Apa Ciri-ciri Tidak Cocok Pakai Skincare? Simak Di Sini!

apa ciri ciri tidak cocok pakai skincare

Apa Ciri-ciri Tidak Cocok Pakai Skincare? Simak Di Sini!

Di Tinjau oleh Dokter

Bagi sebagian individu, skincare telah menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit. Untuk menemukan produk skincare yang cocok di kulit Anda, tentu Anda akan mencoba berbagai produk terlebih dahulu. Namun, perlu Anda ingat, bahwa tidak semua produk skincare yang Anda gunakan cocok untuk kulit wajah Anda. Biasanya, ketika kulit Anda tidak cocok dengan suatu produk skincare akan menghasilkan reaksi berbeda yang bisa dilihat melalui beberapa ciri-ciri. Lalu, apa ciri-ciri tidak cocok pakai skincare? Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung menyimak artikel dari Plasthetic Clinic berikut ini sampai tuntas!

Apa Ciri-ciri Tidak Cocok Pakai Skincare Tertentu?

Tiap jenis skincare yang tersedia di pasaran umumnya memiliki kandungan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan kulit setiap individu. Jika Anda memiliki kulit wajah yang cenderung kering, maka Anda harus memilih jenis skincare yang memang disesuaikan untuk kondisi kulit yang cenderung kering. Karena, penggunaan produk skincare yang dirancang untuk kulit berminyak tidak akan bekerja secara optimal di kulit wajah yang cenderung kering, begitupun sebaliknya.

Lalu, apa ciri-ciri tidak cocok pakai skincare? Berikut adalah beberapa tanda umum yang biasanya ditunjukkan oleh kulit wajah ketika produk skincare yang Anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki.

1. Timbul Rasa Panas dan Menyengat

Ciri-ciri pertama yang umumnya dialami oleh individu ketika tidak cocok dengan skincare tertentu adalah timbulnya rasa panas dan menyengat. Sensasi panas yang berlangsung selama sekitar satu menit umumnya masih dapat dianggap wajar. 

Namun, jika rasa panas dan sensasi menyengat berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama, kemungkinan Anda mengalami alergi terhadap kandungan yang terdapat di produk tersebut. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis kontak, yaitu peradangan kulit yang disebabkan oleh paparan zat pemicu alergi atau iritasi.

2. Timbul Ruam Kemerahan

Kemunculan ruam kemerahan pada kulit juga menjadi salah satu tanda bahwa produk skincare yang Anda gunakan tidak cocok di kulit Anda. Terlebih, jika ruam ini muncul dalam jangka waktu yang lama atau setelah penggunaan produk berulang kali. 

Biasanya, ruam kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh kandungan bahan seperti pewangi dan pengawet yang terdapat di dalam produk skincare tersebut. 

3. Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

Kulit dapat mengalami kekeringan dan mengelupas ketika lapisan pelindung kulit, yang juga disebut sebagai skin barrier, mengalami kerusakan. Hal ini seringkali disebabkan oleh kandungan bahan-bahan yang terlalu kuat atau tajam dalam produk skincare, yang mengakibatkan iritasi pada kulit dan merusak lapisan skin barrier. Kerusakan pada skin barrier ini dapat berpotensi menyebabkan dehidrasi pada kulit dan membuatnya sangat kering, bahkan dapat menyebabkan kulit menjadi mengelupas. 

Baca Juga: Kenali Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat

4. Kulit Terasa Gatal

Sensasi gatal saat menggunakan produk skincare, terutama produk yang memiliki fungsi eksfoliasi, sebenarnya adalah hal yang normal. Namun, jika rasa gatal yang muncul sangat mengganggu, ini bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak sesuai untuk kulit Anda. 

5. Timbul Jerawat

Timbulnya jerawat di lapisan kulit wajah juga menjadi salah satu ciri-ciri ketika kulit Anda tidak cocok dengan produk skincare tertentu. Biasanya, jerawat yang timbul ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah yang menunjukkan bahwa kulit Anda sedang merespons bahan yang tidak cocok. Jika kulit Anda biasanya berada dalam kondisi normal dan jerawat tiba-tiba mulai muncul, ini merupakan tanda bahwa Anda mungkin memiliki masalah dengan produk skincare yang sedang digunakan. 

6. Kulit Menjadi Lebih Gelap

Jika kulit wajah Anda tiba-tiba berubah menjadi lebih gelap, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bahwa produk skincare yang Anda gunakan tidak cocok di kulit wajah Anda. 

Ini disebabkan oleh kemungkinan adanya bahan-bahan dalam produk skincare yang dapat memicu hiperpigmentasi atau produksi melanin berlebihan, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi tampak lebih gelap dan mengganggu penampilan kulit wajah Anda. 

Baca Juga: Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil?

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare?

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan produk skincare dan mengalami ketidakcocokan hingga menimbulkan efek samping, maka berikut adalah cara mengatasi masalah kulit yang tidak cocok dengan produk skincare

1. Menghentikan Penggunaan Skincare

Apabila Anda mengalami efek samping seperti panas, rasa gatal, bruntusan, jerawat, bintik hitam, atau masalah lain yang timbul akibat penggunaan produk skincare yang tidak cocok, maka Anda harus segera menghentikan penggunaan produk tersebut.

2. Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier atau lapisan pelindung kulit yang telah mengalami kerusakan sebaiknya diperbaiki dengan segera, agar iritasi, kulit yang dehidrasi, dan kering tidak semakin memburuk. 

Untuk memperbaiki skin barrier, Anda dapat menggunakan beberapa produk skincare yang mengandung bahan aktif humektan yang dapat memberikan kelembapan pada kulit, seperti ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid. Produk skincare dengan bahan-bahan kandungan tersebut dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit dan memperbaiki kondisi skin barrier yang rusak. 

3. Menyederhanakan Rutinitas Perawatan Kulit

Jika Anda belum merasa yakin mengenai produk skincare mana yang tidak cocok dengan kulit wajah Anda, maka Anda dapat menyederhanakan rutinitas perawatan kulit menjadi hanya tiga langkah sederhana, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. 

Setelah kondisi kulit wajah Anda membaik, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk secara perlahan menambahkan satu produk perawatan lainnya, sehingga Anda dapat mengidentifikasi produk mana yang tidak cocok tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada kulit Anda. 

4. Melakukan Patch Test

Melakukan patch test pada produk skincare yang baru akan Anda gunakan menjadi salah satu cara bijak yang dapat Anda lakukan, terlebih jika Anda memiliki kondisi kulit yang sensitif. 

Untuk melakukan cara ini, Anda dapat mengoleskan sedikit produk di bagian belakang telinga atau bagian dalam tangan untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi. Hal ini menjadi langkah yang bijaksana untuk mencegah kemungkinan iritasi dan masalah kulit yang dapat muncul jika produk skincare tersebut tidak cocok dengan kulit Anda. 

Baca Juga: 8 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit?

Agar dapat membantu Anda mengurangi risiko pemilihan produk skincare yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda, maka berikut adalah beberapa tips dalam memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

1. Mengetahui Jenis Kulit Anda

Cara pertama adalah dengan memahami jenis kulit wajah yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki kulit kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

2. Memerhatikan Label Produk

Sebelum memutuskan membeli produk skincare baru, Anda perlu memerhatikan label produk dan perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Hindari produk skincare dengan kandungan bahan yang pernah menyebabkan masalah di kulit wajah Anda. 

3. Konsultasikan dengan Ahli Kulit

Jika Anda mengalami masalah kulit tertentu atau merasa tidak yakin tentang produk mana yang tidak cocok untuk Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kulit atau dermatologis. Karena, mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Bagaimana? Apakah penjelasan mengenai ciri-ciri tidak cocok pakai skincare di atas sudah dapat menjawab pertanyaan Anda? Melakukan perawatan wajah memang menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Namun, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukan perawatan wajah menggunakan produk skincare tertentu, karena tidak semua produk skincare cocok di seluruh jenis kulit wajah. 

Untuk memastikan perawatan kulit wajah Anda berjalan secara optimal, Anda dapat mempertimbangkan langkah tambahan dengan melakukan perawatan di Plasthetic Clinic. Dengan melakukan perawatan di Plasthetic Clinic, Anda akan mendapatkan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Anda, yang mungkin tidak bisa diberikan oleh produk perawatan skincare biasa. 

Adapun rekomendasi perawatan yang bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic dalam rangka menjaga kesehatan kulit Anda, di antaranya adalah Instant Detox dan Aqua Pure Facial. Instant Detox merupakan perawatan yang bertujuan untuk melembapkan, membersihkan, dan mencerahkan kulit wajah secara instan. Sedangkan, Aqua Pure Facial merupakan perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, mengencangkan wajah, serta melembapkan. Perawatan Aqua Pure Facial sendiri bisa dilakukan oleh semua jenis kulit. 

Sebelum melakukan perawatan, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda. Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung menghubungi tim kami di sini

Semoga informasi mengenai apa ciri-ciri tidak cocok pakai skincare di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: Tim Plasthetic Clinic Semarang

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara memperbaiki email gigi

Cara Memperbaiki Email Gigi yang Rusak dengan Tepat

Read More
operasi-bibir-sumbing-gratis

Operasi Bibir Sumbing Gratis dan Manfaatnya

Read More
kenapa-bekas-operasi-terasa-nyeri

Kenapa Bekas Operasi Terasa Nyeri? Cari Tahu Penyebabnya!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!