Laser Acne: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Faktor Risikonya

Laser Acne: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Faktor Risikonya

Di Tinjau oleh Dokter

Bekas jerawat di wajah memang sangat mengganggu dan bisa merugikan kecantikan. Karena itulah banyak yang rela mengambil berbagai langkah untuk mengatasi masalah kecantikan yang satu ini. 

Dari penggunaan bahan alami hingga pengelupasan kulit dan dermabrasi. Jika metode ini tidak berhasil, laser wajah dikatakan efektif dalam menghilangkan bekas jerawat, jadi ini adalah pilihan umum bagi banyak orang. Tapi apakah itu benar? Silahkan cek penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Laser Acne untuk Wajah?

Perawatan laser bekas jerawat adalah perawatan wajah yang mempunyai tujuan untuk  mengatasi munculnya bekas pada  jerawat yang lama. Panas dari laser dapat menghilangkan lapisan atas kulit akibat bekas luka. Serta menghaluskan kulit dan membuat bekas jerawat tidak terlalu terlihat.

Baca Juga: Laser Hair Removal Harga Terjangkau, Aman, dan Berkualitas!

Apa Manfaat Melakukan Prosedur Laser Acne untuk Wajah?

Beberapa manfaat perawatan laser pada wajah adalah: 

1. Memudarkan bekas jerawat

Perawatan laser dapat menyamarkan bekas jerawat Karena sinar laser dapat mencapai pori-pori kulit wajah yang tertutup sangat dalam dan memberikan wajah yang lebih halus. Perawatan ini mengangkat sel kulit mati pada wajah. 

2. Membuat kulit wajah menjadi lebih kencang

Penyinaran laser pada wajah meningkatkan produksi kolagen pada kulit, membuat kulit pada wajah terasa lebih kencang dan halus. Metode ini disebut peremajaan kulit atau skin rejuvenation. Oleh karena itu, kerutan kulit wajah di bawah mata dan tepi bibir berkurang setelah perawatan laser.

Bagaimana Cara Melakukan Prosedur Laser Acne?

  1. Kulit di wajah harus didiagnosis oleh dokter spesialis. Diagnosis ini dimaksudkan untuk memastikan kondisi kulit. 
  2. Membersihkan kulit wajah dengan metode double cleanser. Kedua mata ditutup dengan penutup mata khusus sebelum laser wajah dimulai. 
  3. Perawatan wajah laser ketiga dimulai. Pada tahap ini, dokter terlebih dahulu melakukan tes tingakatan panas laser pada kulit wajah. Ada tingkat panas rendah, sedang dan tinggi. Jumlah panasnya disesuaikan dengan keinginan kita dan seberapa kuat kulit di wajah bereaksi terhadap sinar panas laser. 
  4. Setelah tahap laser selesai, kemudian dokter mengaplikasikan pelembab pada kulit wajah dan mencegah iritasi dan kemerahan akibat sinar UV.

Baca Juga: Kenali Serba Serbi Mengenai Otoplasty: Pengertian, Prosedur, Manfaat, dan Faktor Risikonya

Apakah Wajah Berjerawat Boleh di Laser?

Seseorang yang memiliki jerawat aktif, kulit gelap, atau kulit keriput bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan laser wajah. Walaupun sebenarnya treatment ini bisa menghilangkan jerawat.  Laser wajah membantu mengurangi lemak jenuh di wajah dan menghilangkan penyebab jerawat di wajah. Untuk itu, dipastikan anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah laser wajah adalah tindakan yang tepat untuk mengobati jerawat anda.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Adakah Faktor Risiko dari Melakukan Prosedur Laser Acne?

Meski cara ini terbukti ampuh, bukan berarti tidak memiliki efek samping. Beberapa efek samping dari metode laser antara lain yaitu banyak pasien mengalami sensasi seperti terbakar oleh sinar UV setelah beberapa jam operasi, dan juga mengalami bintik-bintik coklat yang menjadi gelap selama satu atau dua minggu. 

Namun, anda dapat mengurangi risiko efek samping dengan menggunakan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter yang berpengalaman. Plasthetic clinic merupakan solusi yang tepat untuk anda jika ingin berkonsultasi untuk masalah ini, dengan ditangani oleh dr. Susan Arlya, anda tidak perlu risau jika ingin melakukan laser acne dan menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Terakhir, Untuk menyehatkan dan mempercantik penampilan kulit, , ingatlah untuk mengikuti rutinitas produk perawatan kulit yang biasa dilakukan untuk menutrisi dan mempercantik penampilan kulit. Dan juga, hindarilah untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh sekarang juga!

Di Review oleh: 

dr. Susan Arlya

https://www.plasthetic.com/doctor/dr-susan-arlya/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

hitam-mata-2

Biaya Menghilangkan Kantung Mata yang Terjangkau dan Berkualitas!

Read More
tirus-pipi

Pipi Chubby bikin Keki? Ini dia Cara Meniruskan Pipi!

Read More
dermabrasi-adalah

Dermabrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kelebihan, dan Rekomendasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!