4 Cara Mengatasi Gigi Keropos dengan Mudah dan Tepat

cara mengatasi gigi keropos

4 Cara Mengatasi Gigi Keropos dengan Mudah dan Tepat

Di Tinjau oleh Dokter

Memiliki gigi yang sehat dan kuat tentu menjadi aset yang berharga bagi setiap individu. Namun, masalah gigi keropos bisa menjadi masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas hidup. Permasalahan gigi keropos sendiri bisa ditangani melalui beberapa cara mengatasi gigi keropos.

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda dalam mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan dalam mengatasi kondisi gigi keropos. Penasaran? Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas!

Apa Itu Gigi Keropos?

Gigi keropos adalah suatu kondisi di mana lapisan keras gigi, yaitu enamel, mengalami peluruhan. Ini dapat mengakibatkan gigi menjadi lemah, berlubang, dan bahkan menyebabkan rasa sakit kepada penderitanya. 

Enamel sendiri merupakan salah satu komponen gigi yang memiliki fungsi penting dalam melindungi gigi. Namun, enamel gigi bisa mengalami keretakan atau kerusakan, yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sayangnya, saat enamel mengalami kerusakan, maka enamel tidak mampu untuk pulih atau tumbuh kembali. Hal ini tentunya dapat membuat gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang hingga keropos. 

Baca Juga: 3 Solusi Gigi Ompong di Usia Muda dengan Tepat

Apa Saja Penyebab Gigi Keropos?

Kondisi gigi keropos tentu dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor atau penyebab yang dapat meningkatkan risiko kerusakan enamel gigi yang akhirnya mengakibatkan gigi keropos. 

1. Mengonsumsi Soda Secara Berlebihan

Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab gigi keropos. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung tinggi asam sitrat. Paparan asam sitrat yang berlebihan dapat merusak lapisan enamel gigi dan dapat memicu terjadinya kerapuhan pada gigi. 

2. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Apakah Anda tidak terlalu memerhatikan kebersihan gigi dan mulut? Bisa jadi hal inilah yang menyebabkan gigi Anda mengalami keroposan. Jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut secara baik dan benar, maka hal ini dapat menyebabkan munculnya plak di bawah garis gusi, di sela-sela gigi, dan di permukaan gigi. 

Plak sendiri adalah lapisan tipis dan lengket yang mengandung berbagai jenis bakteri. Jika gigi tidak mendapat perawatan yang memadai, maka plak akan terus menumpuk dan berkembang menjadi karang gigi. Lama kelamaan, karang gigi yang tidak segera dihilangkan dapat menyebabkan gigi membusuk dan keropos. 

3. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Asam

Mengonsumsi makanan dan minuman asam terlalu sering juga bisa menjadi penyebab gigi keropos, bahkan di usia muda. Hal ini disebabkan oleh kemampuan makanan dan minuman asam yang mampu mengikis enamel dan dentin secara perlahan. 

Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula dan tinggi pati, seperti keripik kentang, juga termasuk ke dalam jenis makanan dan minuman yang dapat memicu kerusakan pada gigi. 

4. Penyakit Lambung

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit lambung, seperti GERD, nyatanya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kerusakan gigi. 

Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik ke mulut, sehingga mengikis lapisan gigi dari yang terluar hingga yang terdalam. Dampaknya, ini bisa menyebabkan masalah gigi seperti sensitivitas gigi, keropos, karies gigi, dan masalah bau mulut. 

5. Bulimia

Bulimia adalah salah satu jenis gangguan makan yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Bulimia terjadi ketika seseorang memiliki kebiasaan memuntahkan makanan yang telah mereka konsumsi.

Terlalu sering memuntahkan makanan ternyata dapat merusak gigi. Hal ini disebabkan oleh cairan yang dimuntahkan dari lambung memiliki kandungan asam yang sangat korosif dan dapat merusak gigi. Semakin sering dan lama gigi terpapar asam dari lambung, maka akan semakin rentan gigi terhadap kerusakan dan keropos. 

Baca Juga: 4 Macam-Macam Gigi Tiruan yang Ada

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Keropos?

Untuk mengatasi permasalahan gigi keropos, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gigi keropos yang dapat Anda lakukan secara mudah. 

1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Langkah pertama yang penting untuk Anda lakukan dalam mengatasi gigi keropos adalah dengan menyikat gigi secara rutin, yaitu dengan menyikat gigi selama 2 kali sehari. Menyikat gigi secara rutin sendiri bisa menghilangkan plak yang menjadi penyebab gigi keropos.

Dalam menyikat gigi, pastikan Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan menyikat gigi secara perlahan. Namun, jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam, seperti jeruk atau kopi, sebaiknya Anda menunggu waktu sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi.

2. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Asam

Salah satu penyebab utama gigi keropos adalah karena kandungan asam yang terdapat dalam makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, air liur alami di mulut biasanya dapat mengimbangi asam tersebut untuk melindungi gigi. 

Tetapi, jika Anda terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan dan minuman yang asam dan tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik, maka lapisan luar gigi pun akan terkikis seiring waktu dan dapat menyebabkan gigi menjadi keropos.

Untuk mengatasi masalah gigi keropos dan mencegah kerusakan yang lebih parah, disarankan bagi Anda untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi asam, di antaranya seperti buah jeruk, buah ceri, minuman buah atau jus, minuman bersoda, permen asam, cuka, dan tablet vitamin C yang dikunyah. 

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan risiko gigi mengalami kekeroposan. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi kafein dapat mengurangi produksi air liur di dalam mulut. Untuk mencegah kerusakan gigi, sebaiknya berkumur dengan air setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang asam atau mengandung kafein. 

3. Mengurangi Asupan Gula

Selain mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang asam, penting juga bagi Anda untuk membatasi konsumsi gula, seperti makanan dan minuman yang manis. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan enamel gigi dan dapat menyebabkan gigi menjadi keropos. 

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah kecil secara teratur dapat lebih berisiko dibandingkan dengan mengonsumsi makanan penutup yang mengandung gula sesekali. Pastikan untuk minum air putih segera setelah mengonsumsi makanan manis agar menjaga kebersihan mulut. 

4. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah, disarankan bagi Anda untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian yang telah menunjukkan bahwa penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah kerusakan gigi yang lebih serius. 

Baca Juga: 7 Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Banner Plastic Dentist

Bagaimana Cara Mencegah Gigi Keropos?

Selain mengetahui cara mengatasi gigi keropos, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah gigi keropos, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut
  • Menggunakan sedotan ketika mengonsumsi minuman yang bersoda dan berkafein 
  • Tidak mengonsumsi makanan dan minuman asam atau manis terlalu sering
  • Menggunakan dental floss atau benang gigi dan obat kumur
  • Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan untuk merangsang produksi air liur
  • Menyikat gigi dengan benar dan rutin sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur
  • Minum banyak air putih untuk merangsang produksi air liur yang membantu membersihkan mulut
  • Menunggu setidaknya satu jam setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam sebelum menyikat gigi guna memberikan waktu bagi gigi Anda dalam membangun kembali kandungan mineral

Rekomendasi Perawatan Gigi Keropos di Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Gigi Keropos

Memiliki gigi yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan, kesehatan gigi dapat meningkatkan kualitas Anda ketika sedang berbicara maupun saat sedang mengonsumsi makanan. 

Untuk membantu Anda dalam menghindari permasalahan gigi keropos, maka Anda bisa melakukan beberapa perawatan dental, seperti Scaling gigi, di Plasthetic Clinic cabang Aceh

Scaling gigi sendiri merupakan prosedur perawatan gigi yang bertujuan untuk membersihkan gigi dari segala sisa kotoran dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. 

Karang gigi atau tartar dapat terbentuk dari penumpukan plak yang menempel pada permukaan gigi. Jika karang gigi dibiarkan tetap menempel pada gigi, maka gigi Anda akan terlihat kusam dan berubah warna menjadi kecoklatan. 

Untuk melakukan perawatan karang gigi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh. Namun, sebelum melakukan perawatan, pastikan bagi Anda untuk melakukan proses konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait agar mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda miliki. 

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai cara mengatasi gigi keropos di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

penyebab jerawat pustula

Mengenal Penyebab Jerawat Pustula serta Cara Mengatasinya

Read More
apa-bedanya-anti-aging-dan-anti-wrinkle

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

Read More
cara-memutihkan-kulit-belang

Ketahui 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!