Tummy Tuck Adalah: Kriteria, Prosedur dan Efek Sampingnya

tummy-tuck-jpg

Tummy Tuck Adalah: Kriteria, Prosedur dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Sebagai seorang wanita, seringkali kita merasa tidak suka dengan memiliki kondisi fisik yang kita, terutama pada area perut. Apalagi bagi wanita yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, banyak yang merasakan kalau mereka seperti kelebihan berat badan yang terlalu banyak.

Padahal yang sebenarnya terjadi hanya karena adanya sisa-sisa kulit dan lemak di sekitar dinding perut yang membuat otot perut tidak bisa kembali kencang seperti sebelumnya. Maka dari itu, ada salah satu jenis operasi yang bernama tummy tuck.

Prosedur tindakan abdominoplasty atau dikenal juga tummy tuck adalah prosedur operasi bedah plastik. Operasi yang memakan waktu 4-6 jam ini menjadi salah satu operasi yang paling sering dilakukan oleh wanita setelah melahirkan. Alasan utamanya tentu karena adanya kulit bergelambir di bagian perut dan cukup mengganggu. Kadang kala bahkan membuat baju-baju kecil sebelum hamil menjadi tidak lagi muat dipakai. Sehingga memutuskan untuk menurunkan berat badan atau ternyata bisa langsung melakukan operasi 

Operasi tindakan Tummy Tuck  tidak harus selalu dilakukan oleh wanita setelah melahirkan saja. Tapi juga dapat dilakukan oleh pria yang memiliki perut besar. Sayangnya jika massa lemak di perut terlalu banyak, maka disarankan untuk melakukan liposuction Perut terlebih dahulu. Berikut artikel terkait tindakan tummy tuck.

Baca Juga: Mengecilkan Pipi Secara Instan dengan Buccal Fat

Banner Plastic Surgeon

Kriteria yang Dapat Melakukan Tindakan Tummy Tuck untuk Penurunan Berat Badan

Prosedur mengencangkan otot perut dengan menggunakan prosedur bedah tummy tuck tidak sama dengan prosedur mengecilkan perut, apalagi dengan prosedur menurunkan berat badan lainnya. Prosedur tindakan tummy tuck ini bekerja dengan cara membuang sisa kulit berlebih yang ada di sekitar perut, baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi kulit berlebih di daerah perut, contohnya adalah sepeerti kenaikan berat badan secara drastis akibat kehamilan, mengkonsumsi gula berlebih, dan masih banyak lagi. Operasi tummy tuck ini bisa menjadi solusi bagi kalian para wanita yang ingin menghilangkan sisa-sisa kulit berlebih di bagian perut.

Namun perlu kalian ketahui bahwa sebelum melakukan prosedur atau tindakan tummy tuck, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah kriteria prosedur tindakan tummy tuck yang harus kalian tahu:

  • Melakukan tindakan tummy tuck setelah melalui proses melahirkan
  • Melakukan tindakan tummy tuck diet ekstrem
  • Melakukan tindakan tummy tuck setelah melakukan prosedur liposuction di bagian perut
  • Apabila tidak memiliki rencana untuk memiliki anak kembali
  • Tidak menderita penyakit serius

Baca Juga: Buat Payudara Tampak Indah dengan Implan Payudara

Hal yang Harus disiapkan menjelang Operasi Tummy Tuck

Menurunkan berat badan dengan membuang sisa-sisa lemak dan kulit yang berlebih pada bagian perut melalui prosedur tummy tuck memang bukanlah sebuah keputusan yang mudah untuk dilakukan. Maka jika kamu sudah siap untuk melakukan prosedur tummy tuck, maka hal yang bisa kamu lakukan pertama kali untuk melakukan prosedur tummy tuck adalah dengan berkonsultasi dengan dokter bedah plastik.

Konsultasi dengan dokter bedah plastik untuk menurunkan berat badan dengan membuang kulit dan sisa-sisa lemak berlebih melalui prosedur tummy tuck merupakan salah satu prosedur awal yang harus dilakukan sebelum melakukan operasi di rumah sakit maupun klinik kecantikan. Nantinya dokter bedah plastik yang ada di rumah sakit atau klinik kecantikan akan menjelaskan berbagai macam hal yang berhubungan dengan prosedur tummy tuck atau pengangkatan kulit dan lemak berlebih di area perut. Kamu akan mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi sebagai pasien, serta hal apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah melakukan prosedur tummy tuck.

Baca Juga: Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

Sangat disarankan untuk melakukan semua hal yang sudah diberitahu oleh dokter bedah plastik setelah berkonsultasi. Tujuannya agar hasil pengangkatan lemak dan kulit berlebih di area perut yang didapat sesuai dengan keinginan pasien. Selain itu, ada baiknya juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum operasi, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum operasi:

  • Konsultasi dengan dokter 
  • Diskusi kan keinginan Anda dengan dokter 
  • Medical Check up
  • Berhenti merokok
  • Jaga pola makan

Prosedur Operasi Tummy Tuck

Sebelum prosedur operasi tummy tuck dilakukan, Anda perlu melakukan adanya check-up apabila Anda memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung atau diabetes. Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa operasi aman untuk dilakukan.

Apabila sudah melakukan check-up prosedur operasi pertama tentunya Anda akan diberikan bius total (anestesi umum). Kemudian dokter bedah plastik akan menyayat kulit mengikuti lipatan di bagian atas rambut kemaluan. Setelah itu, dokter akan membuka lapisan kulit serta lemak pada bagian atas fascia otot perut, mulai dari bawah hingga mendekati tulang iga dan pusar dibebaskan dari lapisan kulit serta lemak.

Selanjutnya lapisan dinding perut akan kembali diposisikan seperti semula, dan sisa kulit yang berlebih akan dibuang serta sayatan tersebut akan dijahit kembali lapis demi lapis. Sebelum kulit ditutup, bagian otot perut yang kelebihan kulit akan dijahit ke bagian tengah dan dipasang selang vacuum drain di atas rambut kemaluan sebanyak 2 buah. Prosedur tummy tuck kiranya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

Efek Samping Prosedur Bedah Tummy Tuck

Sama halnya seperti prosedur bedah pada umumnya, operasi tummy tuck juga memiliki beberapa risiko efek samping yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

  • Pendarahan.
  • Hasil operasi yang tidak simetris sehingga meninggalkan bekas operasi.
  • Adanya jaringan parut atau bekas luka permanen yang terbentuk.
  • Warna kulit berubah, terjadinya pembengkakan akibat adanya seroma, dan rasa nyeri pada bagian yang dioperasi.
  • Kerusakan atau kematian jaringan kulit di kulit perut (kemungkinan akan terjadi komplikasi yang lebih besar bagi perokok).
  • Adanya penumpukan cairan di bawah kulit atau seroma.
  • Proses pemulihan luka operasi yang relatif cukup lama.

Jadi, semua hal telah siap dan Anda merasa ready untuk menjalani operasi bedah plastik khususnya prosedur Tummy Tuck. Silahkan hubungi beauty consultant kami, Plasthetic Clinic atau contact center dan Anda akan mendapatkan jadwal konsultasi dengan dokter bedah plastik.  Kamu juga dapat memilih dokter yang sesuai dengan keinginan. Seperti ingin sekali prosedur operasi-nya dilakukan oleh dr. Vania. Maka dari awal hingga akhir dr. Vania akan membantu Anda memiliki bentuk perut sesuai dengan impian.

*Proses, risiko, komplikasi, dan hasil bisa berbeda setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

double eyelid adalah

Operasi Double Eyelid: Pengertian, Prosedur, dan Risikonya

Read More
jenis-jenis-cleanser

9 Jenis-jenis Cleanser dan Fungsinya Untuk Kulit Wajah

Read More
delicate-face-care-in-the-summer

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!