Cari Tahu 10 Cara Mengecilkan Punggung Secara Alami dan Perawatan

Cari Tahu 10 Cara Mengecilkan Punggung Secara Alami dan Perawatan

Di Tinjau oleh Dokter

Apakah kamu memiliki punggung yang lebar? Jangan berkecil hati, ya teman Plasthetic. Punggung yang lebar juga bisa terlihat menarik, lho! Selain itu, punggung lebar juga menandakan kekuatan fisik dan kesehatan, karena Anda memiliki banyak massa otot di atasnya.

Namun, beberapa orang mengakui bahwa mereka tidak yakin memiliki punggung  yang lebar karena tubuh mereka dianggap tidak proporsional. Lalu apa yang membuat seseorang memiliki punggung yang lebar? Baca selengkapnya di artikel berikut ini, yuk!

Apa Saja Ciri-Ciri Punggung Terlihat Besar?

Berikut ini adalah ciri ciri orang yang memiliki punggung yang besar, yaitu:

1. Jarak Dari Leher Ke Bahu Lebih Besar

Teman Plasthetic, biasanya orang yang memiliki punggung yang besar ini memiliki jarak yang cukup besar antara leher dan bahunya lho, hal itu yang mengakibatkan anggota bagian atas terutama punggung seseorang terlihat cenderung lebih besar.

2. Memiliki Tulang Yang Besar

Pada dasarnya lebar atau sempitnya punggung lebih ditentukan oleh adanya tulang-tulang yang menyusun punggung Anda. Bentuk tulang ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik daripada faktor lingkungan (termasuk berenang). Berenang sendiri akan dapat mempengaruhi perkembangan otot di seluruh tubuh (termasuk otot dada serta bahu), sehingga orang yang rutin berenang tampaknya memiliki punggung yang lebih lebar karena otot dada dan punggungnya terbentuk dengan baik.

Baca Juga: Mengenal 10 Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami

Apa Saja Penyebab Punggung Terlihat Besar?

Beberapa faktor berikut dikatakan dapat menyebabkan punggung yang terlihat lebih besar, lho teman Plasthetic. Dari mulai dari olahraga berlebihan hingga lainya, berikut penjelasan mengenai penyebab punggung besar yang perlu Anda ketahui.

1. Olahraga Berlebihan

Terlalu banyak olahraga juga bisa jadi salah satu penyebab punggung lebih lebar, lho teman Plasthetic. Apalagi jika Anda melakukan olahraga seperti angkat besi atau pull up. Kedua olahraga tersebut dikatakan mampu membangun massa otot di bagian punggung dan dada. Jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, hal itu dapat menyebabkan punggung Anda terlihat lebih besar. 

2. Genetik

Punggung yang lebar juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Perhatikan anggota keluarga di Anda, jika di keluarga Anda memiliki seseorang yang berpunggung lebar, itu tandanya Anda kemungkinan akan mempunyai punggung yang lebar juga, lho. Punggung lebar yang disebabkan oleh faktor genetik ini biasanya sulit untuk dihilangkan.

3. Kegemukan

Faktor lain yang menyebabkan punggung yang lebar adalah obesitas. Ini terjadi ketika indeks massa tubuh (BMI) Anda telah melampaui batas ideal. Saat berat badan bertambah, punggung tampak lebih lebar. Apalagi jika Anda sudah memiliki gen yang memiliki tulang besar ini pasti akan berpengaruh terhadap Anda dan membuat tulang Anda lebih lebar juga.

Baca Juga: 2 Cara Mengecilkan Rahang yang Lebar dan Perawatannya

Bagaimana Cara Mengecilkan Punggung?

Teman Plasthetic yang ingin mengecilkan punggung yang lebar bisa menerapkan cara-cara berikut ini, lho. Yuk simak selengkapnya!

1. Mengurangi Asupan Kalori

Mengurangi asupan kalori adalah salah satu cara untuk mengecilkan punggung yang lebar. Dengan mengurangi asupan kalori, lemak dan otot bahu bisa dikurangi.
Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori dan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak.

2. Latihan Kardio

Untuk mengecilkan punggung yang lebar, Anda juga bisa melakukan latihan kardio. Melakukan olahraga kardio seperti aerobik selama 30 menit ini  tentunya dapat membakar sekitar 300 kalori. Wah, menarik banget ya?

3. Melakukan Push-Up dan Sit-Up

Push-up dianggap sebagai latihan paling efektif melawan tumpukan lemak tubuh, khususnya pada anggota tubuh bagian atas yang bisa mengencangkan otot perut dan otot punggung. Push-up setiap hari sudah pasti cukup, jika tidak bisa menahan posisi standar, mulailah dengan push-up lutut.

4. Melakukan Gerakan Superman

Anda diinstruksikan untuk menunjukkan aksi seperti Superman yang sedang terbang. Caranya adalah dengan berbaring tengkurap di atas matras, lalu luruskan kedua tangan dan kaki. Selanjutnya, angkat kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan, dan lakukan gerakan serupa dengan kaki kiri dan tangan kanan. Pastikan untuk menjaga tubuh tetap lurus saat mengangkat tangan dan kaki.

5. Melakukan Gerakan Bar Front Raises

Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara berdiri dengan tubuh tegak, kemudian genggam beban (barbel atau sejenisnya) dengan kedua tangan. Kemudian, lakukan gerakan mengangkat tangan yang memegang beban tersebut dari bawah ke atas sehingga sejajar dengan bahu. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

6. Melakukan Gerakan Chest Fly

Gerakan chest fly melibatkan berbaring dengan tangan yang lurus di atas dada sambil memegang beban. Selanjutnya, lakukan gerakan membuka dan menutup tangan dengan tetap memegang beban tersebut. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

7. Melakukan Yoga

Dapat dibilang Yoga merupakan salah satu olahraga yang santai dan bisa membuat tubuh serta pikiran Anda lebih rileks. Menariknya lagi, Yoga juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan lemak di area punggung yang tentunya tidak kalah dengan olahraga lainnya seperti kardio.

Beberapa gerakan yoga dianggap mampu membakar lemak di area punggung. Lain daripada itu, yoga juga akan membuat tubuh Anda lebih fleksibel dan juga bugar. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, lakukan gerakan yoga dengan cara dipandu bersama instruktur yoga yang sudah profesional.

8. Melakukan Gerakan Pulldown

Pulldown merupakan jenis latihan yang fokus pada pengembangan otot di bawah ketiak hingga bagian bawah punggung atau otot latissimus dorsi. Latihan ini dapat dilakukan menggunakan mesin pulldown di pusat kebugaran.

Ketika Anda duduk, Anda dapat menarik tuas pegangan yang terhubung dengan beban ke arah tubuh sampai sejajar dengan dagu, lalu lepaskan kembali dengan kendali. Pastikan untuk menghindari agar tuas pegangan tidak menyentuh pelat beban. Lakukan gerakan tersebut secara berulang sebanyak 8-12 kali dalam sekali set.

9. Melakukan Gerakan Rowing

Selain menggunakan mesin, Anda juga bisa melakukan gerakan rowing tanpa memakai mesin, cukup dengan menggunakan resistance band atau barbel. Gerakannya mirip dengan rowing pada mesin, yakni pertama-tama adalah duduk dengan posisi punggung tegak, kemudian pegang resistance band atau barbel. Lalu, tarik lengan ke arah tubuh dan tekuk siku, sambil mendorong beban tubuh dengan kaki yang lurus. Kemudian, balik ke posisi awal dan ulangi gerakan ini beberapa menit.

10. Melakukan Treatment di Klinik Kecantikan

Jika point 1-3 tidak berhasil untuk dapat mengecilkan punggung Anda, point ke-4 ini merupakan solusi yang tepat untuk Anda, lho teman Plasthetic. Dengan melakukan treatment di klinik kecantikan ini Anda akan mendapatkan hasil yang instan dan pastinya di klinik kecantikan prosedur tersebut langsung ditangani oleh dokter yang sudah berpengalaman, ya.

Banner Plastic Surgeon

Rekomendasi Perawatan untuk Mengecilkan Punggung

cara mengecilkan punggung
Source: freepik.com

Berikut ini adalalah beberapa treatment yang direkomendasikan oleh Plasthetic Clinic mengenai cara menghilangkan lemak di punggung yang dapat Anda jadikan pilihan, lho!

1. Fatlysis

Perawatan ini dapat membantu membakar lemak punggung dengan dengan cara disuntikkan kedalam tubuh Anda sehingga bentuk tubuh menjadi jauh lebih baik sekaligus dapat mengurangi lemak pada tubuh Anda.

2. Body Firm

Tujuan dari perawatan ini adalah untuk membakar lemak dari tubuh. Sehingga memberikan hasil berupa kulit yang lebih kencang sekaligus mampu meremajakan kulit tubuh.

3. Liposuction Punggung 

Operasi ini dapat berfungsi untuk menghilangkan lemak punggung dari bagian tertentu seperti perut, lengan dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat dan Tepat

Nah, itulah beberapa cara mengecilkan punggung yang sudah dirangkum Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, ya teman Plasthetic! Jika Anda masih bingung akan hal ini, tentunya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami di Plasthetic Clinic. Plasthetic Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan di Jakarta yang sudah terpercaya untuk melakukan berbagai treatment kecantikan baik itu surgery maupun aesthetic.

Untuk itu, segera datang ke Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir di Jalan Danau Tondano No.12, RT.11/RW.5, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210 atau Anda dapat menghubungi  nomor telepon 0811-1769-199 untuk melakukan reservasi sekarang, ya teman Plasthetic!

Di Review Oleh: 

dr. Putri Rezkini, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Jangan Takut! Ini Dia Penanganan Yang Tepat Setelah Operasi Implan Hidung

Read More

Kenali Serba Serbi Mengenai Otoplasty: Pengertian, Prosedur, Manfaat, dan Faktor Risikonya

Read More

Mengenal 9 Manfaat Microneedling, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!