Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Jerawat yang Gatal

Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Di Tinjau oleh Dokter

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat dan juga membuat jerawat yang sering muncul di wajah berbeda-beda bentuknya.Karena itu, cara mengatasi jerawat yang sering muncul di area wajah juga harus disesuaikan agar masalah dapat teratasi dengan cepat dan tepat.

Lantas apa saja jenis jerawat yang sering muncul di area wajah dan bagaimana cara mengatasi jerawat yang sering muncul dengan tepat? Simak informasi lengkapnya melalui artikel berikut ini!

Apa Itu Jerawat?

Jerawat merupakan gangguan pada kondisi kulit. Kondisi ini berkaitan dengan produksi sebum (sebum) yang berlebihan. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori kulit. Setiap pori-pori kulit memiliki folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat dapat terjadi saat folikel rambut, atau tempat tumbuhnya rambut, tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati. Hal itu mengakibatkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. 

Peradangan ini ditandai dengan munculnya tonjolan kecil yang terkadang berisi nanah pada kulit. Kondisi kulit ini bisa terjadi di area tubuh yang memiliki kelenjar minyak paling banyak seperti wajah, leher, dada bagian atas dada, serta punggung. Umumnya, benjolan ini disebut jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pembentukan jerawat. Namun, secara umum, jerawat dapat disebabkan oleh kondisi berikut:

1. Produksi Minyak Berlebihan. 

Salah satu penyebab utama jerawat adalah peningkatan produksi hormon testosteron, yang ada di tubuh pria dan wanita. Hormon testosteron menyebabkan jerawat dengan merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan kelebihan minyak kulit (sebum).

2. Siklus Hormonal. 

Semua manusia pasti mengalami masa pergantian pada siklus hormonal, terutama saat memasuki masa pubertas. Ketika ini terjadi, produksi hormon dapat merangsang produksi minyak yang berlebihan. Selain itu, siklus hormonal juga terjadi selama masa menstruasi seorang wanita.

Baca Juga: Suntik Menghilangkan Jerawat, Aman dan Ampuh!

Macam-Macam Jerawat?

Berikut ini adalah macam-macam jerawat yang sering muncul dan perlu Anda ketahui!

1. Jerawat Kistik (Cystic Acne)

Orang dengan jerawat kistik biasanya berisiko lebih tinggi terkena jenis jerawat parah lainnya. Jerawat kistik ini adalah jerawat dengan kista merah berisi nanah yang sangat besar dan terlihat seperti bisul di bawah kulit.

2. Jerawat nodulokistik (Jerawat Batu)

Dalam kondisi ini, jerawat membentuk nodul yang meradang atau punggungan jerawat kistik. Warnanya jerawat ini dapat berubah menjadi ungu ataupun merah tua.  Jerawat nodulakistik yang parah biasanya meninggalkan bekas luka yang sangat mengganggu.

Banner Plastic Aesthetic

3. Jerawat Conglobate

Jerawat jenis ini umumnya dialami oleh  pria diusia remaja dan dewasa muda. Ada beberapa hal yang diduga berperan dalam menyebabkan jerawat conglobata, antara lain kelebihan testosteron, steroid, serta kondisi autoimun.

4. Jerawat fulminans

Jerawat jenis ini tiba-tiba muncul dan menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya disertai demam, nyeri otot, lemas, terutama pendarahan jerawat pada tubuh bagian atas dan wajah, serta pembengkakan limpa dan hati.

Baca Juga: Yuk, Simak Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat!

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat?

Cara mengatasi jerawat tentunya sangat beragam namun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat yang baik dan benar.

1. Jangan Sering Menyentuh Wajah Dengan Tangan

Kotoran dan bakteri di tangan bisa masuk ke wajah anda dan menyumbat pori-pori kulit, yang tentunya dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah dengan tangan.

2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi membersihkannya terlalu sering justru dapat melukai kulit Anda. Pembersihan yang berlebihan dapat merusak stratum korneum (lapisan terluar kulit), yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar minyak dan air di kulit dan dapat meningkatkan peradangan.

3. Melakukan Perawatan Pada Dokter Kulit

Jika sedang mengalami jerawat yang cukup parah, kondisi ini harus ditangani oleh dokter kulit yang mengerti akan hal ini. Untuk mengobati jerawat, dokter mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid dan krim antibiotik untuk mengurangi peradangan dan mengobati infeksi. 

Baca Juga: Jangan Keliru Ketahui Penanganan Yang Tepat Setelah Melakukan PRP Treatment

Penting untuk memahami jenis-jenis jerawat agar anda tidak mengikuti prosedur perawatan yang salah. Jika jenis jerawat yang muncul di wajah anda sangat parah, hentikan penggunaan obat jerawat yang dijual bebas dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk anda mengatasi permasalahan jerawat dengan berbagai macam perawatan seperti Acne Facial untuk mengurangi serta membersihkan kulit berjerawat, Instant detox untuk membersihkan dan mencerahkan kulit, Laser Acne untuk meredakan peradangan pada jerawat serta Smart Rejuvenation untuk membantu mencerahkan dan meremajakan kulit dengan ditangani oleh dr.Aema Yunita Amir. So what are u waiting for? Konsultasikan sekarang!

Di Review Oleh:

dr. Aema Yunita Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

jenis-jenis-cleanser

9 Jenis-jenis Cleanser dan Fungsinya Untuk Kulit Wajah

Read More
macam macam operasi hidung

4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

Read More
manfaat ultherapy

Mengenal Manfaat Ultherapy dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!