8 Penyebab Kulit Wajah Kendur yang Harus Diwaspadai

8 Penyebab Kulit Wajah Kendur yang Harus Diwaspadai

Di Tinjau oleh Dokter

Semakin kita bertambah tua, kulit kita juga akan mudah kehilangan keelastisitasnya dari waktu ke waktu. Tentu saja, kondisi ini membuat penampilan menjadi tidak terlihat menarik lagi. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Sebelum itu mari kita kenali dan cari tahu dulu apa saja penyebab kulit wajah menjadi kendur. Selain karena faktor usia, ternyata ada beberapa faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebabnya. Apa sajakah itu?

Kenali Apa Saja Penyebab Kulit Wajah menjadi Kendur?

Lantas apa saja penyebab kulit kendur? Yuk kenali penyebab kulit wajah kendur yang wajib banget kamu waspadai. Berikut penjelasannya

1. Radiasi Berlebihan dari Layar Ponsel

Dewasa kini, penggunaan smartphone sudah tidak bisa terpisahkan lagi dari segala jenis aktivitas manusia. Semua kebutuhanmu dapat diakses dengan mudah hanya melalui genggaman tangan. Kondisi inilah yang membuat kita semua menggunakan smartphone secara berlebihan. Fyi, terlalu sering menatap layar smartphone secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf tubuh dan juga kulit kita

Dirangkum dari Brightside, menurut seorang ahli bedah bernama Dr. Mervyn Patterson, penggunaan smartphone secara terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan serius pada kulit, semisal kulit wajah menjadi kendur, area dagu mengendur, dan mulai muncul keriput.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Penuaan Dini Agar Dapat Dicegah

2. Berhenti Mengonsumsi Makanan Berlemak

Orang yang sedang diet atau memantau kesehatannya sering menolak untuk mengonsumsi makanan berlemak. Namun, penolakan ini tidak selamanya baik. Menagapa? Karena beberapa asam lemak seperti Omega-3 dan Omega-6 mempertahankan elastisitas membran sel, membantu menopang sistem kekebalan tubuh dan menurut beberapa penelitian, menurunkan risiko terkena kanker.

3. Keseimbangan Hormon Rusak

Salah satu alasan utama hilangnya elastisitas kulit adalah kurangnya estrogen. Karena hormon ini dapat merangsang fibroblas dermal untuk membuat elastin dan kolagen. Akibatnya, wanita yang memiliki kadar estrogen rendah akan mengalami penuaan dini, semisal kulit wajah kendur dan muncul garis-garis halus di wajah 

Baca Juga: Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

4. Terlalu Sering Konsumsi Makanan Manis

Mengonsumsi terlalu banyak gula ternyata tidak baik untuk kesehatan karena bisa mempengaruhi elastisitas kulit, yang dapat memulai proses penuaan lebih dini. Bahkan, menurut salah satu teori populer, molekul gula yang tidak tercerna mampu menghambat kolagen dan elastin di kulit. Oleh karena itu, semakin banyak gula yang dikonsumsi dalam pola makan, maka akan berpengaruh pada keelastisitas kulit kamu juga,lho.

5. Terlalu Sering Begadang

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kulit wajah kendor dan kerutan. Pasalnya, kulit wajah dan tubuh kita secara optimal meregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri ketika malam hari. Itulah mengapa dokter kulit dan estetik menyarankan kita untuk menggunakan krim malam karena pada malam hari ini akan bekerja lebih efektif berkat sirkulasi darah yang lebih baik saat tertidur di malam hari. Saat tertidur, tubuh kita juga akan kehilangan banyak sekali cairan. Penting agar selalu menggunakan pelembab untuk mencegah kulit kering dari dehidrasi, karena bisa memicu keriput. 

6. Bertambahnya Usia

Usia merupakan salah satu faktor kulit wajah Anda menjadi kendur dan mulai banyak kerutan. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah Anda akan mulai kendur dan tidak kencang seperti dulu lagi, oleh karena untuk menjaga kulit wajah tetap kencang Anda harus membangun kebiasan sehat seperti olahraga, minum dan makanan berserat dan sebagainya.

7. Kebiasaan Merokok

Masih banyak orang yang belum menyadari sepenuhnya tentang bahaya gaya hidup satu ini. Selain memberikan dampak buruk pada kesehatan paru-paru, merokok juga dapat berpengaruh negatif pada elastisitas kulit wajah Anda. Kebiasaan merokok dapat mengurangi pigmen kulit di wajah, yang mengakibatkan kulit tampak kusam, pucat, bercak, serta munculnya garis-garis halus dan keriput. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit dan mengganggu aliran darah ke dalam kulit.

8. Paparan Sinar UV

Sinar UV memiliki kemampuan untuk menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit dan mempercepat proses penuaan kulit, sekaligus menjadi penyebab utama yang menghambat produksi kolagen dan elastin pada kulit wajah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu rutin menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap 3 sampai 4 jam, terutama ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan.

Adakah Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah kendur?

Setelah tahu mengenai penyebab kulit wajah kendur, kira-kira cara apa saja sih yang ampuh untuk mengatasi kulit wajah kendur? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Menggunakan Skincare yang Tepat!

Penggunaan produk skincare seperti krim wajah dan serum dengan kandungan retinol/vitamin C yang tinggi bisa membantu perawatan kulit dalam produksi kolagen alami. Selain itu, gel yang mengandung ekstrak lidah buaya dan peppermint dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang regenerasi sel kulit. Produk skincare dengan SPF tinggi dapat  mengurangi efek negatif paparan sinar matahari (UV) sekaligus memperlambat proses penuaan dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Baca Juga: 5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya

2. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Kulit wajah kendur dapat juga disebabkan oleh kondisi tubuh Anda yang kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi yang mana akan berpengaruh buruk terhadap kulit wajah Anda. Untuk menjaga kulit Anda sehat dan tetap kencang, Anda harus mengonsumsi air mineral yang cukup agar kulit wajah Anda tetap sehat dan jauh dari kerutan.

3. Lakukan Treatment Anti aging di Klinik kecantikan!

Lakukan perawatan wajah Skin Firm di  Plasthetic Clinic ! Treatment ini merupakan salah satu solusi anti aging yang dapat mengencangkan kulit wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Bekerja dengan teknologi RF, perawatan wajah Skin Firm dapat mengatasi masalah kulit wajah kendur secara signifikan.

Apakah Gerakan Senam Wajah Mampu Mengatasi Kulit Wajah Kendur?

Kulit wajah manusia dapat mengendur saat mengalami penuaan atau saat mengalami penurunan berat badan. Mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba banyak perawatan untuk mengencangkan kulit baik dengan cara medis ataupun dengan cara perawatan sendiri. Langkah paling sederhana yang wajib Anda coba adalah dengan melakukan senam wajah.

Wajah manusia memiliki bentuk yang berbeda, tidak seperti sebagian besar jaringan otot tubuh. Mengandung lebih dari 50 otot yang berbeda pula dan terdapat banyak otot wajah yang jarang digunakan. Senam wajah mampu membantu melancarkan sirkulasi darah Anda ke tiap daerah yang berbeda di wajah, sehingga dapat memenuhi pasokan oksigen di otot serta kulit.

Senam wajah juga dapat memperbaiki otot dan kulit yang kendur menjadi kencang kembali. Selain itu juga terdapat manfaat lain yang Anda dapat rasakan jika melakukan senam wajah, yaitu sebagai berikut:

  1. Menghilangkan garis-garis halus di wajah dan keriput
  2. Melancarkan sirkulasi darah
  3. Mampu merenggangkan otot di sekitar wajah
  4. Mencerahkan kulit wajah

Banner Plastic Aesthetic

Apa Saja Gerakan Senam Wajah yang Mudah Dilakukan?

Dalam upaya meningkatkan kekencangan kulit Anda dapat membangun kebiasaan melakukan senam wajah secara rutin baik di usia muda ataupun pada usia tua. Berikut beberapa gerakan senam wajah yang mudah dilakukan.

1. Tersenyum

Tersenyum akan membuat otot-otot di sekitar kulit Anda merenggang. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Rilekskan otot-otot di wajah Anda
  • Kembangkan senyum Anda secara perlahan dengan merenggangkan sudut bibir selama 10 detik
  • Lebarkan senyum Anda kemudian tahan kembali selama 10 detik. Kemudian senyum hingga bagian atas terlihat dan tahan lagi selama 10 detik.

2. Menahan Senyum dengan Kedua Telunjuk

Tarik senyuman dengan menggunakan jari telunjuk Anda. Letakkan jari telunjuk pada sudut bibir dan kembangkan senyum Anda, lakukan dengan rileks selama 10 detik.

3. Mengunyah

Lakukan gerakan mengunyah seolah Anda sedang mengunyah permen karet. Lakukan gerakan ini hingga 20 kali secara terus menerus.

4. Mengerutkan Pipi

Kerutkan kedua pipi hingga Anda hingga berbentuk seperti paruh. Bagi yang ingin memiliki pipi tirus, gerakan ini mampu membantu melangsingkan bentuk pipi Anda. Berikut cara-cara melakukannya:

  • Dorong dagu ke arah depan kemudian dengakan kepala Anda
  • Kerutkan pipi Anda sebanyak mungkin dan tahan selama 5 detik
  • Lakukan secara berulang hingga 10-15 kali

5. Menggembungkan pipi secara bergantian

Kembungkan pipi Anda secara bergantian, gerakan ini mampu menghilangkan kerutan di sekitar garis ketawa wajah Anda. Beriku cara melakukannya:

  • Tutup mulut Anda
  • Pindahkan udara dari pipi kanan ke pipi kiri secara bergantian
  • Ulangi selama 30 detik

6. Mengangkat tulang pipi

Gerakan mengangkat tulang pipi adalah cara yang tepat untuk kulit kencang dan tirus. Berikut cara melakukannya:

  • Tempatkan jari di setiap tulang pipi
  • Tarik ke atas secara perlahan, hingga kulit Anda terasa kencang
  • Bentuk sebuah “O” memanjang dari mulut Anda
  • Tahan gerakan selama 5 detik, kemudian lepaskan
  • Lakukan 10 -15 kali

7. Mengangkat dahi

Angkat kedua alis secara bersamaan untuk mengencangkan kulit di area dahi Anda. Berikut caranya:

  • Angkat kedua alis Anda keatas setinggi mungkin
  • Turunkan alis Anda kembali
  • Bukalah kedua mata dengan lebar
  • Ulangi selama 5-10 kali

Temukan solusi terbaik hanya di Plasthetic Clinic!

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya!

Read More

10 Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing

Read More

5 Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!