8 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat & Rekomendasi Perawatannya

skincare untuk kulit berjerawat

8 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat & Rekomendasi Perawatannya

Di Tinjau oleh Dokter

Berbeda dengan jenis kulit normal pada umumnya, beberapa orang yang menderita jerawat mungkin membutuhkan perawatan kulit yang lebih khusus. Kulit sensitif jelas membutuhkan perawatan khusus saat menghadapi jerawat.

Tentu saja, ketika memilih lini produk perawatan kulit jerawat, sangat penting untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk yang Anda pertimbangkan untuk dibeli, dan lebih aman saat memilih produk.

Nah, untuk membantu Anda yang masih bingung tentang jenis bahan skincare untuk kulit berjerawat, Plasthetic Clinic akan memberikan sedikit gambaran tentang beberapa bahan tersebut kali ini. Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Skincare?

Skincare sendiri adalah serangkaian perawatan kulit yang dapat mendukung regenerasi untuk kesehatan kulit. Arti dari skin care atau perawatan kulit meliputi memperbaiki penampilan kulit dan mencerahkan kondisinya. Perawatan kulit dapat mencakup nutrisi kulit untuk menghindari efek negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Perawatan kulit atau skin care sepertinya menjadi salah satu trend di masyarakat. Dalam hal ini, semakin banyak orang yang memahami dan menghargai pentingnya menjaga kesehatan kulit. Hal ini tentunya dapat dilihat dari semakin banyaknya masyarakat yang mulai menyebarluaskan berbagai informasi perawatan kulit ke berbagai produk perawatan kulit yang sedang diproduksi dan dikembangkan secara besar-besaran.

Baca Juga: Mengenal Serum yang Bagus untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

Apa Saja Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berjerawat?

Untuk menghindari kegagalan dan lebih banyak jerawat, berikut adalah lima bahan perawatan kulit yang harus disertakan pemilik kulit berjerawat dalam rutinitas perawatan kulit harian mereka.

1. Salicylic Acid

Salicylic acid atau asam salisilat yang juga dikenal sebagai Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk mengeringkan jerawat dan mencegah pembentukan jerawat.

2. Activated Charcoal

Salah satu penyebab jerawat yang paling utama adalah pori-pori yang tersumbat. Pori-pori tersumbat dapat disebabkan oleh kontak dengan kotoran, polusi, sebum, keringat, kosmetik, dan kontaminan lainnya. Maka dari itu kandungan charcoal aktif dapat mengurangi kotoran yang menyumbat pori-pori dan mengurangi minyak berlebih.

3. Niacinamide

Niacinamide, juga dikenal sebagai Vitamin B3, memiliki kemampuan untuk mencerahkan warna kulit, mengurangi bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. Menggunakan produk perawatan kulit yang diinduksi niacinamide dapat membantu mengurangi produksi melanin pada jerawat pasca-inflamasi dan mengurangi jaringan parut.

Baca Juga: Centella Asiatica: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

4. Retinol

Jika Anda memiliki kulit berjerawat tetapi belum pernah menggunakan produk perawatan kulit berbasis retinol, sangat disarankan Anda untuk segera menggunakan retinol, karena membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dengan mengangkat sel kulit mati.

5. Clay

Bahan perawatan kulit terakhir yang digunakan oleh pemilik kulit berjerawat dan berminyak adalah clay. Clay dikatakan dapat membantu menyerap minyak berlebih dan kotoran lainnya dari kulit.Selain itu, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung clay juga dapat mencegah pori-pori tersumbat, sehingga potensi jerawat otomatis hilang.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang aman untuk kulit dan cukup terkenal dalam mengatasi jerawat. Minyak ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan. Selain membantu mengobati jerawat, bahan ini juga bisa mencegah serta mengurangi bekas jerawat.

7. Benzoyl Peroxide

Kandungan bahan cukup efektif dalam menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Akan tetapi, penggunaan benzoyl peroxide harus dilakukan dengan penuh perhatian karena bisa menyebabkan iritasi bagi sebagian orang.

8. Ekstrak Lidah Buaya

Produk skincare yang mengandung ekstrak lidah buaya dapat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan alami ini memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengobati jerawat serta meminimalisir peradangan pada kulit.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Berjerawat?

cara memilih skincare
Source: freepik.com

Setelah Anda mengetahui cara mengatasi kulit berjerawat, Anda dapat membeli berbagai produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat. Namun, sebelum membeli perawatan kulit untuk kulit berjerawat, berikut beberapa pertimbangan utamanya:

1. Pastikan Ketahui Kondisi Kulit Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan perawatan kulit untuk kulit berjerawat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Begitu pula dengan penggunaan perawatan kulit untuk kulit berminyak. Jangan sembarangan memilih lho, Teman Plasthetic!

2. Memilih Komposisi yang Tepat

Secara umum, ada empat lini produk utama, perawatan kulit untuk kulit berjerawat dan perawatan kulit untuk kulit berminyak. Semua produk ini juga termasuk dalam rutinitas perawatan kulit dasar Anda adalah:

Komposisi Sabun Wajah: Pastikan untuk membeli perawatan kulit untuk kulit berjerawat dan/atau perawatan kulit untuk kulit berminyak yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Komposisi toner: Untuk penggunaan toner, Anda dapat memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, lotion yang mengandung astringents juga dapat digunakan sebagai skin care line untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak. 

Komposisi pelembab: Salah satu produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat adalah pelembab. Pastikan untuk membeli produk perawatan kulit bebas minyak dan non-komedogenik untuk kulit berminyak.

Komposisi tabir surya: Bagian dari perawatan kulit untuk kulit berjerawat dan/atau berminyak adalah tabir surya. Apalagi bagi mereka yang menyukai alam bebas. Pilih produk tabir surya yang didesain untuk kulit wajah, seperti: Tabir surya wajah tanpa pewangi dan minyak rendah.

Baca Juga: 6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

3. Periksa Label serta Keamanan Produk Skincare

Rekomendasi perawatan kulit untuk kulit berjerawat dan rekomendasi perawatan kulit untuk kulit berjerawat adalah produk yang tidak menimbulkan komedo. Jangan lupa untuk mengecek jenis kulit Anda pada setiap label produk. Pastikan juga produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat yang Anda beli memiliki label BPOM.

4. Kandungan Bahan Aktif Yang Terdapat  di Dalam Skincare

Tips terakhir dalam memilih produk untuk kulit berjerawat adalah dengan melihat kandungan bahan aktif dalam berbagai produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat/berminyak.

Rekomendasi Perawatan yang Cocok untuk Membantu Kinerja Skincare

rekomendasi perawatan mendukung skincare
Source: freepik.com

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan untuk kulit berjerawat oleh Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan :

1. Acne Facial

Acne Facial bertujuan untuk mengurangi serta membersihkan kulit wajah berjerawat dengan melakukan ekstraksi dan IPL sehingga kulit lebih bersih dan nyaman.

2. Laser Acne

Laser Acne dapat berfungsi untuk meredakan peradangan jerawat dan juga dapat  menghilangkan noda bekas jerawat, sehingga mengakibatkan kulit akan terlihat lebih bersih serta sehat.

3. Acne Injection

Acne injection ini adalah perawatan kombinasi yang dilakukan untuk meredakan masalah peradangan jerawat serta dapat berfungsi dapat mengurangi pembengkakan dan juga kemerahan pada kulit wajah.

Teman Plasthetic, itulah jenis jenis kandungan dalam skincare  untuk kulit berjerawat (acne prone skin) yang layak untuk Anda coba. Demi keamanan, konsultasikan lah permasalahan jerawat anda ke dokter spesialis kulit yang mengerti akan permasalahan Anda di Plasthetic Clinic sebelum menggunakan skincare untuk menghindari kemungkinan iritasi atau jerawat yang semakin parah. Yang paling penting adalah membersihkan wajah secara menyeluruh setelah merias wajah agar kulit Anda agar terhindar dari jerawat.

Segera dapatkan kulit wajah sehat tanpa jerawat sesuai yang Anda impikan. Jadi, jangan tunggu lebih lama lagi! Yuk ke Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kota mu sekarang!

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

3 Cara Menghilangkan Hypertrophic Scar

Read More

Hymenoplasty Adalah: Pengertian dan Tujuannya

Read More

Kenali 5 Manfaat Filler Hidung, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!