Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Di Tinjau oleh Dokter

Penuaan dini telah lama dihindari. Banyak brand yang berlomba-lomba menawarkan produk kecantikan penuaan dini atau anti aging. Tapi apa sebenarnya penuaan dini itu? Yuk simak selengkapnya!

Apa itu Penuaan Dini? 

Penuaan dini merupakan kondisi pada kulit ketika terjadi tanda-tanda penuaan kulit muncul lebih awal dari biasanya. Penuaan dini dapat terjadi saat umur biologis seseorang lebih tua daripada umur kronologisnya. 

Seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh, mulai dari pergantian sel kulit hingga pemulihan pasca-latihan, melambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi ulang. Hal ini menyisakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kelelahan. Perubahan ini terjadi lebih awal dari yang diperkirakan dan dapat mengejutkan ketika dikenal sebagai penuaan dini. 

Satu-satunya perbedaan antara penuaan normal dan penuaan dini adalah waktu. Garis-garis halus dan kerutan mulai muncul pada kebanyakan orang di usia akhir 20-an dan awal 30-an. Namun, dapat menyebabkan ketidakpercayaan diri bagi mereka yang mengalami penuaan dini. Meski tidak mungkin untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, ada cara untuk mengurangi tanda-tanda penyebab penuaan dini di tubuh Anda.

Ciri-ciri Penuaan Dini

Secara umum, ciri-ciri atau tanda penuaan dini sebetulnya mirip dengan penuaan kulit pada kondisi normal, namun terjadi jauh lebih awal.

Masing-masing orang tentunya memiliki proses penuaan yang berbeda-beda. Biasanya, seseorang dapat dikatakan mengalami penuaan dini apabila proses tersebut terjadi di bawah umur 35 tahun. Adapun beberapa ciri-ciri penuaan dini yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • Timbulnya kerutan atau keriput pada kulit.
  • Adanya bintik hitam pada kulit terutama wajah.
  • Kulit yang mulai mengendur.
  • Menipisnya lapisan kulit sehingga membuatnya terlihat sedikit transparan serta mudah lebam.
  • Kulit yang kasar dan kering ditambah rasa gatal.
  • Kulit cenderung mudah rapuh.
  • Pigmen kulit yang semakin berkurang membuat warna kulit belang.
  • Rambut lebih mudah rontok.

Baca Juga: Ini Dia Perawatan Anti-Aging Terbaik di Jakarta!

Kenapa Penuaan Dini Dapat Terjadi, Apa Penyebabnya? 

Upset woman complaining over face wrinkles, beauty and cosmetology concept

Source: freepik.com

Ada banyak kemungkinan penyebab penuaan dini pada kulit. Tetapi faktor lingkungan di sekitar Andalah yang paling mempengaruhi Anda. Segala sesuatu di sekitar kita dapat berdampak negatif, termasuk penuaan dini. Untuk melakukan ini, kita perlu mewaspadai beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Paparan Sinar Matahari

Hal pertama yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit adalah terpapar sinar matahari. Ternyata sinar matahari mengandung zat yang bisa berdampak buruk bagi kulit. Namun, beberapa orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan merasa sulit untuk menghindarinya. Karena itu, pastikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung di luar ruangan dengan tabir surya.

2. Radikal Bebas

Salah satu penyebab penuaan dini lainnya adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Beberapa hal dapat berkontribusi pada produksi radikal bebas, termasuk pencemaran lingkungan, air yang tercemar, dan faktor cuaca. Untuk menghindari penuaan dini yang disebabkan oleh hal ini, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti makan buah dan sayur. Disarankan juga untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan untuk meminimalisir masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

3. Asap Rokok

Kita semua tahu bahwa merokok adalah kebiasaan buruk dan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, asap rokok dapat mempercepat penuaan dini pada tubuh. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempengaruhi tubuh, terutama sel kulit. Lama kelamaan, sel-sel kulit menjadi lebih sulit untuk beregenerasi, sehingga membuat wajah dan kulit Anda terlihat kusam.

Baca Juga: Cara Membentuk Jawline yang Membuat Bentuk Wajah Terlihat Tegas

4. Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Kurang tidur tidak hanya buruk bagi kesehatan Anda, tetapi juga berkontribusi terhadap penuaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan gangguan tidur kronis berada pada peningkatan risiko mengembangkan kondisi kulit sehingga menjadi penyebab penuaan dini.

Selain penuaan dini, kebiasaan kurang tidur juga dapat mengganggu konsentrasi dan mengganggu produktivitas sehari-hari.

5. Pola Makan Yang Tidak Sehat

Pola makan tentunya  juga mempengaruhi kondisi kulit Anda. Contoh makanan yang dapat menyebabkan penuaan dini termasuk karbohidrat olahan seperti roti dan pasta, dan makanan tinggi gula. Kedua jenis pada konsumsi makanan tersebut akan berpotensi untuk merusak kolagen pada kulit Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membatasi konsumsi jenis makanan lain, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Tingkatkan konsumsi makanan kaya zat bergizi seperti yang mengandung vitamin C, E, dan A.

6. Faktor Genetik Orang Tua

Salah satu faktor pada penuaan dini yang tidak bisa dihindari adalah faktor genetik. Gen yang diwarisi dari orang tua dapat membuat penuaan dini menjadi tak terhindarkan. Tapi kabar baik. Jika ternyata orang tua Anda mewarisi gen awet muda, Anda pun pastinya akan mengalami hal serupa.

Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini, Apa Saja Perawatan yang Cocok? 

cara mencegah penuaan dini dengan perawatan

Source: freepik.com

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah Anda.

1. Filler

Treatment filler merupakan perawatan kulit cantik yang membuat garis senyum dan kerutan di wajah kurang terlihat dan membuat Anda terlihat lebih muda. Cocok untuk mereka yang ingin menghilangkan tanda-tanda penuaan tanpa prosedur invasif seperti bedah kosmetik tradisional/facelift,.

2. Shine Booster

Dapat bermanfaat untuk dapat menutrisi kulit serta membuat kulit lebih terlihat cerah, kenyal, dan lembab. Shine booster dapat diaplikasikan oleh semua jenis kulit dengan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Shine Rejuvenation

Shine Rejuvenation adalah teknik perawatan kecantikan yang membantu menyembunyikan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan pada wajah, menutrisi dan meremajakan kulit, menjadikannya terhidrasi dan kenyal.

Baca Juga: Laser Acne: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Faktor Risikonya

Jika Anda merasa kulit Anda menua dan kering saat Anda masih muda, sebaiknya Anda segera memeriksa diri ke dokter yang Ahli akan hal ini. Melalui Plasthetic Clinic dengan berkonsultasi bersama dr. Aema Yunita Amir, kamu dapat membicarakan untuk memecahkan permasalahanmu, lho. Tidak  perlu mengantri panjang ataupun menunggu lama langsung buat janji dengan dokter sekarang, ya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk datang ke Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir sekarang!

Di Review oleh: 

dr. Aema Yunita Amir

https://plasthetic.com/team-member/dr-aema-y-amir/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

Read More

Pahami 4 Perbedaan Filler dan Silikon dalam Dunia Kecantikan

Read More

Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!