Cari Tahu Penyebab Wajah Tidak Simetris dan Cara Membuatnya Lebih Ideal

penyebab-wajah-tidak-simetris

Cari Tahu Penyebab Wajah Tidak Simetris dan Cara Membuatnya Lebih Ideal

Di Tinjau oleh Dokter

Jika Anda bercermin, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa proporsi wajah Anda tidak simetris. Misalnya, mata tampak asimetris atau pipi kiri tampak lebih besar dari sisi lainnya. Beberapa orang terlahir dengan asimetri wajah. Namun, ketika asimetri wajah terlihat jelas, hal itu dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Lalu apa penyebab wajah asimetris? Bagaimana cara memperbaiki wajah asimetris? Simak selengkapnya disini!

Apa Saja Ciri-Ciri Wajah Tidak Simetris?

Berikut ini adalah ciri-ciri wajah tidak simetris yang perlu Anda ketahui secara umum. Namun, perlu diingat bahwa ketidaksimetrisan wajah ini kembali lagi kepada opini pribadi.

1. Perbedaan Proporsi Wajah Kanan dan Kiri

Jika Anda memiliki wajah yang tidak simetris tentunya ini akan sangat terlihat perbedaan wajah antara sisi kanan dan kiri, khususnya ketika Anda sedang bercermin.

2. Merasa Tidak Nyaman

Kebanyakan orang yang memiliki wajah yang tidak simetris merasa tidak nyaman dengan penampilan wajahnya, mereka yang tidak berwajah simetris cenderung lebih tidak percaya diri akan penampilan mereka sehari-hari.

Baca Juga: 6 Penyebab Alis Tidak Simetris serta Cara Memperbaikinya

Apa Saja Penyebab Wajah Tidak Simetris? 

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang telah dirangkum oleh Plasthetic Clinic yang dapat menyebabkan ketidaksimetrisan pada wajah seseorang.

1. Faktor Keturunan

Terkadang wajah asimetris juga bisa bersifat genetik. Jika seseorang di keluarga Anda memiliki wajah asimetris atau muka tidak simetris, kemungkinan besar Anda juga memilikinya.

2. Penuaan Wajah

Menurut Journal of American Society of Plastic Surgeons, wajah Anda menjadi asimetris seiring bertambahnya usia. Tulang berhenti tumbuh selama pubertas. Namun, ini tidak berlaku untuk tulang rawan. Dalam prakteknya, telinga dan hidung terus tumbuh, sehingga bentuk wajah berubah.

3. Kebiasaan Mengunyah Satu Sisi

Apakah Anda cenderung mengunyah makanan hanya pada salah satu sisi wajah? Kalau iya, ini bisa jadi salah satu penyebab Anda memiliki wajah tidak simetris! Postur tubuh yang buruk dan sering mengistirahatkan dagu juga dapat menyebabkan wajah asimetris.

4. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab bentuk wajah tidak simetris. Pada umumnya kerusakan akibat paparan sinar matahari seperti freckles, flek dan tanda lahir jarang muncul secara merata pada wajah. Bagaimanapun, itu hanya mempengaruhi satu sisi wajah. 

5. Cedera

Trauma atau cedera pada wajah dapat menyebabkan asimetri wajah. Cedera seperti hidung patah, luka dalam atau kecelakaan mobil dapat membuat wajah keluar garis.

6. Perubahan Struktur Gigi

Perubahan struktur gigi dapat dibalik dengan memakai gigi palsu, mengaplikasikan veneer atau mencabut gigi. Hal ini dapat menyebabkan wajah yang asimetris.

7. Bell’s Palsy

Bell’s palsy adalah kondisi dimana saraf wajah mengalami kelumpuhan, menyebabkan ketidakmampuan sisi wajah tertentu untuk bergerak atau terasa terkulai. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui secara pasti, Bell’s palsy seringkali terkait dengan trauma, infeksi virus, atau kerusakan pada saraf wajah.

8. Stroke

Wajah yang tidak simetris juga dapat dipicu oleh stroke. Penurunan aliran darah ke otak dapat mengakibatkan kelumpuhan atau stroke, yang pada gilirannya dapat menyebabkan ketidaksimetrisan pada wajah. Jika Anda mengalami perubahan tiba-tiba pada wajah saat tersenyum, seperti ketidakrataan atau mati rasa pada salah satu sisi, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

9. Kebiasaan Merokok

Merokok mengakibatkan paparan zat-zat beracun pada wajah. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery, merokok diyakini berkontribusi terhadap terjadinya ketidaksimetrisan pada wajah.

Baca Juga: Acne Prone Skin Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

BS

Bagaimana Cara Membuat Wajah Terlihat Simetris?

Wajah asimetris tidak memerlukan penanganan khusus jika memang faktor keturunan atau bukan kondisi yang berbahaya. Bila masalah ini disebabkan oleh beberapa penyakit, Anda perlu minum obat untuk mengobati penyakit yang mendasarinya. Ada beberapa perawatan kecantikan yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki wajah asimetris, antara lain:

1. Latihan Gerakan Wajah

Ada beberapa cara yang dianjurkan, dimulai dengan cara alami, salah satunya senam wajah. Kebiasaan alami ini terdiri dari gerakan berulang dan ekspresi berlebihan untuk mengaktifkan dan membangun otot.

2. Pijat Wajah

Penuaan pada wajah disebabkan oleh hilangnya elastisitas dan perpindahan timbunan lemak secara bertahap antara otot dan kulit. Kulit ini cenderung meluncur ke bawah dari waktu ke waktu. Untuk itu Anda dapat melakukan pijat wajah ini untuk dapat mengurangi penuaan dan membuat wajah Anda menjadi simetris, lho teman Plasthetic.

3. Mengedipkan Salah Satu Mata

Latihan ini dapat mengedipkan salah satu mata bawah dan pipi atas. Anda hanya perlu mengedipkan sebagian sebanyak 50 kali. Tahan setiap kedipan selama 1 detik.

4. Peregangan Wajah

Melakukan peregangan wajah adalah salah satu cara alami untuk membuat wajah Anda simetris. Caranya juga cukup sederhana, yang harus Anda lakukan adalah menggambar wajah Anda. Kemudian tarik kulit di bawah bibir atas hingga menutupi bibir bawah. Tersenyumlah lebar dengan wajah yang masih dalam keadaan memanjang.

5. Kunjungi Klinik Kecantikan

Mengunjungi klinik kecantikan tentunya merupakan jawaban yang tepat dari permasalahan Anda untuk mendapatkan wajah simetris, lho. Dengan mengunjungi klinik kecantikan Anda akan dapat berkonsultasi dengan dokter serta mendapatkan treatment yang tepat untuk permasalahan Anda.

Baca Juga: Mengenal Tren Kecantikan Wajah V-Shape Ala Idol K-Pop Yang Menjadi Incaran Banyak Orang

Rekomendasi Perawatan untuk Membuat Wajah Simetris di Plasthetic 

rekomendasi perawatan wajah agar terlihat lebih simetris

Source: freepik.com

Padahal, wajah asimetris akibat faktor genetik atau penuaan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, beberapa orang merasa minder dan mencari cara untuk membuat wajahnya simetris. Berikut ini Plasthetic Clinic merekomendasikan perawatan khusus untuk Anda untuk mempunyai wajah yang simetris, yaitu:

1. Botox

Botox bekerja dengan neurotoksin yang memblokir sinyal dari otak yang terlibat dalam kontraksi otot, sehingga mengendurkan otot di area kulit yang diinginkan, seperti area wajah dan kulit. Saat otot kulit mengendur, permukaan kulit terlihat lebih halus dan kencang.

2. Buccal Fat Removal

Buccal fat removal atau bichectomy (buccal lipectomy), juga dikenal sebagai pengecilan pipi tembam, adalah prosedur operasi plastik kosmetik untuk menghilangkan kelebihan lemak pipi dan mengurangi volume wajah agar terlihat lebih tirus, dilakukan oleh ahli bedah plastik. Mulut adalah kumpulan lemak bulat yang terletak di tengah pipi di antara otot-otot wajah di area cekung di bawah pipi. Bantalan pipi biasanya disebabkan oleh obesitas atau genetik pada keluarga dengan pipi bulat, sehingga ukurannya berbeda-beda pada setiap orang.

Itulah berbagai faktor yang dapat menyebabkan wajah menjadi asimetris. Jika saat bercermin Anda merasa wajah Anda asimetris dan asimetris terlihat jelas, segera periksakan kondisi Anda. Karena wajah asimetris tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, tapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu.

Nah, melalui Plasthetic Clinic, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk dapat memeriksa kondisi Kesehatan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga! 

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

close-up-of-female-patient-receiving-a-botox-injection-on-face

Operasi Kelopak Mata: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Rekomendasinya

Read More
cara-menghilangkan-kelopak-mata-terlipat

Cari Tahu 5 Cara Menghilangkan Kelopak Mata Terlipat

Read More
pantangan setelah tambal gigi permanen

5 Pantangan Setelah Tambal Gigi Permanen yang Harus Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!