8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung dengan Ampuh

cara menghilangkan bekas jerawat di punggung

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung dengan Ampuh

Di Tinjau oleh Dokter

Jerawat bukan hanya masalah yang umum terjadi di wajah, tetapi juga dapat muncul di area punggung. Bekas jerawat di punggung dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan kekurangan rasa percaya diri bagi banyak orang. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan hasil yang memuaskan. Penasaran? Simak selengkapnya.

Apa Itu Jerawat Punggung?

Jerawat punggung, juga dikenal sebagai acne vulgaris pada punggung, adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya lesi jerawat di area punggung. Jerawat punggung sering terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Hal ini menyebabkan peradangan dan pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes, yang pada akhirnya menghasilkan jerawat.

Apa Saja Penyebab Munculnya Jerawat Punggung?

Berikut adalah beberapa penyebab jerawat di punggung yang harus Anda ketahui, ya teman Plasthetic, yaitu:

1. Produksi Sebum Berlebihan

Peningkatan produksi sebum oleh kelenjar minyak di kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya membentuk jerawat punggung.

2. Penggunaan Produk Kulit yang Tidak Cocok

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok atau terlalu berat untuk jenis kulit punggung Anda dapat menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat dan Tepat

3. Faktor Genetik

Jika ada riwayat keluarga dengan masalah jerawat, Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami jerawat di punggung, lho teman Plasthetic.

4. Paparan Panas dan Kelembapan

Lingkungan yang panas dan lembap, seperti cuaca tropis atau penggunaan sauna yang berlebihan, dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan memperuk jerawat di punggung.

5. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, kurang tidur, dan kebiasaan merokok dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan dan memicu jerawat di punggung.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab jerawat punggung dapat bervariasi antara individu, dan beberapa faktor di atas dapat saling berinteraksi untuk menyebabkan jerawat. Penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari iritasi, dan mengganti gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko jerawat di punggung.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung dengan Ampuh?

Berikut ini adalah beberapa yang menghilangkan bekas jerawat di punggung dengan ampuh yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Rutin Membersihkan Kulit

Langkah pertama yang penting adalah menjaga kebersihan kulit punggung secara rutin. Gunakan sabun pembersih yang lembut dan bebas minyak untuk membersihkan area tersebut setidaknya dua kali sehari. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut.

2. Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam menghilangkan bekas jerawat di pgung. Gunakan scrub atau produk eksfoliasi yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru, sehingga membantu mengurangi noda bekas jerawat.

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Retinoid

Retinoid adalah bahan aktif yang efektif dalam mengatasi bekas jerawat. Produk perawatan kulit yang mengand retinoid dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan mengurangi noda bekas jerawat di punggung. Gunakan produk ini sesuai petunjuk dan hindari paparan sinar matahari langsung saat menggunakannya.

4. Terapi Peeling Kimia

Jika bekas jerawat di punggung cukup parah, terapi peeling kimia dapat menjadi solusi efektif. Prosedur ini dilakukan oleh profesional medis dan melibatkan penggunaan bahan kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit. Ini merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat dan membantu menghilangkan noda bekas jerawat secara signifikan.

Baca Juga: Jenis Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

5. Hindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan meningkat risiko bekas jerawat yang lebih parah. Biarkanlah  jerawat pecah dengan alami atau Anda dapat  berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat di Punggung?

Jerawat di punggung dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kelebihan produksi minyak, penumpukan sel kulit mati, bakteri, dan peradangan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mencegah jerawat di punggung:

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Mandi secara teratur dengan menggunakan sabun atau pembersih yang lembut untuk membersihkan punggung Anda. Hindarilah untuk menggosok kulit dengan terlalu keras dikarenakan tindakan ini akan menyebabkan iritasi, lho teman Plasthetic.

2. Menghindari Penggunaan Produk Berminyak

Gunakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung minyak tambahan atau bahan-bahan komedogenik (yang dapat menyumbat pori-pori). Pilih produk yang bertuliskan “non-comedogenic” atau “oil-free“.

3. Menggunakan Pelembap Ringan

Setelah mandi, gunakan pelembap yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kelembapan kulit. Pelembap yang terlalu berat dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Jerawat di Punggung dari Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan mengatasi jerawat punggung yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, antara lain:

1. Laser Treatments

Laser treatment adalah prosedur medis yang menggunakan sinar laser untuk mengobati berbagai kondisi kulit, rambut, atau masalah kesehatan lainnya. Sinar laser digunakan untuk mengarahkan energi cahaya yang terkonsentrasi ke area yang diinginkan pada tubuh.

2. Premium Glow

Perawatan ini berfungsi untuk dapat mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit wajah, contohnya yaitu memperbaiki pigmentasi kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah, sehat dan juga bersinar,

Nah, itu dia penjelasan mengenai jerawat punggung, penyebab dan cara mengatasinya yang dapat Anda lakukan, ya teman Plasthetic. Jika Anda pertanyaan yang ingin ditanyakan,  Anda dapat langsung menghubungi Plasthetic Clinic di nomor telepon 0811-1769-199 untuk melakukan konsultasi dengan dokter kami dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Eits, selain itu jadilah bagian dari perayaan Grand Opening Plasthetic Clinic Cabang Semarang yang akan hadir  dalam waktu dekat dan nikmati promo-promo menarik khusus untuk Anda! Dapatkan pengalaman perawatan kecantikan dengan harga spesial dan diskon eksklusif. Ayo, jadilah yang terdepan dalam trend kecantikan dan buktikan bahwa kecantikan sejati dimulai di Plasthetic Clinic Cabang Semarang.

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Detoksifikasi Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Read More

8 Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Mengatasinya

Read More

Ini Efek Samping Sedot Lemak yang Perlu Kamu Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!