Berapa Biaya Pasang Kawat Gigi? Ini Rinciannya

biaya-pasang-kawat-gigi

Berapa Biaya Pasang Kawat Gigi? Ini Rinciannya

Di Tinjau oleh Dokter

Perawatan gigi dengan kawat gigi ataupun yang lebih dikenal dengan behel gigi sangat umum akhir-akhir ini. Tujuan penggunaan kawat gigi adalah untuk memperbaiki susunan gigi. Selain itu, masih banyak manfaat yang dapat didapatkan ketika Anda memutuskan untuk memakai kawat gigi ini, simak pembahasan berikut untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai kawat gigi, ya teman Plasthetic!

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memasang Kawat Gigi? 

Umumnya, anak bisa mulai memakai kawat gigi saat semua gigi susunya sudah tanggal. Anda bisa mulai menemui dokter gigi saat anak Anda berusia tujuh tahun untuk evaluasi pengereman. Namun, kunjungan dini ke dokter gigi bukan berarti anak langsung mendapatkan kawat gigi. Tujuannya untuk mengetahui masalah yang menyebabkan terjadinya deformasi gigi tersebut, sehingga dokter dapat menentukan bentuk pengobatan yang paling tepat dan efektif.
Gigi permanen biasanya tumbuh kembali sepenuhnya antara usia 8 dan 14 tahun. Dalam hal ini, kawat gigi dapat dipasang. Waktu terbaik untuk memasang behel juga bisa bergantung pada tingkat keparahan serta penyebab gigi kerusakan pada gigi tersebut.

Beberapa penyebab kawat gigi yang tumbuh ke samping, gigi tumpang tindih atau gigitan yang buruk (ukuran rahang atas serta bawah tidak sama). Dengan kata lain, sebenarnya tidak ada waktu atau usia yang tepat untuk memasang kawat gigi. Beberapa anak bahkan memakai kawat gigi pada usia 6 tahun.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Retainer Gigi, Fungsi, dan Cara Merawatnya 

Apa Saja Manfaat Memasang Kawat Gigi?

Kawat gigi  ini dapat digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah gigi serta memiliki beberapa keunggulan. Keuntungan utama menggunakan kawat gigi ini , seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Masalah ortodontik contohnya seperti gigi tidak beraturan, gigi tidak rata, plak, pola gigitan yang salah, bakteri, penyakit gusi dan lain-lain dapat diatasi dengan menggunakan kawat gigi. Kawat gigi menyelaraskan struktur gigi secara optimal, yang dapat meningkatkan kebersihan gigi.

2. Melindungi Gigi

Orang dengan pola gigitan yang tidak rata ataupun masalah ortodontik lainnya berisiko lebih tinggi mengalami efek buruk pada giginya, seperti gigi depan yang menonjol dan kerusakan gigi dini atau masalah gigi. Oleh karena itu, orang yang mengalami hal ini membutuhkan perlindungan yang kuat untuk melindungi giginya. Kawat gigi melindungi dari efek samping ini sekaligus menjaga kesehatan gigi.

3. Mengatasi Masalah Makan

Banyak orang mengalami kesulitan mengunyah ataupun menggigit makanan. Hal ini disebabkan oleh gigi yang bengkok. Jika hal ini tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi serta pencernaan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan tripod untuk mengatasi masalah makanan Anda.

4. Anda memiliki Senyum Yang Indah dan Gigi Yang Rapi

Diketahui bahwa kawat gigi dapat memperbaiki penampilan gigi. Ketika gigi yang rusak serta tidak beraturan dikoreksi, hasilnya adalah senyuman yang indah. Efek keseluruhan dari perubahan itu juga meningkatkan kepercayaan diri, ya teman Plasthetic. Sehingga, memungkinkan Anda berbicara tanpa ragu atau malu.  

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Proses Veneer Gigi Agar Gigi Tampak Berkilau, Baca Selengkapnya!

Apa Saja Jenis dan Biaya Pasang Kawat Gigi?

Berikut ini adalah beberapa jenis dan biaya pasang kawat gigi yang dilansir oleh Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Kawat Gigi Konvensional 

Behel konvensional merupakan salah satu braket konvensional yang paling umum digunakan. Behel jenis ini  dapat menggunakan klem logam atau stainless steel. Jenis brace ini biasanya digunakan untuk masalah gigi yang cukup kompleks.

Keunggulan behel ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan behel lainnya. Biaya pemasangan sekitar Rp 3-10 juta tergantung kondisi gigi untuk masa perawatan 1-3 tahun.

2. Kawat Gigi Bening atau Invisalign

Kawat gigi bening atau Invisalign kini menjadi pilihan karena lebih praktis dan tidak merusak penampilan. Kawat gigi bening berbeda dengan kawat gigi yang digunakan setelah perawatan kawat gigi.

Namun, kawat gigi jenis ini hanya digunakan untuk gigi susu dan tidak dianjurkan untuk anak yang masih memiliki banyak gigi susu. Bisa juga dilepas tapi harus dipakai kurang lebih 22 jam sehari. Biaya pemasangan behel ini sekitar Rp 13-21 juta.

3. Kawat Gigi Damon 

Kawat gigi damon adalah kawat gigi canggih yang menggunakan teknologi self-bonding. Kawat gigi jenis ini tidak memerlukan alas karet melainkan menggunakan klip untuk menahan kawat gigi pada gigi. Bahan braket bisa dari logam atau keramik, tergantung preferensi Anda.

Harga behel jenis ini memang tergolong mahal mengingat bentuknya yang lebih nyaman dan minim rasa sakit, yakni sekitar Rp 10-30 juta. 

4. Kawat Gigi Lingual

Kawat gigi lingual hampir sama dengan kawat gigi konvensional, kecuali dipasang di belakang gigi. Faktanya, jenis penyangga ini digunakan untuk memperbaiki masalah gigi tertentu yang memerlukan dorongan dari punggung.

Plus, kawat gigi lingual tidak membuat gigi Anda terlihat seperti ada celah. Oleh karena itu, harganya juga cukup mahal, yakni sekitar Rp20-75 juta.  

Banner Dentist

Bagaimana Prosedur Memasang Kawat Gigi?

Source: freepik.com

Jenis kawat gigi yang dapat digunakan disesuaikan hasil pemeriksaan gigi sebelumnya oleh dokter gigi. Proses pemasangan dudukan poros terdiri dari langkah-langkah berikut:

  1. Dokter akan memasang bracket gigi tambahan untuk permukaan luar atau dalam gigi.
  2. Kemudian, dokter akan menempatkan cincin di sekitar gigi geraham. Sebelum memasukkan cincin, dokter membuat ruang dengan menempatkan potongan karet yang sangat kecil di antara gigi geraham. Dokter kemudian menempelkan tabung khusus pada cincin pipi terakhir untuk mengunci ujung kawat gigi.
  3. Pemasangan kabel fleksibel yang menghubungkan setiap braket dan ring penahan untuk mengontrol pergerakan gigi.
  4. Dokter akan mulai memasang aksesori, seperti karet gelang atau ikat kepala, untuk menjaga gigi tetap pada posisi yang benar dan membantu perpindahan gigi.  

Baca Juga: Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi yang Jarang Orang Ketahui

Rekomendasi Perawatan Gigi Terbaik di Plasthetic

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan gigi yang dapat kamu lakukan di Plasthetic Clinic:

1. Tambal Gigi

Perawatan tambal gigi ini ditujukan untuk dapat mengembalikan bentuk serta fungsi gigi berlubang atau gigi yang rusak kembali pada keadaan semula dengan mengaplikasikan bahan porselen atau komposit pada gigi yang berlubang.

2. Behel Gigi

Behel gigi merupakan prosedur memasang alat bantu untuk dapat memperbaiki susunan gigi yang berantakan. 

3. Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur yang berfungsi untuk dapat membersihkan plak serta karang pada gigi, Prosedur  scaling gigi ini wajib dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali untuk dapat mencegah kerusakan gigi serta gusi.

4. Konsultasi  Permasalahan Gigi

Di Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh sendiri, dipastikan Anda juga dapat melakukan konsultasi permasalahan gigi bersama dokter kami, ya teman Plasthetic. Konsultasi permasalahan gigi ini dilakukan agar Anda mengetahui serta mendapatkan jawaban yang tepat mengenai permasalahan yang terjadi pada gigi Anda.

Nah, itu dia penjelasan mengenai biaya pasang kawat gigi oleh dokter ya teman Plasthetic. Jika masih ada pertanyaan yang Anda ingin ditanyakan, Anda dapat langsung mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh, di alamat Jalan. Dr. Mr. Mohd Hasan No.55, Batoh, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 atau Anda dapat menghubungi nomor 0812-1818-0678 untuk melakukan reservasi konsultasi ataupun perawatan lainnya. Yuk segera jadwalkan kedatangan Anda sekarang di Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh sekarang!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

forehead augmentation adalah

Apa Itu Forehead Augmentation? Semua yang Perlu Anda Tahu

Read More
chin-liposuction

Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Read More
cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-saat-puasa

8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Saat Puasa dengan Mudah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!