5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya

ciri-wajah-kekurangan-kolagen

5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya

Di Tinjau oleh Dokter

Penuaan dapat mempengaruhi kesehatan kulit pada tubuh dan wajah Anda. Hal ini dapat mempengaruhi penampilan menjadi terlihat menua serta dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi tidak kenyal lagi, ya teman Plasthetic.

Menurut penelitian, tubuh manusia mengalami penurunan pasokan kolagen setiap tahunnya, yang dapat memperlambat pertumbuhan pada sel kulit baru.  Untuk itu yuk cari tahu ciri wajah kekurangan kolagen dan bagaimana cara mengatasinya, simak selengkapnya!

Bagaimana Ciri Wajah Kekurangan Kolagen?

Nah, bagi  Anda yang belum tahu, berikut ini adalah ciri-ciri wajah yang kekurangan akan kolagen dan perlu Anda diperhatikan.

1. Munculnya Garis-Garis Halus di Wajah

Tidak hanya di wajah, kolagen ialah jaringan protein yang tak larut yang menyebar ke seluruh tubuh. Garis-garis tersebut menjadi lebih tebal karena jumlah kolagen di kulit berkurang. Karena degradasi kolagen dikaitkan dengan usia, kondisi ini tentunya menjadi penyebab yang paling utama dari munculnya garis-garis halus pada kulit wajah Anda. Selain itu, paparan  sinar matahari secara langsung serta gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Garis halus bahkan bisa menjadi tanda penuaan dini di usia yang relatif muda.

2. Munculnya Bintik-Bintik Hitam

Tanda kekurangan kolagen pada wajah selanjutnya ialah munculnya bintik-bintik hitam pada area kulit wajah. Bintik hitam inipun dapat ditandai dengan bercak coklat yang biasanya lebih dikenal dengan nama sunspot. Protein kulit berupa kolagen yang biasanya menyebabkan masalah ini bisa rusak akibat paparan sinar matahari secara langsung yang terlalu lama.

3. Kulit Terasa Kurang Elastis

Kolagen ini dapat berperan penting dalam menjaga kelembapan dan menutrisi kulit wajah Anda, membuat kulit wajah tampak lebih terhidrasi serta kenyal. Dengan kekurangan kolagen, struktur kulit akan kehilangan elastisitasnya, kulit akan menjadi lebih tipis serta akan lebih cepat kering. Untuk itu, maka akan diperlukan cara yang benar serta tepat untuk dapat menghaluskan tekstur kulit wajah.

4. Timbulnya Kerutan Pada Wajah

Masalah ini bisa ditandai dengan adanya bentuk kulit yang cenderung berbentuk keriput. Bahkan, selulit terlihat semakin tidak menarik karena lebih terlihat jelas. Selulit yang muncul pada kulit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kolagen yang membentuk jaringan ikat. Limbah protein ini bahkan digantikan oleh jaringan lemak ataupun selulit, sehingga menimbulkan kerutan di wajah.

5. Wajah Terlihat Kusam

Wajah yang rendah kolagen ini dapat dengan mudah dikenali dari ciri-cirinya yang terlihat lebih kusam dari biasanya. Pada kondisi ini tentunya protein akan  dapat membantu menjaga lapisan pada kulit dengan sangat baik karena mengandung asam amino dan protein. Selain itu, kondisi wajah yang kusam juga bisa mempengaruhi penampilan, sehingga wajah bisa terlihat gelap serta kurang segar.

Baca Juga : Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

Banner-Plastic-Aesthetic

Apa Saja Penyebab Wajah Kekurangan Kolagen?

Secara alami, tubuh memproduksi kolagen untuk menjaga kondisi kulit. Jenis pada protein ini banyak ditemukan di banyak bagian tubuh, seperti tulang, tendon, otot, ligamen dan kulit. Akan tetapi, karena faktor-faktor berikut, ada risiko kolagen akan berkurang dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit.

1. Paparan Sinar Matahari

Radiasi yang dihasilkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari secara langsung yang berkepanjangan merupakan faktor umum yang dapat mempercepat proses penuaan, lho. Hal ini disebabkan rusaknya serat elastin pada lapisan kulit terdalam (dermis). Akibatnya, kulit pun akan terlihat keriput serta menjadi kendur.

2. Merokok

Siapa yang masih suka merokok? Sekalipun Anda rajin mengonsumsi sumber dari kolagen terbesar, kebiasaan buruk yaitu merokok yang belum berhenti akan tetap berisiko menurunkan produksi kolagen, lho. Bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk tersebut akan dapat merusak protein kulit serta elastisitas pada kulit, yang merupakan faktor penyebab penuaan dini pada kulit.

3. Kurang Waktu Tidur

Banyak penelitian menyebutkan kualitas tidur yang bersifat buruk dapat mengurangi kolagen dalam tubuh. Hal ini tentunya disebabkan oleh melemahnya sistem kekebalan pada tubuh manusia yang merusak kandungan protein yang ada pada kulit. 

Baca Juga : Mengenal Ascorbic Acid dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Apa Saja Manfaat Kolagen Bagi Wajah?

Kolagen memiliki banyak sekali manfaat sehingga dapat membuat kulit wajah tetap bersinar serta sehat sepanjang hari, diantaranya adalah:

1. Melembabkan Kulit

Kulit wajah yang lembab secara alami pasti menjadi dambaan setiap orang. Dengan Anda mengaplikasikan produk perawatan yang tentunya mengandung kolagen, kelembaban alami kulit Anda tetap terjaga. Sehingga tidak kering ataupun kasar. 

2. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Pasti banyak yang tahu manfaat kolagen untuk wajah ini kan teman Plasthetic. Ya, ketika Anda memenuhi kebutuhan kolagen kulit Anda, Anda dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya. Karena kolagen mampu menjaga kekenyalan kulit yang biasanya semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Pernahkah Anda mengalami luka pada kulit tetapi lama sembuhnya? Bisa jadi tubuhmu kekurangan protein kolagen teman Plasthetic. Karena kolagen merupakan salah satu unsur yang dapat berperan penting untuk Anda dalam memperbaiki jaringan ikat yang sudah rusak pada kulit Anda. Sehingga bila kolagen dalam kulit dan tubuh cukup, akan mempercepat regenerasi kulit serta luka cepat sembuh.

4. Mengencangkan Kulit

Tidak hanya garis-garis halus dan kerutan yang muncul, ada tanda-tanda penuaan dini lainnya, yaitu kulit yang semakin melemah. Hal ini wajar terjadi ketika jumlah kolagen dalam tubuh berkurang dan tidak ditangani dengan produk ataupun suplemen kolagen yang tepat. Kemudian kolagen berperan untuk mengencangkan kulit agar tetap terlihat kenyal serta awet muda.

5. Meratakan Warna Kulit

Teman Plasthetic, pasti setuju, wajah yang blak-blakan seringkali mengikis rasa percaya diri kita. Salah satu masalah kulit misalnya adalah hiperpigmentasi, suatu kondisi di mana kulit memproduksi melanin secara berlebih akibat paparan sinar matahari  yang berlebihan. Kabar baiknya, kolagen juga bisa membantu meratakan warna kulit lho teman Plasthetic. Ya, karena kandungan protein asam amino dan kolagen yang mampu menjaga lapisan epidermis kulit agar tetap halus, bersih serta sehat.

Baca Juga : 7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak 

Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Kekurangan Kolagen?

Anda tidak ingin terlihat cepat tua? Selain banyak cara untuk dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat merusak kolagen serta mengurangi jumlahnya. Simak selengkapnya.

1. Berhenti Merokok

Apakah Anda masih menjadi perokok aktif? Jika Anda tidak ingin cepat tua, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok ini. Tidak hanya membahayakan kesehatan, zat dalam rokok merusak kolagen serta hal tersebut dapat mencegah tubuh memproduksinya.

2. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Meski Anda pecinta makanan manis, sebaiknya Anda harus membatasi kebiasaan ini. Alasannya adalah terlalu banyak makan-makanan yang manis dapat merusak kolagen. Saat gula darah Anda terlalu naik setelah makan yang manis-manis, jumlah hormon insulin ini juga ikut naik. Nah, ketika terlalu banyak hormon insulin yang ada pada dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan peradangan pada jaringan, termasuk juga pada jaringan yang memproduksi kolagen, lho teman Plasthetic.

3. Lindungi Diri Anda Dari Sinar Matahari

Anda mungkin sudah tahu bahwa terlalu banyak  terkena paparan sinar matahari secara langsung akan dapat merusak kulit. Yaps, sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan dari sinar matahari adalah penyebabnya. Sinar UV ini akan dapat merusak produksi kolagen serta berbagai asam amino yang merupakan prekursor kolagen. Itulah mengapa sangat penting untuk mengaplikasikan tabir surya untuk aktivitas di luar ruangan.  

Rekomendasi Perawatan Kolagen untuk Wajah Terbaik di Plastehtic

Berikut ini adalah rekomendasi treatment perawatan kolagen terbaik yang direkomendasikan Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, yaitu:

1. Shine Booster

Shine booster merupakan perawatan yang berfungsi untuk dapat menutrisi kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah, lembab, dan kenyal. Dapat dilakukan oleh semua jenis kulit dengan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

2. Instant Detox

Instant Detox merupakan perawatan yang berfungsi untuk melembabkan, membersihkan, serta dapat mencerahkan kulit wajah secara instan dengan waktu minimal namun hasil maksimal. 

3. Morpheus8

Morpheus 8 merupakan teknologi terbaru yang menggunakan jarum ultra kecil, berguna untuk dapat memperbaiki berbagai masalah pada kulit Anda, contohnya ialah kerutan, tanda penuaan, flek serta bekas jerawat, permukaan  pada kulit yang tidak merata serta stretch mark pada bagian tubuh. Nah, itu dia penjelasan mengenai ciri wajah yang kekurangan kolagen dan cara mengatasinya. Mungkin cara alami untuk dapat menambah kolagen dapat Anda praktekan di rumah, akan tetapi Anda juga perlu melakukan perawatan di klinik kecantikan agar mendapatkan hasil yang maksimal, ya teman Plasthetic. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang jugaaa!

Di Review Oleh:

dr. Anesia Tania, Sp.KK

https://www.plasthetic.com/doctor/dr-anesia/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More
cara-memutihkan-ketiak-hitam

5 Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Mudah serta Aman

Read More
cara-mengurangi-lemak-di-paha

4 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!