Apakah Wajah Kusam Bisa Hilang? Simak Di Sini!

apakah wajah kusam bisa hilang

Apakah Wajah Kusam Bisa Hilang? Simak Di Sini!

Di Tinjau oleh Dokter

Melihat diri di cermin dan menemukan wajah yang tampak 

kusam bisa menjadi awal dari kekhawatiran bagi banyak individu. Tanda-tanda kelelahan dan efek lingkungan dapat terlihat jelas pada kulit wajah Anda, hingga menimbulkan pertanyaan “apakah wajah kusam bisa hilang?”.

Pertanyaan ini bukan hanya mencerminkan kekhawatiran terkait estetika, tetapi juga mencerminkan keinginan Anda untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Dalam artikel ini, Plasthetic Clinic akan membantu Anda untuk lebih memahami masalah kulit wajah yang kusam dan mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. 

Apakah Wajah Kusam Bisa Hilang?

Memiliki wajah yang sehat dan bercahaya tentu menjadi dambaan bagi setiap individu. Namun, menjaga kulit wajah agar tetap dalam kondisi yang sehat dan bercahaya tidak selalu mudah. Karena, kulit kita secara terus menerus akan melakukan regenerasi sel-sel kulit yang telah mati, jika proses ini tidak berlangsung dengan efisien, maka kulit wajah Anda bisa tampak lebih kusam, lelah, bahkan dapat menonjolkan kerutan. 

Kusamnya kulit wajah seringkali disebabkan oleh berbagai faktor seperti penumpukan sel kulit mati, kurangnya hidrasi, paparan polusi, dan efek sinar UV. Lalu, apakah wajah kusam bisa hilang? Jawabannya adalah ya, kondisi kulit wajah yang kusam bisa diatasi. 

Dengan perawatan yang sesuai dan konsisten, termasuk menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk pelembap, sunscreen, serta menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa mengembalikan kecerahan alami kulit. Selain itu, perawatan khusus dari klinik kecantikan dapat memberikan dorongan tambahan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam secara lebih efektif.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Wajah Kusam Yang Paling Ampuh!

Apa Saja Penyebab Wajah Kusam?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi kulit wajah yang kusam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penumpukan sel kulit mati, kurangnya hidrasi, paparan polusi, dan efek sinar UV. 

Namun, terdapat juga beberapa penyebab lain dari kondisi kulit wajah kusam yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya. 

1. Sel Kulit Mati

Setiap harinya, kulit wajah Anda akan melepaskan jutaan sel kulit mati yang dapat menumpuk. Penumpukan sel kulit mati ini dapat menghalangi kemampuan kulit wajah Anda untuk memantulkan cahaya alami, sehingga wajah Anda terlihat lebih kusam. 

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk memperbarui lapisan kulit di permukaan akan mengalami penurunan, yang mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang lebih banyak, sehingga membuat kulit wajah terlihat lebih kusam.

2. Radikal Bebas

Paparan polusi yang berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan paru-paru Anda, tetapi juga pada kesehatan kulit wajah Anda. Partikel kotoran dan sulfur dioksida dalam udara dapat menghasilkan radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh) pada kulit wajah Anda, yang kemudian merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen, mengakibatkan kulit wajah Anda terlihat lebih lelah dan kusam.

3. Stres

Ketika Anda mengalami stres, respon fight-or-flight (reaksi alami tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menegangkan) akan aktif, mengalihkan aliran darah dari wajah Anda ke bagian tubuh lainnya, seperti otot Anda, yang dapat membuat kulit wajah Anda terlihat kurang berseri dan kusam. 

4. Dehidrasi

Jika Anda tidak cukup mengonsumsi air putih atau sedang berada dalam situasi cuaca yang sangat kering, seperti saat musim dingin, maka kadar kelembapan di bawah kulit wajah Anda dapat menurun, sehingga membuat kulit wajah Anda terlihat lebih kering dan kusam.

5. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Proses eksfoliasi dapat membantu kulit wajah Anda dalam menghilangkan dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. Jika Anda mengabaikan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit wajah Anda, maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa wajah Anda terlihat lebih kusam dan lelah.

6. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Merokok, kurangnya aktivitas fisik, dan mengonsumsi makanan olahan yang tinggi kadar gula, garam, dan lemak, nyatanya dapat memengaruhi tingkat kecerahan kulit wajah Anda. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Eksfoliasi untuk Pemula? Ini 5 Langkah-langkahnya

Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Kusam?

Mengatasi permasalahan kulit wajah yang tampak kusam akan memerlukan kombinasi perawatan kulit yang sesuai dan perubahan gaya hidup Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Untuk menghilangkan segala kotoran dan minyak yang menumpuk di lapisan kulit wajah, Anda perlu membersihkan wajah secara rutin, yaitu setiap pagi dan malam hari. Dengan menjaga kebersihan wajah secara teratur, maka Anda dapat membantu kulit wajah dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. 

2. Menggunakan Pelembap Wajah

Menggunakan produk pelembap wajah serta memastikan Anda mendapatkan asupan air yang cukup setiap hari akan membantu kulit wajah Anda untuk tetap lembap dan mencegah kulit wajah terlihat kusam.

3. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi rutin beberapa kali dalam seminggu akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, yang akan membuat kulit wajah terlihat lebih berseri. Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan untuk memilih jenis eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

4. Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen setiap hari sangat penting guna melindungi kulit wajah dari dampak negatif sinar UV yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih kusam. 

5. Mengubah Gaya Hidup

Untuk meraih kulit wajah yang lebih sehat, Anda bisa mencoba memulai perubahan gaya hidup dengan mengadopsi pola makan yang mengandung banyak serat dan protein, kaya akan antioksidan serta asam lemak esensial. Selain itu, penting juga untuk menghentikan kebiasaan merokok dan meningkatkan sirkulasi pada kulit Anda dengan rutin berolahraga kardio beberapa kali dalam seminggu. 

Baca Juga: Kenali Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat

Banner Plastic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Wajah Kusam dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Wajah Kusam
Source: envanto.com

Salah satu cara yang efektif dalam mengatasi wajah yang kusam adalah dengan menjalani perawatan khusus di sebuah klinik kecantikan yang dilengkapi dengan alat-alat canggih dan dokter yang berpengalaman, seperti yang ditawarkan oleh Plasthetic Clinic.

Di Plasthetic Clinic, kami menawarkan sejumlah perawatan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Premium Glow

Permasalahan kulit wajah yang kusam bisa diatasi melalui perawatan Premium Glow, yang merupakan salah satu opsi perawatan kecantikan yang bertujuan dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk flek hitam atau ketidakmerataan warna kulit di wajah. Perawatan Premium Glow sendiri dirancang dengan teknologi eksfoliasi yang inovatif untuk memberikan kecerahan instan pada wajah, meningkatkan hidrasi, dan meremajakan kulit.

2. Instant Detox

Instant Detox adalah jenis perawatan yang mengkombinasikan beberapa metode, seperti facial, mikrodermabrasi, dan IPL. Perawatan Instant Detox telah terbukti efektif dalam memberikan tampilan wajah yang bersinar dalam waktu yang singkat, namun dengan hasil yang maksimal.

3. Laser Rejuvenation

Laser Rejuvenation merupakan salah satu jenis perawatan yang akan menggunakan teknologi laser guna merangsang regenerasi sel kulit, mengurangi pigmentasi, dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan sehat. 

Di Plasthetic Clinic, terdapat beberapa jenis laser yang sering digunakan oleh dokter kecantikan, yaitu Laser Rejuve CO2 dan Laser Rejuve NdYAG.  Perawatan Laser Rejuvenation ini akan berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, merapatkan pori-pori, serta meningkatkan kecerahan kulit.

4. Shine Boster

Shine Booster merupakan treatment kecantikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkan bahan aktif langsung ke lapisan dalam kulit untuk memberikan nutrisi serta agar kulit tampak lebih sehat, lembut, halus dan bercahaya.

Itulah informasi mengenai apakah wajah kusam bisa hilang yang dapat Anda ketahui. Dengan menggabungkan perawatan kulit yang tepat, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, hingga mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, langkah-langkah ini semua dapat membantu Anda dalam mengembalikan kilau alami pada kulit wajah Anda.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjalani perawatan khusus dari ahlinya. Di Plasthetic Clinic, kami menyediakan berbagai solusi perawatan inovatif untuk mengatasi masalah kulit wajah kusam dan membantu Anda untuk mendapatkan kembali kecerahan dan kesehatan kulit. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda dan temukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah wajah kusam Anda. Konsultasikan dengan ahli kami di sini dan mulailah perjalanan Anda menuju kulit yang lebih sehat dan bersinar.

Semoga informasi mengenai apakah wajah kusam bisa hilang di atas dapat membantu Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr. Cinantya Sistha

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

profhilo-adalah

Profhilo Adalah: Definisi, Manfaat dan Bedanya dengan Skinbooster

Read More
manfaat-aloe-vera-untuk-kulit-wajah

5 Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

Read More
cara-menghilangkan-komedo-di-hidung

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!