Centella Asiatica: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

centella-asiatica-adalah

Centella Asiatica: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Di Tinjau oleh Dokter

Centella asiatica telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Centella asiatica juga dikenal sebagai gotu kola, tanaman ini menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Kegunaannya termasuk antidepresan, memerangi insomnia, memulihkan fungsi kognitif, dan menghilangkan stretch mark.

Namun akhir-akhir ini kandungan centella asiatica menjadi incaran para pecinta skincare. Dengan penggunaan sehari-hari produk kecantikan yang mengandung bahan penting dari tanaman ini, kulit Anda akan merasakan berbagai macam manfaatnya. Baca selengkapnya ya!

manfaat centella asiatica, manfaat centella asiatica, manfaat centella asiatica , manfaat centella asiatica, awet muda, kandungan, kandungan, obat, obat, bahan, bahan , bahan, gotu kola

Apa Itu Centella Asiatica?

Centella asiatica adalah tanaman yang ditemukan di banyak negara Asia. Berasal dari produk perawatan kulit Korea, daun pegagan kini digunakan di berbagai merek produk kecantikan. Zat yang dikandungnya konon bisa menunjang kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Apa Manfaat Centella Asiatica?

Tak heran jika centella asiatica adalah salah satu tumbuhan yang dulunya hanya produk obat, kini menjadi incaran para pembuat skincare. Penelitian telah membuktikan bahwa tanaman ini baik untuk pemilik kulit sensitif. Selain itu, tanaman ini juga dapat merangsang kolagen dan mengurangi peradangan. Berikut ini adalah manfaat centella asiatica pada kulit ya teman Plasthetic.

1. Merangsang Kolagen dan Menunda Tanda Penuaan Dini

Menggunakan krim cica atau centella asiatica dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu membangun kolagen. Stimula meningkatkan sirkulasi kolagen ini membuat kulit wajah lebih halus, kencang dan awet muda.

2. Sebagai Antioksidan

Flavonoid dan madecassosides dalam centella asiatica berperan sebagai antioksidan. Kedua bahannya bekerja dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, polusi udara, dan radikal bebas lainnya.

Baca Juga: Ketahui 3 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

3. Melembabkan Kulit

Centella asiatica mengandung asam amino, beta-karoten dan berbagai kandungan fitokimia yang menyehatkan dan melembabkan kulit. Kulit kasar dan iritasi juga bisa diatasi dengan penggunaan perawatan kulit centella asiatica sehari-hari.

4. Melembutkan Kulit

Gatal, iritasi dan kemerahan pada wajah adalah hal yang biasa bagi pemilik kulit sensitif. Untuk alasan ini, kami merekomendasikan menggunakan krim centella asiatica untuk menghaluskan, melembutkan, dan menenangkan kulit wajah Anda dan untuk menenangkan kulit bagian yang kasar.

5. Mengurangi Peradangan

Centella asiatica juga membantu mengurangi iritasi dengan menghambat proliferasi sel penyebab peradangan dan juga mempercepat penyembuhan luka karena dapat mempercepat penyembuhan memicu pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Produk yang mengandung pegagan ini juga dapat digunakan untuk mengobati bekas luka, dermatitis, psoriasis, skleroderma, dan eksim atopik.

6. Mencegah Stretch Mark dan Selulit

Selulit seringkali menjadi permasalahan penampilan bagi Anda yang mengalami peningkatan berat badan secara cepat. Ekstrak Centella asiatica diyakini memiliki potensi untuk membantu mengurangi masalah selulit ketika dioleskan pada area tubuh yang mengalami masalah tersebut.

Selain itu, Centella asiatica juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya luka atau stretch marks selama kehamilan dan masa pubertas. Namun, bukti ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini kurang efektif dalam menghilangkan stretch marks yang sudah terbentuk.

Apakah Centella Asiatica Bisa Mengatasi Jerawat? Ini Faktanya!

Jerawat bisa saja muncul di seluruh bagian tubuh, contohnya seperti wajah, punggung, leher, dan sebagainya. Ada beragam pemicu timbulnya jerawat, mulai dari kebersihan kulit, hormon yang berubah-ubah, stres, sampai pemakaian skincare atau kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit sendiri.

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan memanfaatkan produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kesehatan kulit anda. Adapun salah satu kandungan produk skincare untuk menangani jerawat pada kulit adalah centella asiatica.

Centella asiatica mengandung beberapa zat yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kulit wajah, khususnya jerawat. Seperti saponin, phenolic acid, flavonoid, terpenoid, fitosterol, serta asam amino yang dianggap efektif untuk menghilangkan bekas luka jerawat.

Banner-Plastic-Aesthetic

Apa Faktor Risiko dari Centella Asiatica?

Sampai saat ini, tidak ada efek samping yang dilaporkan dari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung centella asiatica. Mengambil lebih dari jumlah yang direkomendasikan suplemen daun pegagan biasanya menyebabkan efek samping. Seperti produk perawatan kulit alami lainnya, daun pegagan dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit pada beberapa orang.

Itu sebabnya Anda harus melakukan tes alergi terlebih dahulu. Coba aplikasikan produk yang mengandung pegagan pada kulit Anda. Kemudian biarkan selama 24 jam dan lihat reaksi apa yang terjadi. Jika Anda tidak memiliki reaksi alergi seperti gatal, Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri.

Siapa yang Tidak Cocok dengan Centella Asiatica

Penggunaan centella asiatica untuk perawatan kulit memiliki sedikit efek samping karena kandungannya cocok untuk kulit sensitif. Penggunaan centella asiatica juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Jangan menggunakan daun pegagan atau centella asiatica pada kulit atau sebaliknya jika:

  1. Wanita hamil dan menyusui;

  2. Berumur dibawah 18

  3. Pasien dengan hepatitis atau penyakit hati

  4. Memiliki riwayat kanker kulit

  5. Alergi terhadap produk yang mengandung centella asiatica

Jika Anda tidak yakin tentang penggunaan bahan ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kulit Anda terlebih dahulu untuk aturan penggunaan yang tepat. Nah untuk itu, Plasthetic Clinic dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda, lho.

Apakah Centella Asiatica Aman untuk Ibu Hamil?

Beberapa informasi menunjukkan bahwa mengonsumsi centella asiatica saat hamil dapat meningkatkan risiko kerusakan hati dan memicu kontraksi rahim. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan bahan ini dalam perawatan kulit selama masa kehamilan.

Baca Juga: Salicylic Acid: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Bagaimana Cara Menggunakan Centella Asiatica?

Source: freepik.com

Penggunaan yang tepat dari jenis perawatan kulit ini akan membantu Anda merasakan manfaat penuh dari centella asiatica. Ikuti beberapa tips perawatan kulit berikut ini.

Cari tahu apakah jenis sel kulit Anda alergi terhadap centella asiatica, dan jika tidak, lanjutkan sebagai salah satu fase perawatan kulit Anda dan dapat digunakan dalam kombinasi dengan jenis obat perawatan kulit lainnya.

  1. Gunakan pelembab yang aman, tidak berwarna, tanpa pewangi.

  2. Jangan mencampur centella asiatica dengan niacinamide. Dapat menyebabkan iritasi. Pegagan mengandung asam fenolik yang merugikan flavonoid, terpenoid, saponin, dan niacinamide.

  3. Pegagan dapat digunakan oleh orang dewasa dan aman jika digunakan dalam batas yang wajar.

  4. Kontak yang lebih besar dengan senyawa centella asiatica dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan harus dikonsultasikan sebelum digunakan.

  5. Jika Anda mengalami efek samping seperti sakit perut, pusing atau sakit kepala, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi.

Manfaat centella asiatica sangat luar biasa untuk kesehatan kulit. Tentunya penggunaan centella asiatica yang aman menjadikannya sebagai perawatan kecantikan yang aman dan alami. Namun jika efek sampingnya parah, bicarakan dengan dokter Anda untuk rekomendasi agar penggunaan dan manfaat centella asiatica terasa tepat dan optimal untuk Anda.

Nah, itu dia penjelasan mengenai centella asiatica ya teman Plasthetic. Sudahkah Anda memutuskan produk perawatan kulit centella asiatica? Anda bisa membaca berbagai review produk untuk melihat efek samping dan manfaatnya sebelum mengambil keputusan. Namun perlu Anda ingat ya bahwa setiap kulit tentunya pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan demikian, apa yang mungkin tidak cocok untuk orang lain mungkin bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga: Hypertrophic Scar: Pengertian, Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Untuk hasil terbaik, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kulit Anda ke dokter. Kami akan memandu Anda ke produk yang cocok untuk Anda. Selain itu, rutinlah melakukan langkah-langkah dasar perawatan untuk menjaga kulit anda, seperti rutin mencuci muka, menggunakan tabir surya, dan pelembab. Untuk itu juga, Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda tentunya.

Di klinik kecantikan yang satu ini  selain Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, Anda juga dapat melakukan treatment yang manfaatnya setara dengan Anda menggunakan skincare berbahan centella asiatica, lho. Bahkan, Anda akan mendapatkan hasil yang instan dan tentunya aman ya, karena langsung diawasi oleh dokter speasialis kulit langsung. So? Jadwalkan kedatanganmu di Plasthetic Clinic sekarang juga ya!

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

pantangan setelah scaling gigi

Pahami 5 Pantangan Setelah Scaling Gigi

Read More
Rekomendasi Perawatan Mengatasi Jerawat yang Gatal

Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Read More
cara-mengecilkan-wajah

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!