7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

cara-alami-mengencangkan-kulit-wajah-berminyak

7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

Di Tinjau oleh Dokter

Kulit wajah berminyak disebabkan karena  kelenjar sebaceous kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang melindungi serta melembabkan kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak di wajah Anda, Anda harus tahu cara merawat kulit berminyak dengan benar.

Masalah kulit wajah berminyak merupakan masalah yang paling sering terjadi. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kulit wajah berminyak adalah wajah menjadi kendur. Meski hal ini merupakan hal lumrah yang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, munculnya kulit kendur bisa merusak kepercayaan diri karena tidak sedap dipandang.

Jika Anda terganggu dengan penampilan kulit wajah yang menua, tidak ada salahnya mencoba cara mengencangkan kulit wajah alami yang akan mengubah wajah Anda secara signifikan.

Bagaimana Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak?

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika wajah Anda memiliki wajah yang kendur dan tidak kencang. Dengan tips berikut ini Anda bisa mengencangkan kulit wajah agar wajah tidak lagi kendur.

1. Pilih Produk Perawatan Kulit Dengan Bahan Aktif Yang Mendorong Produksi Kolagen

Tidak semua produk anti aging mengandung bahan aktif yang dapat merangsang produksi kolagen untuk mengencangkan kulit wajah. Bahan aktif yang diketahui melakukan hal tersebut adalah Hyaluronic Acid, Retinol dan Vitamin C. Anda bisa menggabungkan penggunaan produk skin care dengan ketiga bahan aktif tersebut untuk mengencangkan kulit wajah secara alami.

2. Pijat Wajah

Setelah Anda menemukan produk perawatan yang cocok untuk mengencangkan kulit wajah, disarankan untuk menggunakan produk tersebut selama pemijatan wajah. Menurut penelitian, pijat wajah dan leher secara rutin dapat meningkatkan manfaat produk perawatan kulit yang Anda gunakan untuk mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu.

3. Lakukan Senam Wajah

Sebagai cara alami mengencangkan kulit wajah, Anda bisa mengencangkan kulit yang kendur dengan senam wajah. Tujuannya untuk mengencangkan otot wajah sehingga kulit yang kendur bisa berkurang. Fokuskan latihan pada pipi dan mulut, tempat kulit yang melemah paling terlihat. 

4. Minum Suplemen Diet

Meski lebih efektif sebagai tindakan pencegahan, Anda bisa mencoba suplemen diet yang mengandung bahan yang mendorong produksi kolagen pada kulit wajah. Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam hialuronat, kolagen, dan vitamin C.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman ini menga ndung aloesin yang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit serta membantu melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Perawatan dengan lidah buaya sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan bubur lidah buaya segar ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci muka hingga benar-benar bersih.

6. Menggunakan Yogurt

Kandungan asam laktat pada yogurt dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, gunakan yoghurt sebagai masker untuk dapat mengencangkan kulit wajah dengan pemakaian frekuensi perawatan 2-3 kali dalam seminggu.

7. Menggunakan Delima

Buah merah ini mengandung fitonutrien yang konon bisa membantu mengencangkan kulit wajah yang kendur. Anda bisa mengoleskan pasta buah delima pada permukaan wajah kemudian memijat lembut selama beberapa menit agar nutrisi buah ini terserap ke dalam kulit. Setelah itu, step selanjutnya ialah bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak?

Merawat kulit berminyak tidak sama dengan merawat jenis kulit lainnya. Karena ada hal-hal tertentu yang memerlukan perhatian. Nah, berikut cara merawat kulit berminyak:

1. Cuci Muka Secara Teratur

Rutin mencuci muka (pagi dan sore) dapat mengurangi kadar minyak pada kulit. Namun penting juga untuk memiliki produk pencuci wajah yang tepat untuk merawat kulit berminyak, misalnya dengan produk bebas minyak. 

2. Gunakan Toner

Jika kulit bersih dan bebas dari make-up, kotoran dan minyak, disarankan untuk menggunakan toner yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut:

  • Asam salisilat
  • Asam glikolat
  • Asam laktat

3. Keringkan Wajah Anda

Keringkan wajah Anda setelah mencuci dan toner, disarankan untuk mengeringkan kulit dengan lembut menggunakan handuk lembut. Namun, ini harus dilakukan dengan hati-hati.
Tidak disarankan untuk menyeka kulit wajah dengan handuk atau secara kasar. Karena kebiasaan ini justru bisa merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum.

4. Gunakan Masker Wajah Seminggu Sekali

Masker wajah ini tentunya dapat berfungsi mengatasi kulit dengan minyak berlebih, mengurangi timbulnya jerawat, sekaligus menjaga kelembutan kulit. Anda bisa menggunakan masker wajah dengan bahan alami seperti dari putih telur, madu, lemon, teh hijau, atau oatmeal.

5. Oleskan Pelembap Wajah

Melembabkan merupakan langkah yang sangat penting jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, yha teman Plasthetic. Untuk itu, jangan lupa selalu aplikasikan pelembab sebelum memulai aktivitas Anda.

6. Berhenti Merokok

Mengingat bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kulit wajah kendur adalah merokok, langkah alami untuk mengencangkan kulit wajah dalam satu minggu adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, hindari terpapar asap rokok karena juga dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit wajah.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Bagi orang dewasa, jumlah minimal konsumsi air sehari adalah dua liter atau setara dengan delapan gelas. Tubuh yang tercukupi kebutuhan hidrasi dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, termasuk kekenduran pada kulit yang berminyak.

Baca Juga: Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Banner Plastic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak Terbaik di Plasthetic

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi treatment untuk dapat mengencangkan wajah untuk kulit berminyak, yakni:

1. Thread lift

Thread lift merupakan prosedur di mana benang medis dimasukkan ke dalam lapisan kulit wajah. Benang kemudian ditarik dengan tujuan mengangkat kulit yang menggantung. Prosedur tanam benang bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan agar pasien terlihat lebih muda.

2. Skin Firm

Skin Firm adalah perawatan yang dirancang khusus untuk wajah, yang berfokus pada menghilangkan kerutan dan memberikan efek melangsingkan wajah.

3. Face Tight

Face tight adalah perawatan energi gelombang radio frequency yang meluruhkan lemak di bawah permukaan kulit wajah, terutama di area pipi, di bawah mata, dan di atas leher. Hasil dari face tight ini dapat terlihat secara instan.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Nah itu dia, Cara mengencangkan kulit wajah secara alami,  memang ada beberapa yang belum terbukti secara ilmiah khasiatnya, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Jika Anda menginginkan perawatan yang memberikan hasil dalam waktu singkat ini, Tentunya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menangani permasalahan Anda untuk dapat mengencangkan kulit wajah. Plasthetic Clinic tentunya merupakan solusi yang tepat untuk Anda, lho! Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Vera

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-mengecilkan-wajah

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

Read More
cara-mengencangkan-miss-v

Kenali 6 Cara Mengencangkan Miss V yang Mulai Kendur

Read More
pemeriksaan sebelum operasi

Pemeriksaan Sebelum Operasi yang Harus Anda Lakukan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!