneer pada bagian depan gigi. Veneer dapat menutupi cacat gigi seperti: Bentuk, warna, atau ukuran gigi yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan atau impian pasien. 

Veneer umumnya terbuat dari resin ataupun porselen dan direkatkan secara permanen pada gigi. Tidak seperti implan dan mahkota gigi, veneer hanya menutupi permukaan depan gigi. Implan gigi, di sisi lain, menggantikan akar gigi, dan mahkota menutupi seluruh mahkota.

Apa Saja Fungsi dari Veneer Gigi?

Apakah Anda khawatir gigi Anda tidak bersih, kurang putih, berlubang, rusak, pecah dan tidak teratur? Atau apakah Anda iri ketika melihat idola Anda tersenyum dengan gigi yang sempurna? berarti Anda membutuhkan veneer gigi yang bagus di Plasthetic Clinic. Mengapa harus melakukan veneer gigi? Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan perawatan veneer gigi di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Gigi Lebih Rapi

Gigi yang kotor, terkelupas, cekung, kecil dan rusak mengurangi rasa percaya diri Anda saat tersenyum. Tapi itu dulu. Veneer Gigi di Plasthetic Clinic akan membuat gigi Anda terlihat lebih baik dan tentunya menarik, seperti gigi selebriti yang selalu membuatmu iri.

2. Membentuk Gigi

Apakah Anda menyukai bentuk gigi  kelinci pada gigi Anda? Bentuk gigi kelinci ini sangat populer di kalangan artis, selebriti, dan influencer lainnya. Karena dianggap lebih indah dan enak dipandang. Dengan melakukan veneer gigi, Anda dapat request  bentuk gigi yang Anda dambakan, lho. Keren banget ya!

Baca Juga: Seperti Apa Cara Melepas Veneer Gigi yang Baik dan Benar? Yuk, Intip Caranya!

3. Membuat Gigi Lebih Putih

Tidak seperti pemutihan gigi (bleaching), yang tidak dapat diterapkan pada semua gigi, veneer bebas dibuat. Veneer juga bisa memberi Anda warna gigi  menjadi putih alami, lho teman Plasthetic.


Apa Saja Kelebihan Veneer Gigi?

Source: freepik.com

Manfaat veneer adalah gigi terlihat lebih cepat bersih, gigi tampak lebih putih, dan hasil perawatan lebih alami dan tahan lama. Dengan veneer gigi yang menyeimbangkan gigi Anda lebih baik dan tidak memerlukan proses pemutihan, Anda akan tersenyum lebih baik dan dengan demikian merasa lebih percaya diri. 

Veneer gigi terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, Anda dapat menikmati banyak aktivitas di dalam mulut tanpa merasa kewalahan. Berikut ini adalah kelebihan menggunakan veneer gigi dibandingkan dengan bleaching adalah: 

  1. Veneer memberikan tampilan alami pada gigi
  2. Gusi menahan veneer porselen dengan baik
  3. Veneer porselen dapat memberikan ketahanan yang baik pada noda
  4. Warna porselen dapat dipilih sesuai dengan impian Anda, sehingga membuat gigi yang awalnya gelap dapat terlihat menjadi lebih putih
  5. Veneer memberikan pendekatan yang dapat bersifat konservatif dalam mengubah warna serta bentuk pada gigi
  6. Veneer tidak memerlukan pembentukan ulang yang ekstensif, seperti halnya dengan perawatan mahkota 
  7. Veneer cenderung lebih estetis serta menarik
Banner Plastic Dentist

Rekomendasi Pemasangan Veneer Gigi Terbaik di Plasthetic

Berdasarkan bahan pelapis, ada dua jenis veneer, yaitu veneer langsung dan veneer tidak langsung. Veneer langsung (composite veneers) terbuat dari bahan resin komposit. Prosedur veneer langsung tersedia segera setelah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Veneer ini menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk tambalan gigi. Veneer langsung/veneer komposit ini biasanya bertahan sekitar 2-5 tahun. 

Veneer tidak langsung (porselen veneer) sekarang dibuat dari bahan yang lebih kuat seperti porselen dan keramik. Proses pembuatannya memerlukan beberapa kali kunjungan karena harus melalui tahapan konsultasi, penajaman gigi dan pembuatan cetakan gigi, setelah itu pembuatan cetakan gigi dilakukan di laboratorium sesuai petunjuk dokter gigi. Veneer tidak langsung / veneer porselen ini dapat bertahan hingga 15 tahun dengan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah prosedur umum untuk pemasangan veneer gigi di Plasthetic Clinic, yaitu:

  1. Pada kunjungan pertama Anda, silahkan diskusikan masalah gigi Anda di klinik gigi. Dokter gigi kemudian akan memeriksa kondisi gigi dan mulut Anda dan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan veneer, prosedur veneer, dan perawatan gigi veneer. Setelah memeriksa kondisi gigi dan mulut, dokter gigi mencetak gigi untuk digunakan sebagai model studi dan membuat dummy dalam lilin untuk menentukan perkiraan hasil akhir veneer. 
  2. Pada kunjungan kedua, dokter gigi mencoba mock-up sehingga pasien dapat mengevaluasi hasil veneer sebelum gigi dicabut. Jika Anda puas dengan mockup, kami akan mencukur permukaan gigi sebesar 0,5 mm. Ini diikuti dengan cetakan akhir yang digunakan untuk membuat veneer porselen di laboratorium. Proses ini memakan waktu sekitar 1-2 minggu, tergantung jumlah veneer. 
  3. Pada kunjungan ketiga, dokter gigi menempelkan veneer pada permukaan gigi dengan bahan khusus. Proses keausan dimulai dengan membersihkan permukaan gigi. Selain itu, veneer porselen dicoba terlebih dahulu. Setelah pemasangan, bersihkan permukaan gigi dan veneer dan mengeraskan veneer dengan lem dan cahaya. Seminggu setelah pemasangan veneer, periksa ke dokter gigi Anda untuk melihat apakah ada masalah setelah pemasangan.

Jangan takut dengan proses transformasi senyum yang dilakukan Plasthetic Clinic. Karena proses perawatan veneer gigi tidak memakan waktu lama. Sedikit kunjungan, tergantung pada jenis yang Anda pilih. Dalam bentuk langsung, dokter hanya memberikan satu pengobatan. Jenis tidak langsung membutuhkan rata-rata 2-3 perawatan. 

Jadi apa saja cakupan biaya perawatan veneer Plasthetic Clinic? Jangan takut mahal. Biaya veneer gigi sangat bervariasi dan terjangkau di sini. Ini tergantung pada jenis veneer yang dipilih. Juga, harga ini lebih murah daripada klinik gigi lainnya. 

Baca Juga: Retainer gigi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Jangan heran jika pelanggan Plasthetic Clinic tidak hanya masyarakat umum. Harganya sangat terjangkau, tapi kualitas yang disampaikan tidak mudah. Karena dilakukan oleh tim dokter gigi yang profesional dan berkompeten. Hasilnya putih alami lebih memuaskan. Nah, apakah Anda tertarik untuk melakukan veneer gigi ini? Kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh segera untuk berkonsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman serta mendapatkan senyum terbaik impian Anda, ya teman Plasthetic.

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Read More

Tempat Facial yang Bagus di Jakarta, Aman dan Nyaman!

Read More

Bagaimana Cara Agar Pipi Tidak Kempot? Coba 6 Treatment Ini

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!