Rahasia Cara Mengecilkan Payudara Pria Secara Alami dan Efektif

Rahasia Cara Mengecilkan Payudara Pria Secara Alami dan Efektif

Di Tinjau oleh Dokter

Payudara yang membesar pada pria, atau yang dikenal dengan istilah ginekomastia, merupakan sebuah kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Meskipun tidak langsung memengaruhi kesehatan penderita, namun kondisi ini dapat menghadirkan dampak psikologis atau emosional, termasuk perasaan malu, cemas, hingga tertekan. Jika Anda mengalami permasalahan ini, maka Anda tidak perlu merasa khawatir, karena terdapat beberapa cara mengecilkan payudara pria yang dapat Anda lakukan secara aman dan mudah. Untuk mengetahuinya, simak artikel dari Plasthetic Clinic berikut ini hingga tuntas!

Apa Saja Penyebab Payudara Pria Membesar?

Memahami penyebab dari payudara pria yang membesar menjadi langkah pertama untuk menentukan cara penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan payudara pria menjadi membesar. 

1. Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu penyebab utama dari kondisi ginekomastia adalah adanya ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen. Secara umum, tubuh pria memproduksi sedikit estrogen, yaitu sebuah hormon yang bertugas untuk mengendalikan pertumbuhan payudara. Jika terjadi produksi estrogen yang berlebihan dan testosteron yang rendah, maka payudara pria dapat membesar. 

Namun, pada orang yang mengalami obesitas, pembesaran payudara bisa terjadi karena adanya kelebihan jaringan lemak, yang disebut pseudogynecomastia. Hal ini berbeda dengan ginekomastia, di mana pertumbuhan payudara disebabkan oleh pertumbuhan jaringan kelenjar.

2. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab pembesaran payudara pada pria. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan lemak di area dada, yang membuat dada terlihat membesar. Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan produksi hormon estrogen dan menekan produksi testosteron, yang kemudian menyebabkan pertumbuhan payudara tambahan pada tubuh pria.

Baca Juga: Mengenal Ginekomastia Pada Pria dan Cara Mengatasinya

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan, seperti antibiotik, kemoterapi, obat untuk AIDS, anti-cemas, untuk masalah jantung, steroid, dan juga obat antidepresan golongan trisiklik, dapat menyebabkan ginekomastia sebagai salah satu efek samping pada pria.

4. Faktor Usia

Pembesaran payudara pada pria dapat terjadi pada pria dari segala usia. Namun, sebagian besar yang mengalami kondisi ini berada pada masa pubertas, bayi laki-laki yang baru lahir karena paparan estrogen dari ibunya, dan juga pada pria yang telah berusia di atas 50 tahun karena ketidakstabilan hormon dalam tubuh.

Bagaimana Cara Mengecilkan Payudara Pria Secara Alami?

Setelah mengetahui beberapa penyebab pembesaran payudara pada pria, langkah selanjutnya adalah memahami beberapa cara alami untuk mengecilkan payudara pria yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengatur Pola Makan

Langkah penting dalam mengecilkan payudara pada pria adalah dengan mengatur pola makan. Mengurangi asupan kalori dan memilih makanan yang sehat adalah kunci utamanya. Fokuslah pada makanan yang kaya protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Hindari pula makanan tinggi lemak, gula, dan kalori. Selain itu, makan dalam porsi kecil namun sering juga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan, termasuk di area payudara.

Baca Juga: 11 Tips Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Cerah

2. Melakukan Latihan Otot Dada

Melakukan latihan yang menargetkan otot dada dapat membantu mengencangkan dan mengecilkan area payudara. Latihan seperti push up dan bench press sangat efektif dalam membangun otot dada. Tidak hanya membantu mengecilkan payudara, melakukan latihan ini juga memberikan bentuk payudara pria yang lebih definitif dan maskulin. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, akan membantu menguatkan otot dada, lengan, dan bahu yang dapat membantu mengecilkan payudara pria yang membesar.

3. Melakukan Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban secara umum dapat meningkatkan massa otot dan membakar lemak di seluruh tubuh, termasuk di area payudara. Memasukkan latihan angkat beban ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu mengurangi lemak di tubuh secara keseluruhan sambil memperkuat otot. Dalam melakukannya, Anda dapat memulai dengan latihan dumbbells menggunakan beban yang ringan, dan secara bertahap meningkatkan berat dumbbells saat sudah terbiasa.

Baca Juga: 7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Pria

4. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan lemak di area payudara. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalori yang tinggi dalam alkohol dan dapat mengganggu keseimbangan hormon. Mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol dapat membantu mengecilkan payudara dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Mengecilkan Payudara Pria dari Plasthetic

Untuk kasus ginekomastia yang lebih parah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalani prosedur Male Breast Reduction di Plasthetic Clinic. Prosedur satu ini sendiri bertujuan untuk mengurangi ukuran payudara pada pria, serta menciptakan kontur dada yang lebih rata dan maskulin. Melalui pengangkatan jaringan lemak dan kelenjar yang berlebih, serta penyesuaian kulit jika diperlukan, bentuk dada yang lebih proporsional dapat tercipta. Untuk menjaga hasil yang optimal, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan dan gaya hidup Anda.

Sebelum memutuskan untuk menjalani tindakan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang berkaitan. Dalam tahap konsultasi, Anda akan berdiskusi dengan dokter tentang harapan, potensi hasil, serta risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Proses konsultasi juga penting bagi dokter untuk melakukan evaluasi fisik dan menentukan strategi perawatan yang sesuai.

Untuk memastikan kelancaran proses dan menghindari ketidaknyamanan, konsultasi merupakan langkah penting sebelum Anda menjalani prosedur Male Breast Reduction. Untuk melakukan konsultasi dengan mudah, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda.

Semoga informasi mengenai cara mengecilkan payudara pria di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Elrica Sapphira, Sp.B.P.R.E., Subsp.E.L.,(K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ini Dia Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Read More
cara-mengecilkan-rahang

2 Cara Mengecilkan Rahang yang Lebar dan Perawatannya

Read More
cara-menghilangkan-belang-di-wajah

7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!