Bagaimana Cara Agar Pipi Tidak Kempot? Coba 6 Treatment Ini

bagaimana cara agar pipi tidak kempot?

Bagaimana Cara Agar Pipi Tidak Kempot? Coba 6 Treatment Ini

Di Tinjau oleh Dokter

Seiring bertambahnya usia, wajah Anda akan berubah secara signifikan yang diakibatkan oleh proses penuaan. Pada usia tiga puluhan, lemak yang terdapat di bawah kulit cenderung akan berkurang, sehingga membuat wajah tampak lebih ramping dan kempot. Selain itu, hilangnya lemak di wajah juga diiringi dengan penurunan kualitas kolagen. Kondisi pipi yang kempot atau kendur tentu bisa memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Lalu, bagaimana cara agar pipi tidak kempot? Untuk mengetahui cara-cara tersebut, mari kita simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini. 

Apa Saja Penyebab Pipi Kempot?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara agar pipi tidak kempot, Anda perlu memahami faktor apa saja yang bisa menyebabkan pipi menjadi kempot, berikut di antaranya. 

1. Kehilangan Kolagen dan Elastin

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dan elastin di dalam tubuh akan mengalami penurunan, terutama pada tulang pipi dan area bawah garis rahang. Kolagen sendiri merupakan sebuah protein yang memberikan struktur pada jaringan ikat dalam tubuh. Sedangkan, elastin merupakan protein lain di jaringan ikat yang dapat memungkinkan kulit untuk kembali ke bentuk semula setelah diregangkan. Akibat penurunan kolagen dan elastin, kulit wajah Anda akan mengalami kehilangan kekencangan dan elastisitas.

2. Genetik

Faktor genetik memiliki peranan yang penting dalam menentukan apakah seseorang memiliki pipi yang kempot atau tidak. Dalam beberapa kasus, akan terdapat individu yang secara alami memiliki kulit yang lebih kendur, atau kecenderungan untuk mengalami pipi kempot pada usia muda. 

Selain itu, tingkat kolagen dan elastin di dalam kulit juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Genetika yang terdapat didalam tubuh seseorang akan memengaruhi matriks ekstraseluler, yang pada gilirannya menentukan jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh dan kualitas kolagen yang dihasilkan.

3. Gaya Hidup dan Kondisi Lingkungan

Gaya hidup dan kondisi lingkungan juga bisa menjadi penyebab pipi menjadi kendur dan kempot. Hal-hal yang memengaruhi termasuk seringnya membuat ekspresi wajah tertentu yang dapat mengendurkan kulit wajah atau leher, perubahan berat badan yang signifikan sehingga kulit meregang dan kemudian mengendur saat berat badan turun, serta paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet dari matahari yang dapat merusak kolagen di kulit. 

Selain itu, kebiasaan merokok juga berdampak negatif pada kolagen dan elastin, serta menyebabkan penyempitan arteri darah yang menghambat aliran darah dan vitamin yang penting untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Operasi Lesung Pipi: Pengertian, Prosedur, dan Risikonya

Bagaimana Cara Agar Pipi Tidak Kempot?

Lalu, bagaimana cara agar pipi tidak kempot? Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko atau memperbaiki kondisi pipi kempot, berikut di antaranya. 

1. Latihan Wajah 

Latihan wajah menjadi salah satu cara yang terbukti efektif dalam merekonstruksi tulang dan memperbaiki struktur wajah. Salah satu teknik latihan wajah yang populer adalah “mewing,” yang diperkenalkan oleh seorang ortodontis dari Inggris. Teknik ini melibatkan penekanan lidah ke langit-langit mulut sebagai cara untuk memperkuat rahang dan menjaga kulit pipi tetap kencang.

2. Perawatan Rumahan

Selain melakukan latihan wajah, Anda juga bisa menggabungkan latihan wajah dengan rutinitas perawatan sederhana di rumah. Cara satu ini dinilai menjadi salah satu cara yang efektif dalam menangani masalah pipi yang kempot. Untuk melakukan langkah ini, Anda dapat memulainya dengan menggunakan pembersih wajah yang lebih efektif, yang diikuti dengan penggunaan bahan-bahan yang mengandung pelembap seperti berikut ini.

  • Madu
  • Minyak kelapa
  • Jus jeruk
  • Suplemen lidah buaya
  • Beta karoten dan vitamin A

3. Masker Wajah Alami

Penggunaan masker wajah alami sudah lama menjadi bagian dari perawatan kulit. Salah satu masker alami yang paling efektif adalah dengan menggunakan ekstra jus mentimun. Penggunaannya pun mudah, yaitu dengan mengaplikasikan jus mentimun ke seluruh wajah atau meletakkan irisan mentimun segar untuk merasakan manfaatnya,

Selain itu, jus lidah buaya juga terkenal dengan efek pengencangan kulit yang instan. Anda dapat membuat berbagai resep masker wajah di rumah menggunakan bahan-bahan makanan segar dan minyak esensial, yang akan membantu meremajakan kulit wajah Anda.

4. Hidrasi dan Nutrisi yang Tepat

Memastikan asupan air yang cukup dan nutrisi yang seimbang adalah kunci yang penting dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk menerapkan metode ini, Anda hanya perlu mengonsumsi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, di antaranya seperti vitamin C, E dan asam lemak omega-3.

5. Perawatan Kulit Rutin

Melakukan perawatan kulit secara rutin, termasuk menggunakan krim anti aging, serum, dan perlindungan terhadap sinar UV, dapat membantu menjaga tingkat elastisitas kulit wajah Anda. 

6. Perawatan Medis

Melakukan tindakan medis seperti terapi laser, penggunaan filler, dan terapi radiofrekuensi juga bisa menjadi cara alternatif yang dapat Anda lakukan dalam mengembalikan volume pada pipi. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen di Klinik Kecantikan Kecantikan?

Banner Plastic Surgeon

Rekomendasi Operasi Mengatasi Pipi Kempot dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Operasi Mengatasi Pipi Kempot
Source: envanto.com

Selain melakukan beberapa cara agar pipi tidak kempot di atas, Anda juga bisa melakukan tindakan medis untuk solusi jangka panjang. Plasthetic Clinic menawarkan prosedur bedah seperti Fat Transfer bagian pipi yang efektif dalam mengatasi kondisi pipi yang kempot. 

Fat Transfer bagian pipi sendiri merupakan prosedur bedah yang melibatkan pengambilan lemak dari bagian tubuh lain dan menyuntikkannya ke area pipi untuk menciptakan tampilan yang lebih penuh dan kencang. Prosedur Fat Transfer bagian pipi dianggap aman dan dapat memberikan hasil yang alami. 

Baca Juga: Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

Melakukan prosedur bedah, seperti Fat Transfer bagian pipi tentu akan membutuhkan pertimbangan matang dan diperlukan proses konsultasi dengan dokter yang sudah ahli dibidangnya. Plasthetic Clinic menyediakan layanan konsultasi guna membantu Anda dalam memahami prosedur bedah yang akan dijalani serta untuk menentukan apakah prosedur tersebut adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Untuk konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic yang berada di beberapa kota di Indonesia, seperti Bendungan Hilir, Alam Sutera, Semarang, dan Banda Aceh. Plasthetic Clinic juga menawarkan konsultasi online untuk kemudahan Anda, yang dapat diakses dengan menghubungi tim kami di sini.

Semoga informasi mengenai bagaimana cara agar pipi tidak kempot di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr. Nandya Titania P., Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

suntik-jerawat-1

Suntik Menghilangkan Jerawat, Aman dan Ampuh!

Read More
arm-lift-brachioplasty

Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More
cara mengatasi mata sayu

6 Cara Mengatasi Mata Sayu agar Tampak Lebih Segar

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!