Bagaimana Cara Eksfoliasi untuk Pemula? Ini 5 Langkah-langkahnya

bagaimana-cara-eksfoliasi-untuk-pemula

Bagaimana Cara Eksfoliasi untuk Pemula? Ini 5 Langkah-langkahnya

Di Tinjau oleh Dokter

Proses eksfoliasi menjadi salah satu langkah yang penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Proses satu ini sendiri berfungsi untuk mengangkat segala kotoran, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati yang tidak bisa diangkat melalui proses lainnya. Bagi para pemula, proses eksfoliasi dapat menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena terdapat beberapa cara eksfoliasi yang dapat Anda lakukan secara mudah. Untuk mengetahui bagaimana cara eksfoliasi untuk pemula, langsung saja simak artikel di bawah ini hingga tuntas!

Apa Saja Manfaat Eksfoliasi untuk Pemula?

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas, salah satu manfaat melakukan eksfoliasi kulit wajah adalah untuk mengangkat segala kotoran, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit wajah. Namun, terdapat juga beberapa manfaat eksfoliasi lainnya yang berguna bagi kesehatan kulit wajah Anda, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Munculnya Jerawat dan Komedo

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan ketika melakukan proses eksfoliasi wajah adalah dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo, khususnya bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Hal ini dapat terjadi, karena proses eksfoliasi dapat membantu kulit wajah Anda dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat serta dalam mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dan komedo di lapisan kulit wajah. 

2. Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit Wajah

Apabila sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit wajah tidak terangkat secara sempurna, maka dapat membuat proses regenerasi kulit menjadi terhambat. Dalam hal ini, proses eksfoliasi akan bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati sepenuhnya, yang bertujuan untuk membuat proses regenerasi kulit berjalan secara optimal dan menghaluskan tekstur kulit. 

3. Membantu Kulit Wajah Terlihat Lebih Cerah

Tumpukan sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit wajah dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih kusam. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati melalui proses eksfoliasi, maka kulit wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan bersih kembali. 

4. Membantu Meningkatkan Efektivitas Skincare

Jika Anda memiliki pori-pori wajah yang tersumbat, maka kulit wajah Anda akan kesulitan dalam menyerap seluruh produk skincare yang digunakan hingga lapisan kulit terdalam. Dengan membersihkan pori-pori kulit wajah Anda, maka Anda dapat membantu kulit wajah dalam meningkatkan efektivitas penyerapan dari skincare yang digunakan. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

Bagaimana Cara Eksfoliasi untuk Pemula?

Sebelum memulai urutan eksfoliasi wajah, Anda perlu memahami tentang bagaimana cara eksfoliasi untuk pemula dengan benar terlebih dahulu. Berikut adalah cara eksfoliasi wajah yang dapat Anda lakukan secara mudah.

1. Memilih Jenis Eksfoliasi Wajah yang Sesuai

Cara pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses eksfoliasi kulit wajah adalah dengan memilih jenis eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit wajah yang Anda miliki. Produk eksfoliasi wajah sendiri umumnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, di antaranya adalah eksfolasi chemical dan eksfoliasi physical.

Eksfoliasi chemical sendiri merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati menggunakan bahan-bahan yang biasanya berasal dari bahan aktif turunan asam (acids), seperti AHA (Alpha Hydrox Acids), dan BHA (Beta Hydroxy Acids). Sedangkan, eksfoliasi physical merupakan proses pengelupasan sel kulit mati dan kotoran menggunakan butiran halus dan scrub

Jika Anda memiliki kondisi kulit wajah yang cenderung sensitif dan berminyak, maka Anda bisa memilih jenis eksfoliasi chemical. Sementara itu, jika kulit wajah Anda cenderung kering atau normal, maka Anda bisa menggunakan jenis eksfoliasi physical.

2. Menggunakan Jenis Eksfoliasi dari Bahan Alami

Selain bisa menggunakan bahan kimia seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat melakukan eksfoliasi wajah secara alami, misalnya dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lemon, madu, kopi, dan yogurt. Namun perlu diingat, setelah melakukan eksfoliasi menggunakan bahan alami ini, disarankan untuk membilasnya dengan air hangat agar tidak meninggalkan sisa kotoran.

2. Membersihkan Wajah dari Segala Sisa Kotoran

Jika sudah memilih jenis produk eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan wajah dari segala sisa kotoran dan sisa makeup yang menempel di kulit wajah. Langkah satu ini sendiri perlu untuk Anda lakukan sebelum memulai proses eksfoliasi. Tujuannya adalah agar proses eksfoliasi dapat dilakukan secara maksimal dan Anda mendapatkan hasil yang optimal. 

3. Mengaplikasikan Produk Eksfoliasi Secara Lembut

Setelah membersihkan kulit wajah dari segala sisa kotoran, maka Anda bisa memulai proses eksfoliasi kulit wajah. Selama melakukan proses eksfoliasi kulit wajah, pastikan Anda mengaplikasikannya dengan gerakan memutar yang lembut. Selain itu, hindari juga untuk menggosok kulit wajah terlalu keras, agar permukaan kulit wajah Anda tidak mengalami iritasi.

Banner Plastic Aesthetic 

4. Menggunakan Moisturizer

Jika Anda sudah selesai melakukan proses eksfoliasi wajah, maka Anda perlu menggunakan moisturizer atau pelembap. Hal ini dikarenakan, proses eksfoliasi dapat membuat kulit kering dan kesat. Maka dari itu, penggunaan pelembap dapat membantu Anda dalam mengurangi kemerahan, iritasi, jerawat, hingga pengelupasan kulit wajah setelah proses eksfoliasi berlangsung. 

5. Melakukan Proses Eksfoliasi Minimal Seminggu Sekali

Proses eksfoliasi kulit wajah idealnya dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Namun, hal ini akan tergantung dengan kondisi dan jenis kulit wajah yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kondisi kulit wajah yang cenderung berminyak, maka Anda bisa melakukan proses eksfoliasi wajah sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu. Sedangkan, jika Anda memiliki kondisi kulit wajah yang cenderung kering dan sensitif, maka Anda hanya perlu melakukan proses eksfoliasi kulit wajah sebanyak satu kali dalam seminggu. 

Baca Juga: 6 Penyebab Bruntusan di Dahi dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Perawatan Eksfoliasi Kulit dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Eksfoliasi Kulit
Source: freepik.com

Agar proses eksfoliasi kulit wajah Anda dapat dilakukan secara maksimal, maka Anda bisa menambahkan perawatan estetika yang bertujuan untuk mengangkat segala kotoran dan sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit wajah. Adapun beberapa rekomendasi perawatan eksfoliasi kulit wajah yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, di antaranya sebagai berikut.

1. Premium Glow

Premium Glow merupakan sebuah perawatan kulit yang bertujuan memperbaiki pigmentasi kulit, sehingga dapat membantu kulit wajah Anda untuk terlihat lebih cerah, bersinar, dan sehat kembali. Premium Glow sendiri termasuk ke dalam perawatan eksfoliasi chemical, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit cenderung sensitif dan berminyak.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Muka dengan Baik dan Benar

2. Microbubble Exfoliation

Selain treatment Premium Glow, terdapat juga treatment Microbubble Exfoliation yang memiliki tujuan untuk mengeksfoliasi, melembapkan, serta mencerahkan kulit wajah. Tidak hanya itu, perawatan satu ini juga dapat membantu kulit wajah Anda dalam memperbaiki pertumbuhan kolagen. Microbubble Exfoliation sendiri termasuk ke dalam perawatan eksfoliasi secara physical, sehingga cocok untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung normal dan kering. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara eksfoliasi untuk pemula yang dapat teman Plasthetic ketahui. Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui beberapa cara melakukan proses eksfoliasi secara mudah. 

Selain melakukan beberapa cara eksfoliasi untuk pemula seperti yang sudah dijelaskan di atas, teman Plasthetic juga bisa melakukan beberapa perawatan yang bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit wajah di Plasthetic Clinic dengan dokter-dokter yang sudah ahli di bidangnya.

Sebelum melakukan perawatan, pastikan teman Plasthetic sudah melakukan konsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu. Proses konsultasi ini sendiri bersifat wajib, agar dokter yang bersangkutan dapat mengetahui kondisi kulit wajah yang Anda miliki, sehingga dapat melakukan tindakan perawatan yang sesuai. Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi tim kami di sini.

Semoga informasi mengenai bagaimana cara eksfoliasi untuk pemula di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Ditinjau Oleh: Tim Plasthetic Banda Aceh

Sources:

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara agar pinggiran bibir tidak hitam

6 Cara Agar Pinggiran Bibir Tidak Hitam

Read More
kandungan-skincare-yang-tidak-boleh-untuk-ibu-hamil

Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil?

Read More
perawatan wajah sebelum menikah

Mengenal 8 Perawatan Wajah Sebelum Menikah yang Perlu Kamu Tahu

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!