Mengenal 9 Standar Kecantikan Korea Selatan

standar kecantikan korea selatan

Mengenal 9 Standar Kecantikan Korea Selatan

Di Tinjau oleh Dokter

Kecantikan ala Korea Selatan telah menjadi fenomena yang dikenal secara global dalam beberapa tahun terakhir. Ciri khas seperti kulit yang putih bersih, mata yang besar, hidung yang mancung, dan wajah yang kecil sering dianggap sebagai standar kecantikan Korea Selatan. Namun, standar ini tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk budaya, tradisi, dan pengaruh-pengaruh modern. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang standar kecantikan yang ada di masyarakat Korea Selatan yang telah mendunia.

Apa Saja Standar Kecantikan Korea Selatan?

Korea Selatan, negara yang dikenal dengan demam Hallyu, telah menciptakan standar kecantikan yang unik dan khusus yang tidak hanya diidolakan oleh masyarakatnya sendiri tetapi juga oleh banyak orang di seluruh dunia. Standar kecantikan ini meliputi berbagai aspek, mulai dari warna kulit hingga bentuk tubuh. Berikut adalah beberapa standar kecantikan Korea Selatan yang dapat Anda ketahui.

1. Kulit Putih Pucat

Salah satu standar kecantikan yang sangat menonjol di Korea Selatan adalah memiliki kulit yang putih dan bersih. Kulit yang putih sering dianggap sebagai simbol kemurnian dan keindahan, sehingga banyak orang Korea menginvestasikan waktu dan uang dalam perawatan kulit untuk menjaga kulit mereka tetap cerah dan tanpa noda.

2. Kulit Sehat dan Bersih

Bukan hanya warna kulit yang cerah, tetapi kulit yang sehat dan bersih juga merupakan komponen penting dari standar kecantikan di Korea Selatan. Ini termasuk kulit yang terhidrasi dengan baik, bebas dari jerawat, dan memiliki tekstur yang lembut dan halus.

Baca Juga: 5 Operasi Plastik Populer di Korea Selatan yang Digemari di Indonesia

3. Wajah Kecil

Wajah yang kecil dan proporsional dianggap sebagai bentuk wajah yang ideal. Standar ini mencakup wajah yang simetris dengan fitur wajah yang seimbang, sehingga memberikan kesan yang muda dan segar.

4. Rahang Berbentuk V

Bentuk rahang yang ramping dan memiliki kontur berbentuk V sangat diidamkan di Korea Selatan. Sebab, rahang yang ramping dapat memberikan kesan wajah yang lebih langsing dan feminin, yang dianggap sangat menawan.

5. Hidung Kecil dan Runcing

Memiliki hidung yang kecil, runcing, dan memiliki batang hidung yang tinggi merupakan salah satu standar kecantikan yang sangat dihargai di Korea Selatan. Banyak orang Korea yang menggunakan trik makeup untuk menonjolkan bentuk hidungnya atau bahkan memutuskan untuk menjalani operasi plastik untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Operasi Double Eyelid: Pengertian, Prosedur, dan Risikonya

6. Kelopak Mata Ganda

Mata yang besar dengan kelopak mata ganda dianggap menambah kecantikan pada wajah seseorang. Ini merupakan salah satu alasan mengapa operasi kelopak mata, atau blepharoplasty, sangat populer di Korea Selatan.

7. Bibir Kecil Berisi

Perempuan Korea sangat menyukai bentuk bibir yang kecil namun tetap berisi, dengan bibir bagian bawah yang lebih penuh dibandingkan dengan bibir atas. Standar kecantikan ini semakin populer di kalangan wanita, terutama karena sering digambarkan oleh para selebriti Korea. Warna bibir yang natural namun terlihat segar juga termasuk dalam standar kecantikan ini.

8. Tubuh Langsing

Bentuk tubuh yang ramping dan langsing dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal. Standar ini mencerminkan gaya hidup yang sehat dan aktif, dan banyak orang Korea mempertahankan berat badan mereka dengan mengikuti diet dan melakukan olahraga.

Baca Juga: 4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

9. Kaki Jenjang

Selain memiliki wajah yang kecil dan tubuh yang ramping serta langsing, memiliki kaki yang panjang juga merupakan aspek yang sangat diidamkan oleh masyarakat Korea Selatan. Mereka menganggap bahwa kaki seharusnya lebih panjang dibandingkan dengan bagian tubuh atas. Bahkan, masyarakat Korea memiliki  istilah “8-headed body figure“, yang berarti panjang wajah yang dikalikan dengan delapan harus sama dengan tinggi total tubuh. 

Meskipun beberapa standar kecantikan ini membawa dampak positif seperti mendorong perawatan diri dan penampilan, terdapat pula dampak negatif seperti tekanan sosial dan masalah kesehatan mental. Banyak warga Korea Selatan yang mengalami penurunan rasa percaya diri akibat standar-standar ini, yang dapat mengakibatkan depresi, kecemasan, hingga gangguan makan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali dampak negatif tersebut dan mendorong penerimaan terhadap keberagaman dan inklusi dalam standar kecantikan.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Standar Kecantikan Korea Selatan dari Plasthetic

Industri kecantikan Korea Selatan memang terkenal dengan standar estetikanya yang tinggi dan telah berhasil mendorong banyak individu untuk melakukan berbagai perawatan estetika demi mempertahankan penampilannya. Dalam usaha mencapai standar kecantikan yang berlaku di negara tersebut, banyak masyarakat Korea Selatan yang menjalani berbagai jenis perawatan untuk memenuhi standar-standar kecantikan yang ada di negara mereka.

Berikut ini adalah beberapa jenis perawatan atau prosedur bedah yang biasa dilakukan oleh masyarakat Korea Selatan untuk mencapai standar kecantikan Korea Selatan, seperti yang ada di Plasthetic Clinic.

1. Rhinoplasty

Rhinoplasty merupakan salah satu prosedur bedah yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk dan fungsi hidung. Standar kecantikan Korea Selatan seringkali mengaitkan kecantikan dengan hidung yang kecil, runcing, dan memiliki batang hidung yang tinggi. Prosedur ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik tergantung pada hasil yang diinginkan dan kondisi awal hidung pasien. Selain untuk meningkatkan tampilan estetika, rhinoplasty juga bisa membantu mengatasi masalah pernapasan akibat dari kelainan struktural pada hidung baik karena variasi genetik maupun karena trauma.

2. Blepharoplasty

Blepharoplasty, atau operasi kelopak mata, merupakan prosedur bedah yang ditujukan untuk memperbaiki bentuk kelopak mata. Dalam dunia kecantikan Korea Selatan, prosedur ini sering dilakukan untuk menciptakan kelopak mata ganda, fitur yang dianggap menambah estetika pada mata, membuatnya tampak lebih besar dan ekspresif. Selain untuk peningkatan estetika, operasi ini juga ditujukan untuk mengatasi masalah ptosis, yaitu kondisi di mana kelopak mata menurun yang bisa mengganggu penglihatan.

Dalam mencapai standar kecantikan, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki keunikannya tersendiri dan kecantikan sejati berasal dari kepuasan diri serta kesehatan tubuh yang baik. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjalani salah satu prosedur bedah yang bertujuan untuk mencapai standar kecantikan Korea Selatan, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait agar menghindari hasil yang tidak diinginkan.

Sebab, setiap prosedur bedah memiliki risiko dan efek sampingnya tersendiri, sehingga melakukan konsultasi menjadi langkah yang penting untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan. Selain itu, proses konsultasi juga dapat membantu dokter yang bersangkutan untuk menilai apakah Anda adalah kandidat yang sesuai untuk menjalani prosedur tersebut, karena tidak semua pasien cocok dengan prosedur yang mereka inginkan. Oleh karena itu, berkonsultasi menjadi langkah yang sangat penting.

Untuk melakukan konsultasi secara mudah, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau langsung menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai standar kecantikan Korea Selatan di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Tasya Anggrahita, Sp.B.P.R.E., Subsp.E.L.,(K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Rahasia Cara Mengecilkan Payudara Pria Secara Alami dan Efektif

Read More
penyebab-penuaan-dini

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More
ciri-infeksi-setelah-cabut-gigi

8 Ciri-Ciri Infeksi Setelah Cabut Gigi dan Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!