Pentingnya Skincare Pria, Jenis, dan Urutan Memakainya

skincare-pria-2

Pentingnya Skincare Pria, Jenis, dan Urutan Memakainya

Di Tinjau oleh Dokter

Merawat kulit Anda tidak hanya penting untuk kesehatan Anda, tetapi juga membantu Anda merasa lebih percaya diri tentang penampilan Anda. Oleh karena itu perawatan kulit dianjurkan untuk menjaga agar lapisan tubuh terluar tetap lembab, lembut, dan ternutrisi. 

Meski banyak manfaatnya, penggunaan skin care masih banyak distigma. Sayangnya, tidak sedikit pria yang peduli dengan perawatan kulit.  Padahal, pria pun pasti sangat membutuhkan perawatan kulit dan skincare. Aktivitas sehari-hari dan polusi mempengaruhi kulit pria, sehingga perawatan kulit diperlukan.

Apa Itu Skincare? 

Skincare merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan berfungsi. Selain itu, perawatan kulit juga diperlukan sebagai sarana untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Dimulai dengan jerawat, komedo, bekas luka dan banyak lagi.

Apa Saja Alasan Kenapa Pria juga Penting untuk Memakai Skincare?

Menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah lho, Teman Plasthetic.

Perawatan kulit memiliki lebih dari sekedar melembabkan kulit wajah, ia memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut beberapa alasan mengapa pria harus melakukan perawatan kulit juga, agar tidak ragu untuk menggunakannya secara rutin.

1. Membuat Kulit Wajah Tampak Cerah serta Terbebas dari Noda

Kulit kering dan dehidrasi juga bisa membuat wajah pria terlihat kusam. Saat kulit kering dan dehidrasi, wajah kehilangan rona sehat serta cerah yang biasanya akan muncul saat kulit lembab dan terhidrasi dengan baik, akan terbelah. Menggunakan pelembab secara teratur akan membuat kulit Anda terhidrasi. Selain itu, pelembab wajah yang baik untuk pria juga mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk menutrisi dan melindungi kulit wajah Anda.

2. Dapat Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum pada pria. Tapi itu bukan alasan untuk tidak menggunakan pelembab. Pasalnya, obat jerawat umumnya dapat mengeringkan kulit wajah, sehingga perlu menggunakan pelembab sebelum menggunakan obat jerawat.

3. Membuat Kulit Wajah Berfungsi dengan Lebih Baik

Penggunaan pelembab wajah secara teratur untuk pria akan meningkatkan kondisi dan kesehatan kulit di seluruh wajah Anda. Dengan cara ini, kulit yang lembab adalah dasar dari kulit yang sehat.
Kulit yang sehat melakukan fungsi-fungsi seperti organ terluar yang melindungi tubuh dari zat berbahaya dari luar, indera perasa, dan pengaturan suhu tubuh dalam cuaca panas dan dingin.

Baca Juga: 6 Tahapan Skincare Pagi dengan Tepat yang Perlu Dilakukan

4. Mengontrol Produksi Sebum yang Berlebihan Pada Wajah 

Jenis kulit apa pun yang Anda miliki, jika Anda tidak melembabkan, kulit Anda akan kering, lho. Oleh karena itu, menggunakan pelembab bisa sangat membantu menjaga kulit Anda dari kekeringan sekaligus mengontrol produksi sebum berlebih.

Apa Saja Jenis-jenis Skincare untuk Pria? 

jenis jenis skincare pria
Source: freepik.com

Ada kurang lebih 4 jenis kulit yang harus kita ketahui sebelum memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit kita.

1. Kulit normal 

Kulit normal dapat mentolerir berbagai macam produk perawatan kulit tanpa konsekuensi yang tidak menyenangkan.

2. Kulit kering 

Kulit kering bisa menjadi merah dan bersisik di area tertentu, terutama saat terkena dingin atau panas, bisa juga jenis ini jika dihilangkan. Jenis kulit ini rentan terhadap eksim.

3. Kulit sensitif 

Kulit sensitif bereaksi berbeda terhadap produk yang berbeda. Jika Anda mengalami ruam, gatal, kemerahan, atau sensasi terbakar saat mencoba produk perawatan kulit baru, ini mungkin penyebabnya.

4. Kulit berminyak 

Kulit berminyak membuat wajah glowing. Memiliki jenis kulit seperti ini cenderung membuat Anda lebih rentan terhadap masalah jerawat dan berjerawat. Selain itu, ada jenis kulit kombinasi yang bagian tengah wajah berminyak, bagian wajah lainnya, dan sebagainya. 

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Memilih Produk Skincare Pria yang Tepat? 

Variasi dan jumlah produk perawatan kulit untuk pria tidak sebanyak untuk wanita, tetapi Anda dapat menemukannya untuk merawat kulit wajah. Dari berminyak hingga kering hingga kombinasi hingga kulit sensitif. Untuk menghindari kebingungan, kami telah menyusun berbagai tips di bawah ini untuk memilih perawatan kulit yang tepat untuk pria.

1. Kenali Jenis Kulit Wajahmu

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih produk perawatan kulit untuk pria adalah mengetahui jenis kulit wajah Anda. Mengetahui jenis kulit Anda memudahkan untuk merawat kulit wajah Anda dan memilih produk perawatan kulit pria yang tepat.

2. Pilih Brand Produk yang Sudah Terpercaya

Banyak produsen perawatan wajah menawarkan produk untuk berbagai jenis kulit. Untuk alasan keamanan, belilah produk yang biasa digunakan oleh konsumen atau dari merek terkenal seperti Plasthetic Clinic. Berikut adalah rekomendasi perawatan wajah dari Plasthetic Clinic:

a. Instant Detox

Instant Detox bertujuan untuk melembabkan, membersihkan, dan mencerahkan kulit wajah secara instant dengan waktu minimal namun hasil maksimal.

b. Microbubble Exfoliation

Microbubble Exfoliation bertujuan untuk mengeksfoliasi,melembabkan, serta mencerahkan kulit wajah. Perawatan ini dapat membantu memperbaiki pertumbuhan kolagen serta menampilkan kulit yang halus dan sehat.

Baca Juga: Facelift: Pengertian, Jenis, Serta Durasi Prosedurnya

c. Classic Facial

Classic Facial merupakan perawatan klasik untuk membersihkan kotoran, mengangkat komedo, serta merelaksasi wajah dengan pijatan ringan. Perawatan ini bertujuan untuk membersihkan, melembabkan, serta mencerahkan kulit wajah.

3. Perhatikan Kandungan pada Produk yang Dipilih

Banyaknya produk perawatan wajah palsu yang mengandung bahan berbahaya seperti hydroquinone dan merkuri membuat kita lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit ataupun skincare. Perhatikan juga bahan-bahan dalam produk ini. Agar tidak salah pilih, sebaiknya pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami.

4. Pilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah produk perawatan kulit pria yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pelembab untuk menghidrasi kulit kering.

5. Jangan Pilih Produk Abal – Abal

Pilih produk perawatan wajah yang pasti original dan tidak palsu. Produk perawatan wajah palsu biasanya memiliki ciri-ciri seperti aroma yang menyengat, warna yang mencolok mata, dan kelengketan atau ketidakrataan. Efek samping penggunaan produk perawatan wajah palsu bisa sangat berbahaya.

Apa Saja Kandungan Skincare yang Cocok untuk Pria?

Banyak pria seringkali hanya membeli produk perawatan kulit yang populer dipakai oleh banyak orang. Padalah, seharusnya sebelum memilih produk skincare, kita perlu memahami komposisi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa kandungan skincare yang cocok untuk pria.

1. Vitamin C dan E

Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen pada kulit, yang akan membuat wajah terlihat lebih kencang dan bercahaya. Di sisi lain, vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Hyaluronic Acid

Kandungan hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah umum pada kulit yang dialami oleh banyak orang, yakni mencegah kulit kering yang membuatnya terlihat kusam. Umumnya, bahan ini terdapat dalam serum yang dapat meningkatkan kelembaban kulit sehingga tampak lebih segar.

3. Retinol

Bahan satu ini memiliki kemampuan untuk memicu perkembangan sel kulit yang baru, serta mendukung dalam pengelupasan sel kulit mati, sehingga menghasilkan lebih banyak kolagen pada kulit.

4. Niacinamide

Mungkin Anda sering mendengar tentang kandungan skincare ini. Secara fakta, niacinamide efektif dalam membuat kulit lebih cerah, mengatasi jerawat, dan menjaga kelembapan kulit wajah.

5. Salicylic Acid

Fungsi utama dari salicyclic acid adalah untuk mengurangi minyak berlebih dan komedo di dalam kulit. Selain itu, bahan ini juga berguna untuk meredakan peradangan pada jerawat berkat sifat anti-inflammasinya.

Bagaimana Urutan Pemakaian Skincare Pria yang Benar?

urutan skincare pria
Source: freepik.com

Setelah Anda mengetahui jenis kulit pria, perawatan kulit harian berlanjut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda atau menemukan sendiri rutinitas skincare yang pastinya sesuai. Berikut adalah beberapa tips memesan perawatan kulit rutin pada pria.

1. Mencuci Muka 

Saat Anda mencuci muka setelah mandi, berolahraga, atau bekerja, kulit Anda akan menjadi lengket karena keringat. Setelah beristirahat, disarankan untuk mencuci muka setiap hari dengan sabun wajah yang sesuai.

Saat mencuci muka, coba gunakan facial wash khusus untuk pria atau general dan bilas dengan air hangat. Setelah itu, keringkan dengan handuk wajah khusus.

2. Jangan Lupa Pakai Pelembab 

Setelah mencuci muka, gunakan krim pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembab ini dapat membantu mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

3. Menggunakan Tabir Surya 

Menggunakan tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat lain dari tabir surya adalah membantu mencegah keriput, noda, dan kanker kulit.

Baca Juga: Centella Asiatica: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

4. Mencukur 

Mencukur termasuk perawatan kulit sehari-hari. Yaitu, cuci muka dengan air bersih. Melembabkan dengan krim cukur. Gunakan pisau cukur untuk memotong ke arah yang sama. Bilas dengan air bersih. Ganti pisau cukur setelah 5-7 kali penggunaan. Gunakan pelembab setelah bercukur.

Anda bingung harus mulai dari mana dan ingin tahu jenis dan produk skincare apa yang tepat untuk kulit wajah Anda? Cari tahu cara mengatasinya! Cari tahu lebih dalam  mengenai solusi permasalahan kulit kamu dengan konsultasi bersama dokter di Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu ya, Teman Plasthetic!

Terlebih, ada promo dan diskon menarik untuk belanja perawatan wajah serta lainnya dengan harga lebih murah dan terjangkau.Jangan sampai lewatkan juga promo-promo bulanan dari Plasthetic Clinic buat kamu yang ingin punya wajah tampak sehat dan berseri. Yuk, langsung kunjungi Plasthetic Clinic untuk setiap kebutuhan perawatan wajah Anda dengan mendapatkan harga special sekarang juga!

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

pemeriksaan sebelum operasi

Pemeriksaan Sebelum Operasi yang Harus Anda Lakukan

Read More

Cara Menipiskan Bibir Bagian Atas Tanpa Operasi

Read More
double-chin

5 Cara Menghilangkan Double Chin dengan Cepat dan Mudah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!