Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dan Kendur

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dan Kendur

Di Tinjau oleh Dokter

Kantung mata merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi penampilan wajah Anda. Tampilan kantong di bawah mata ini, meski tertutup riasan, bisa terlihat kusam, berkerut, dan tidak segar. 

Kondisi ini merupakan salah satu masalah paling umum akibat kurang tidur. Kurang tidur bukan satu-satunya penyebab bengkak di bawah mata, tetapi ada faktor lain juga. Kantung di bawah mata biasanya tidak memerlukan perhatian medis, tetapi Anda dapat menghilangkan kantung gelap di bawah mata dengan melakukan hal berikut, Baca selengkapnya!

Apa Penyebab Kantung Mata Hitam?

1. Kelelahan atau Kurang Tidur

Kantong hitam di bawah mata umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Ketika seseorang lelah atau stres, sirkulasi darah di sekitar mata melambat, sehingga darah lebih mudah terkumpul di sekitarnya. 

Pembuluh darah kecil (kapilaris) juga melebar dan bocor, menciptakan lingkaran hitam di sekitar mata. Penyebab lain dari kantong gelap termasuk usia, dehidrasi, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, radiasi UV dari matahari, dan reaksi alergi.

Baca Juga: Mata Panda bikin Nggak Percaya Diri? Begini Cara Menghilangkan Kantung Mata!

2. Keturunan

Faktor lain bisa jadi faktor keturunan. Mereka yang memiliki riwayat kantung mata dalam genetik keluarganya tidak menutup kemungkinan hal ini akan diturunkan ke generasi berikutnya.

3. Faktor Usia

Pemicu ketiga ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami kantung mata, ialah faktor penuaan, karena usia seseorang memiliki efek yang cukup besar sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kendur ataupun terdapat bintik/flek hitam.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebagai Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam?

Berikut ini adalah cara-cara yang tepat untuk Anda, untuk mencegah kantung mata hitam, simak cara berikut.

1. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup memiliki efek positif bagi kesehatan. Antara lain membuat tubuh lebih sehat, menjaga berat badan, meningkatkan mood, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya ingat, itulah salah satu cara untuk meningkatkannya. 

Tidur yang cukup memastikan proses pembaruan sel kulit berjalan optimal, menjaga kulit tetap sehat dan segar. Salah satunya adalah pencegahan kantung mata menjadi hitam. Kenyataannya, durasi tidur setiap orang akan berbeda-beda dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta aktivitas fisik setiap individu. Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk tidur 6-8 jam per hari. 

Baca Juga: Begini Cara Mudah Menghilangkan Hitam di bawah Mata!

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mengasumsikan diet seimbang dan bergizi, tidur yang cukup, olahraga teratur, manajemen stres dan berhenti merokok. 

Plasthetic Clinic merekomendasikan untuk membatasi konsumsi kafein Anda dan menghindari minuman beralkohol. Ini karena keduanya menyebabkan dehidrasi yang menggelapkan area bawah mata.

3. Gunakan kompres dingin 

Kompres mata diketahui dapat mengurangi mata bengkak dan menyembunyikan lingkaran hitam. Anda dapat mengompres mata dengan kain bersih yang  direndam dalam air dingin atau dibungkus dengan es. Berikan tekanan pada mata selama 10-15 menit. 

 Selain  air dingin atau es, Anda dapat mengompres mata dengan kantong teh hijau lembab, irisan mentimun, atau masker gel  mata. 

4. Kecukupan kebutuhan cairan tubuh 

 Cairan yang cukup juga dapat mencegah terbentuknya kantung di bawah mata.  Anda juga bisa mengurangi asupan makanan olahan yang tinggi garam untuk menghindari retensi cairan.

5. Gunakan tabir surya

 Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya SPF 30 setiap hari. Menggunakan concealer yang  lebih terang dari warna kulit Anda juga dapat menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Jenis Perawatan Apa yang Cocok untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam?

Perawatan medis atau bedah mungkin diperlukan jika Anda ingin menghilangkan kantung hitam. Namun, informasi mengenai perawatan ini mungkin diperlukan demi penampilan, karena biasanya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut antara lain:

1. Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah prosedur pembedahan yang dapat dilakukan jika Anda benar-benar ingin menghilangkan kantung di bawah mata dengan cepat. Blepharoplasty dapat dilakukan di klinik kecantikan. Pada dasarnya, kantung mata ini bersifat sementara dan disertai dengan masalah kesehatan ringan. Kantung di bawah mata biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi jika bertahan selama berbulan-bulan, itu bisa tampak luar biasa. Perhatian besar harus diambil untuk menghilangkan kantung mata. 

2. Mid Cheek Lift

Merupakan tindakan operasi yang bertujuan untuk menarik kulit pada sebagian wajah, yakni area tengah pipi hingga tepat di bawah kelopak mata bagian bawah, sehingga wajah terlihat lebih kencang dan segar.

3. Laser Dark Circle

Perawatan ini berfungsi untuk menyamarkan bagian gelap pada bawah mata agar warna kulit lebih merata dan terlihat lebih sehat.

4. Filler Under Eye

Filler under eye adalah perawatan yang dapat digunakan untuk mengobati kehitaman di bawah mata dengan menyuntikan cairan asam hialuronat . Filler under eye biasanya dapat bertahan enam hingga sembilan bulan, tetapi perawatan ini tidak dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi

Nah, itulah cara-cara mencegah dan mengatasi kantung mata yang bisa Anda coba. Kalau kamu punya keluhan terhadap kantung mata, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter, ya  teman Plasthetic. Tanpa harus mengantri, kamu bisa langsung membuat janji serta bertemu dengan dokter di Plasthetic Clinic. Dengan ditangani oleh dr. Aema Yunita Amir konsultasikan permasalahan Anda terlebih dahulu agar Anda mengetahui tentang kondisi mata Anda agar mendapat hasil yang maksimal. 

Untuk informasi lainnya tentang kesehatan mata lainnya, kamu dapat datang langsung ke Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir sekarang, ya! 

Di Review oleh:

dr. Aema Yunita Amir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ini Dia Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Read More

Skin Rejuvenation: Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More

7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!