5 Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Mudah serta Aman

cara-memutihkan-ketiak-hitam

5 Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Mudah serta Aman

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak perempuan adalah ketiak yang menghitam. Walaupun bukan masalah kesehatan yang serius, kondisi ini dapat mengganggu penampilan dan mengurangi tingkat kepercayaan diri. Jika Anda memiliki ketiak yang menghitam, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara memutihkan ketiak hitam yang dapat Anda lakukan secara mudah dan aman. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya pada ulasan berikut ini!

Apa Saja Penyebab Ketiak Hitam?

Sebelum membahas cara memutihkan ketiak hitam lebih jauh, penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu beberapa faktor penyebab ketiak menghitam, berikut di antaranya.

1. Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat menjadi salah satu penyebab dari ketiak yang menghitam. Hal ini dapat terjadi akibat gesekan berlebih pada area ketiak, yang akhirnya bisa membuat kulit menjadi gelap. Kondisi ini bisa terjadi terutama jika gesekan berulang kali terjadi, terlebih saat Anda mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis yang memiliki serat kasar.

2. Infeksi Bakteri

Penggelapan ketiak juga dapat terjadi akibat dari infeksi oleh bakteri yang dikenal sebagai corynebacterium minutissimum. Kondisi ini biasanya dipicu oleh lingkungan ketiak yang cenderung hangat dan lembap, adanya keringat berlebih, kurangnya perawatan kebersihan diri, serta adanya kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan obesitas. Dalam beberapa kasus, infeksi bakteri ini juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan berupa rasa gatal.

3. Kesalahan dalam Mencukur Rambut Ketiak

Mencukur rambut ketiak dengan cara yang salah, seperti menggunakan pisau cukur yang tumpul atau tidak menggunakan krim cukur, dapat menyebabkan iritasi dan luka mikro pada kulit. Kondisi ini dapat terjadi karena bagian ketiak termasuk wilayah yang sangat sensitif. Apabila proses pencukuran bulu ketiak tidak dilakukan secara baik dan benar, maka ini bisa mengakibatkan peningkatan pigmen pada daerah tersebut.

4. Banyak Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Sel kulit mati yang menumpuk di area ketiak juga dapat membuat kulit terlihat lebih gelap. Jika Anda jarang melakukan proses eksfoliasi pada area ketiak, kondisi ini dapat mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang berujung pada penggelapan pada area tersebut.

5. Faktor Hormon

Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa kehamilan, juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, termasuk di area ketiak. Kondisi ini bisa terjadi karena hormon dapat memengaruhi produksi melanin secara berlebihan, yang mengakibatkan peningkatan pigmentasi di beberapa area kulit, termasuk area ketiak. 

6. Deodorant

Deodorant juga bisa menyebabkan ketiak menjadi gelap karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat mengiritasi kulit ketiak, yang kemudian menyebabkan pigmentasi kehitaman.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Keringat Berlebih di Ketiak

Bagaimana Cara Memutihkan Ketiak Hitam?

Untuk membuat ketiak yang gelap menjadi lebih cerah, terdapat beberapa cara memutihkan ketiak hitam yang bisa Anda terapkan, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dalam rutinitas sehari-hari Anda, berikut beberapa di antaranya.

1. Kunyit

Selain kerap digunakan sebagai pewarna alami pada makanan, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan area ketiak yang menghitam. Kunyit sendiri dikenal karena memiliki kandungan antioksidan yang efektif dalam membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Untuk menggunakan kunyit dalam mencerahkan ketiak, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan dua sendok lotion, kemudian aplikasikan campuran tersebut secara merata ke area ketiak dan diamkan selama 30 sampai 60 menit. Setelah itu, bersihkan area ketiak dengan air hangat.

Manfaat antioksidan dari kunyit tidak hanya bisa diperoleh dari penggunaan luar, tetapi juga melalui konsumsi kunyit sebagai bagian dari makanan atau minuman Anda.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan ketiak yang menghitam. Sama halnya dengan kunyit, minyak zaitun dikenal kaya akan antioksidan yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan kulit.

Dalam upaya mencerahkan kulit ketiak, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada area ketiak sambil memberikan pijatan lembut selama 10 sampai 15 menit, lalu membilasnya dengan air hangat. 

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan penggunaan minyak zaitun dengan eksfoliasi fisik menggunakan gula, lalu mengaplikasikan campuran tersebut pada ketiak secara mingguan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan metode ini secara teratur. 

3. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang telah terkenal khasiatnya dalam mencerahkan kulit, termasuk pada area ketiak. Tidak hanya bermanfaat dalam mencerahkan kulit ketiak, kandungan antiseptik yang terdapat di dalam lemon juga efektif dalam mengatasi masalah bau ketiak.

Namun, dalam melakukan cara ini, sebaiknya Anda menghindari penggunaan lemon secara langsung pada kulit ketiak. Alangkah lebih baik jika Anda menggabungkan lemon dengan bahan alami lainnya, seperti bubuk kunyit, yogurt tawar, atau madu, guna menghindari kekeringan pada kulit ketiak akibat kandungan asam sitrat yang tinggi dalam lemon.

Baca Juga: Mengenal 6 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak dengan Tepat

4. Minyak Kelapa

Selain memanfaatkan minyak zaitun, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa dalam mencerahkan kulit ketiak. Bahan alami satu ini diperkaya dengan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk dalam hal mencerahkan dan melembabkan kulit.

Namun, penggunaan minyak kelapa untuk tujuan mencerahkan kulit ketiak memerlukan kesabaran untuk melihat hasil yang diinginkan, karena prosesnya memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengaplikasikannya secara teratur setiap hari.

Untuk melakukan cara ini, Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada ketiak sambil memberikan pijatan lembut selama 10 hingga 15 menit. 

5. Kentang

Siapa yang menyangka bahwa kentang ternyata bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit ketiak? Ya, ternyata, kentang menjadi salah satu bahan yang dikenal sebagai pemutih alami yang efektif untuk mengatasi masalah ketiak yang menghitam.

Berbeda dengan lemon, penggunaan kentang tidak akan menyebabkan iritasi atau membuat kulit kering, sehingga aman untuk digunakan langsung pada kulit yang sensitif sekalipun karena kandungan asam sitratnya yang rendah.  Kentang sendiri memiliki kandungan enzim katekolase, yang dikenal mampu mencerahkan kulit secara bertahap. 

Untuk menggunakan kentang dalam mencerahkan ketiak, Anda bisa langsung menggosokkan potongan kentang ke area ketiak atau menghaluskannya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

Banner Plasthetic Aesthetic

Bagaimana Cara Mencegah Ketiak Hitam?

Selain memahami cara untuk mencerahkan ketiak yang gelap, penting juga bagi Anda untuk mengetahui langkah-langkah pencegahan terhadap ketiak menghitam, berikut beberapa di antaranya.

1. Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Menjaga kebersihan area ketiak merupakan strategi yang efektif untuk mencegah ketiak yang menghitam. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam menjaga kebersihan area ketiak adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, yaitu 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencari produk eksfoliasi yang mengandung AHA, azelaic acid, dan salicylic acid.

2. Menggunakan Pakaian Longgar

Untuk mencegah ketiak menjadi menghitam, disarankan bagi Anda untuk memilih pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut, guna mengurangi gesekan pada kulit di area ketiak.

3. Menghindari Penggunaan Hot-waxing

Meskipun waxing menjadi salah satu metode yang efektif dalam menghilangkan bulu ketiak, namun penggunaan hot-waxing yang terlalu sering dapat berisiko menyebabkan iritasi dan peradangan, yang pada akhirnya dapat menggelapkan kulit ketiak. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari kebiasaan menggunakan hot-waxing dan mencari alternatif metode waxing yang lebih aman untuk kulit ketiak.

4. Menghindari Deodorant yang Mengandung Alkohol

Deodorant atau antiperspirant yang mengandung alkohol bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit, yang dapat mengakibatkan area ketiak menjadi gelap. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih produk deodorant atau antiperspirant yang tidak mengandung alkohol dan dirancang khusus untuk kulit sensitif, atau memilih produk yang mengandung bahan alami yang lebih lembut untuk kulit ketiak.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Cepat

Selain menerapkan cara memutihkan ketiak hitam seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan yang ditujukan untuk membuat area ketiak menjadi lebih cerah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan untuk mencerahkan ketiak yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic

1. IPL Ketiak

IPL Ketiak menjadi salah satu perawatan untuk ketiak yang cukup populer. Perawatan ini memanfaatkan gelombang cahaya berintensitas tinggi yang diarahkan pada area kulit yang ditargetkan. Manfaat dari perawatan ini termasuk dalam mengatasi berbagai masalah kulit di area ketiak, seperti mengurangi jumlah bulu ketiak dan membuat kulit di sekitar ketiak menjadi lebih cerah. Untuk hasil optimal, diperlukan beberapa sesi perawatan yang jumlahnya bergantung pada kondisi spesifik yang Anda miliki.

2. Premium Glow for Armpit (Peeling Ketiak)

Premium Glow for Armpit adalah perawatan eksklusif yang menggabungkan beragam teknologi dan bahan aktif yang berguna untuk mengatasi sejumlah masalah pada kulit ketiak, seperti ketidakmerataan warna kulit dan tekstur kulit yang kasar. Dengan menjalani perawatan ini, Anda akan merasakan kulit ketiak yang lebih cerah dan lembut.

3. Microdermabrasion

Microdermabrasion merupakan perawatan minimal invasif yang aman dan efektif untuk mencerahkan ketiak yang menghitam. Prosedur ini dapat merangsang pembentukan sel kulit baru yang membantu meningkatkan tekstur dan warna kulit. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, prosedur ini dapat mendorong regenerasi kulit.

Sebelum menjalani perawatan tersebut, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Tujuan dari konsultasi ini adalah untuk memastikan bahwa Anda menerima perawatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda miliki. 

Tidak hanya itu, proses konsultasi ini juga penting bagi Anda untuk memahami kemungkinan risiko dan efek samping yang dapat terjadi setelah perawatan. Sebab, setiap jenis perawatan memiliki risiko dan efek samping yang beragam.

Untuk mempermudah proses konsultasi, Anda bisa menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai cara memutihkan ketiak di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Vera

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

manfaat-filler-hidung

Kenali 5 Manfaat Filler Hidung, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More
perawatan wajah sebelum menikah

Mengenal 8 Perawatan Wajah Sebelum Menikah yang Perlu Kamu Tahu

Read More
efek samping skin booster

Mengenal Efek Samping Skin Booster dan Manfaatnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!