Mengenal Laser Face Brightening, Manfaat, dan Prosedurnya

laser face brightening

Mengenal Laser Face Brightening, Manfaat, dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Di era modern ini, kemajuan dalam teknologi telah memberikan solusi untuk berbagai masalah perawatan kulit, salah satunya adalah metode perawatan wajah menggunakan teknik laser face brightening. Prosedur ini telah menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang menginginkan kulit wajah yang lebih cerah dan merata. 

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan laser face brightening, manfaatnya, langkah-langkah prosedurnya, serta potensi risiko dan efek samping yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Laser Face Brightening?

Laser face brightening merupakan tindakan kosmetik non-invasif yang memanfaatkan teknologi laser untuk membantu individu dalam mencapai kulit wajah yang cerah dan bersinar. Metode ini bekerja dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi hiperpigmentasi, dan merangsang pembentukan kolagen yang baru. Dengan demikian, lapisan kulit wajah yang lebih sehat dapat muncul, menghasilkan efek pencerahan kulit dan meratakan warna kulit.

Apa Saja Manfaat Laser Face Brightening?

Melakukan perawatan laser face brightening dapat menghadirkan sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit wajah Anda. Berikut adalah beberapa manfaat laser face brightening yang dapat Anda ketahui. 

1. Meratakan Warna Kulit

Salah satu manfaat utama dari perawatan laser face brightening adalah kemampuannya dalam menyamakan warna kulit. Proses ini efektif dalam mengatasi perbedaan warna kulit yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi, termasuk noda gelap dan bekas jerawat. Selama prosedur, teknologi laser akan bekerja untuk mengurangi hiperpigmentasi yang berlebihan dan meratakan warna kulit, sehingga memberikan tampilan kulit wajah yang lebih seragam.

2. Mengurangi Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus, garis-garis wajah, dan penurunan tingkat elastisitas kulit menjadi lebih terlihat. Laser face brightening memiliki manfaat dalam merangsang produksi kolagen dan elastin, dua protein krusial yang memainkan peran penting dalam menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Dengan demikian, perawatan ini mampu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan, memberikan kulit yang tampak lebih muda dan segar.

Baca Juga: 6 Pantangan Setelah Laser Wajah yang Harus Anda Pahami

3. Membuat Kulit Lebih Cerah dan Bersinar

Perawatan laser face brightening tidak hanya bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit tertentu, melainkan juga memberikan efek keseluruhan yang meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih cerah dan bersinar. Dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, laser face brightening mampu meningkatkan vitalitas dan kecerahan kulit wajah secara keseluruhan. 

4. Memperbaiki Tekstur Kulit

Tekstur kulit yang tidak rata, pori-pori wajah yang membesar, dan permukaan kulit yang kasar dapat diatasi melalui perawatan laser face brightening. Teknologi laser ini mampu memperbaiki tekstur kulit dengan meratakan permukaan kulit dan mengurangi tampilan pori-pori yang besar. Hasilnya, kulit wajah Anda akan terasa lebih halus, lembut, dan tampak lebih bercahaya.

Bagaimana Prosedur Laser Face Brightening?

Sebelum menjalani perawatan laser face brightening, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau profesional kecantikan. Tujuan dari konsultasi ini adalah untuk menentukan jenis perawatan yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

Perawatan laser face brightening sendiri umumnya terbagi menjadi dua jenis prosedur, berikut di antaranya. 

1. Laser Ablatif

Laser ablatif merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang bersifat invasif, dengan memanfaatkan laser erbium atau karbon dioksida (CO2) untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. 

Karena termasuk perawatan yang bersifat invasif, sebelum menjalani jenis perawatan ini, dokter akan mengoleskan krim anestesi terlebih dahulu pada kulit wajah pasien untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. 

Waktu pemulihan setelah perawatan laser ablatif ini umumnya lebih lama, berkisar antara 7 hingga 30 hari. Selain itu, pasien dapat mengalami kemerahan, pembengkakan, dan pengelupasan kulit sebagai bagian dari proses penyembuhan. 

Selama masa pemulihan, pasien akan diberikan obat atau krim khusus untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah infeksi pasca-prosedur. 

Baca Juga: Laser Resurfacing: Jenis, Manfaat, Risiko, serta Prosedurnya

2. Laser Nonablatif

Jika laser ablatif bekerja pada permukaan kulit wajah, sebaliknya, laser nonablatif merupakan salah satu jenis perawatan laser yang bekerja di bawah permukaan kulit dengan memanfaatkan energi panas untuk merangsang pembentukan kolagen baru. 

Perawatan laser nonabalatif ini umumnya tidak bersentuhan secara langsung dengan lapisan terluar kulit, sehingga proses pemulihannya cenderung lebih cepat dan tidak memerlukan penggunaan salep khusus seperti yang dibutuhkan pada jenis perawatan laser ablatif. 

Banner Plasthetic Aesthetic

Apa Saja Risiko Efek Samping Laser Face Brightening?

Meskipun perawatan ini relatif aman, namun tetap terdapat beberapa risiko dan efek samping yang mungkin terjadi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kemunculan jerawat
  • Infeksi pada kulit
  • Kulit wajah mengalami kekeringan
  • Pembengkakan, rasa gatal, dan kemerahan
  • Sensasi terbakar pada kulit wajah
  • Kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari
  • Perubahan pada pigmen kulit, terutama jika perawatan laser tidak sesuai dengan jenis kulit wajah

Laser face brightening merupakan tindakan inovatif yang dapat membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah dan memberikan kulit wajah Anda tampil lebih cerah dan bercahaya.

Perawatan laser face brightening sendiri bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic melalui beberapa pilihan perawatan berikut ini.

1. Laser Rejuvenation

Laser Rejuvenation atau Laser Rejuve merupakan jenis perawatan yang memanfaatkan teknologi sinar laser untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit wajah. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan di wajah, meremajakan kulit, serta menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Hasil dari perawatan ini adalah kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah, bersih, dan tanda-tanda penuaan menjadi lebih berkurang. 

Baca Juga: Perawatan Laser Bibir Hitam, Manfaat, dan Efek Sampingnya

2. Laser CO2 / Fraksional

Laser CO2 atau Fraksional adalah jenis perawatan laser ablatif yang terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah, termasuk memperbaiki kerusakan tekstur kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat atau bopeng. Selain itu, perawatan ini juga dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan di sekitar mata, mengurangi ukuran pori-pori kulit, memberikan efek peremajaan pada kulit wajah, mengatasi masalah hiperpigmentasi, serta mengatasi masalah kulit berjerawat. 

3. IPL

Tidak seperti dua perawatan sebelumnya, perawatan IPL (Intense Pulse Light) tidak menggunakan laser, melainkan menggunakan cahaya berintensitas tinggi yang dituju ke dalam dermis (lapisan kulit kedua), tanpa merusak epidermis (lapisan atas kulit). Perawatan ini memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah dengan cara yang minimal invasif dan proses pemulihan yang lebih singkat.

Sebelum memutuskan untuk menjalani perawatan-perawatan tersebut, sangat penting untuk menjalani konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Tujuan dari proses konsultasi ini adalah untuk memastikan Anda menerima perawatan yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

Selain itu, melalui konsultasi ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan seputar segala masalah kulit yang Anda khawatirkan serta mendiskusikan potensi risiko dan efek samping yang mungkin terjadi pasca-perawatan.

Agar lebih mudah menjalani konsultasi, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Kami harap informasi mengenai laser face brightening di atas memberikan manfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Cinantya Sistha

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

serum-untuk-mengencangkan-kulit-wajah

Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Read More
berapa-biaya-operasi-blepharoplasty

Berapa Biaya Operasi Blepharoplasty? Ini Rincian Harganya!

Read More
efek-samping-bleaching-gigi

Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!