Ini Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

perbedaan plak dan karang gigi

Ini Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan kesehatan gigi yang umumnya dialami oleh setiap individu adalah munculnya plak dan karang gigi. Kemunculan plak dan karang gigi sendiri nyatanya dapat memengaruhi kondisi kesehatan gigi Anda. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa terdapat beberapa perbedaan plak dan karang gigi?

Pada artikel kali ini, Plasthetic Clinic akan membantu Anda dalam mengetahui mengenai apa saja perbedaan antara plak dan karang gigi. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas ya!

Apa Itu Plak Gigi?

Sebelum mengetahui perbedaan plak dan karang gigi, Anda perlu mengetahui pengertian dari plak gigi dan karang gigi terlebih dahulu. 

Plak gigi adalah biofilm atau kumpulan mikroorganisme yang membentuk lapisan tipis dan tidak berwarna di atas permukaan gigi. Ini terjadi ketika sisa-sisa makanan atau minuman menempel pada gigi dan bergabung dengan bakteri dan air liur.

Jika tidak diatasi, penumpukan plak gigi bisa menghasilkan asam yang dapat mengubah warna gigi menjadi kekuningan, menyebabkan bau mulut, serta meningkatkan risiko gigi berlubang, peradangan gusi (gingivitis), dan pembentukan karang gigi.

Baca Juga: Polishing Gigi: Prosedur dan Perbedaannya dengan Scaling

Apa Itu Karang Gigi?

Lalu, apa itu karang gigi? Karang gigi sebenarnya masih memiliki kaitan dengan pembentukan plak pada permukaan gigi. Karena, karang gigi dapat terbentuk ketika plak gigi tidak dibersihkan dengan baik. 

Karang gigi atau dental calculus adalah plak yang mengeras dan melekat pada permukaan gigi dalam jangka waktu yang lama berkat bantuan saliva atau air liur. Secara lokasi, karang gigi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu karang gigi supragingival (terletak di atas garis gusi dan menyerupai kapur) dan karang gigi subgingival (terletak di bawah garis gusi dan berwarna gelap).

Jika pembentukan karang gigi di permukaan gigi sudah mulai terlihat, penting bagi Anda untuk membersihkan karang gigi tersebut dengan segera. Hal ini dikarenakan, jika karang gigi dibiarkan, maka karang gigi tersebut dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi, seperti menjadi kuning, cokelat, atau bahkan hitam. Selain itu, keberadaan karang gigi juga dapat mengikis gigi, menyebabkan gigi tanggal, dan memicu peradangan pada gusi (gingivitis). 

Baca Juga: 7 Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Apa Saja Perbedaan Plak dan Karang Gigi?

Melalui kedua pengertian di atas, sebenarnya Anda sudah dapat mengetahui perbedaan plak dan karang gigi secara garis besar. Jika dapat disimpulkan, perbedaan antara plak dan karang gigi terletak pada tekstur yang dimilikinya. 

Plak adalah lapisan tipis yang terbentuk dalam waktu singkat, yaitu antara 1 hingga 2 hari yang diakibatkan karena kebiasaan malas menjaga kebersihan gigi. Sebaliknya, karang gigi adalah hasil dari pengerasan dan akumulasi plak yang telah berubah warna menjadi kecoklatan. 

Perbedaan plak dan karang gigi juga terletak dari segi penanganannya. Plak gigi dapat ditangani atau dihilangkan dengan menyikat gigi secara rutin dan melakukan flossing atau membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi menggunakan benang. 

Namun, jika plak telah berubah menjadi karang gigi, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk membersihkannya. Karena karang gigi lebih sulit untuk dibersihkan atau dihilangkan dengan metode pembersihan gigi yang biasa. 

Kondisi karang gigi sendiri hanya dapat dibersihkan dengan alat ultrasonic scaler atau hand instrument. Alat ultrasonic scaler ini nantinya akan bekerja dengan menghasilkan getaran berkecepatan tinggi pada ujungnya, atau yang biasa disebut dengan istilah scaler tip. Getaran berkecepatan tinggi ini dapat efektif memecah dan menghilangkan karang gigi, bahkan pada area yang sulit dijangkau.  

Selain itu, penting juga untuk Anda perhatikan, bahwa karang gigi yang tidak segera ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh kemampuan bakteri dalam mulut yang masuk ke dalam aliran darah dan berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. 

Banner Plastic Dentist

Bagaimana Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan plak dan karang gigi dengan baik da benar.

1. Rajin Sikat Gigi

Untuk membersihkan gigi dari plak dan karang gigi, penting untuk secara rutin menyikat gigi dengan memastikan semua bagian gigi terjangkau dengan baik. Lakukan sikat gigi selama 2 menit, dua kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur.

2. Menyikat Gigi dengan Teknik yang Tepat

Meskipun Anda telah rutin menyikat gigi, plak dan karang gigi masih tetap dapat menumpuk di mulut? Ini mungkin disebabkan oleh teknik menyikat gigi yang kurang tepat. Disarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dimulai dari gigi geraham dan mengarahkan sikat dari atas ke bawah, dilakukan selama 30 detik untuk setiap bagian. Hal ini bertujuan agar plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dapat dihilangkan dengan sempurna.

3. Flossing

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan benang gigi atau flossing bisa membantu menghilangkan plak baru di gigi. Ini karena benang gigi dapat mencapai sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat biasa. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan flossing setelah menyikat gigi agar plak dan sisa makanan dapat dibersihkan dengan lebih efektif.

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Plak dan Karang Gigi di Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Plak dan Karang Gigi
Source: freepik.com

Jika Anda menghadapi permasalahan plak atau karang gigi, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis yang terampil dan berpengalaman, seperti dokter gigi yang berada di Plasthetic Clinic cabang Aceh

Plasthetic Clinic sendiri menawarkan berbagai rekomendasi perawatan gigi yang dapat membantu Anda dalam menjaga dan mengembalikan kesehatan gigi, termasuk perawatan dalam menghilangkan plak dan pembersihan karang gigi.

Untuk permasalahan plak dan karang gigi, Anda bisa melakukan perawatan Scaling gigi. Scaling gigi adalah prosedur yang digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang telah mengeras. Ini adalah tindakan medis yang aman dan efektif yang dapat membantu Anda dalam menghindari permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius. 

Baca Juga: 5 Cara Kerja Alat Scalling Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah siap mendapatkan gigi yang sehat dan senyuman yang bersinar? Segera kunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh guna melakukan perawatan pembersihan plak dan karang gigi secara teratur! 

Sebelumnya, lakukan konsultasi dengan dokter yang terkait dulu agar Anda dapat menghindarkan risiko dan efek samping yang mungkin muncul selama proses perawatan berlangsung. Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh atau langsung menghubungi tim kami di sini.

Semoga informasi mengenai perbedaan plak dan karang gigi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

laser-q-switched-nd-yag-adalah

Laser Q-Switched Nd YAG, Prosedur, dan Manfaatnya untuk Kulit

Read More
laser-resurfacing-adalah

Laser Resurfacing: Jenis, Manfaat, Risiko, serta Prosedurnya

Read More
cara-mengencangkan-kulit-wajah-pria

7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Pria

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!