Mengenal Cara Triple Cleansing Wajah dan Manfaatnya

cara-triple-cleansing

Mengenal Cara Triple Cleansing Wajah dan Manfaatnya

Di Tinjau oleh Dokter

Selain menerapkan metode double cleansing untuk membersihkan wajah, saat ini ada tren lain yang sedang populer, yaitu metode triple cleansing. Metode triple cleansing sendiri merupakan cara membersihkan wajah dengan menggunakan produk berbasis minyak dan air untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup yang menempel di kulit. Sebelum Anda menerapkan metode triple cleansing dalam perawatan wajah, penting untuk memahami cara triple cleansing terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut, mari kita simak artikel Plasthetic Clinic di bawah ini dengan seksama!

Apa Itu Triple Cleansing Wajah?

Triple cleansing adalah teknik pembersihan wajah yang melibatkan dua langkah pencucian dengan menggunakan produk yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua kotoran, makeup, minyak berlebih, dan partikel polusi yang menempel pada kulit. Metode triple cleansing ini telah menjadi tren dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit karena terbukti efektif dalam membersihkan dan merawat kulit secara menyeluruh.

Biasanya, triple cleansing melibatkan penggunaan produk berbasis minyak seperti cleansing oil atau cleansing balm. Produk ini bekerja dengan melarutkan sebum, makeup, kotoran, dan minyak yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan air biasa. Produk berbasis minyak ini efektif dalam mengangkat debu dan minyak berlebih dari permukaan kulit, membuat proses pembersihan menjadi lebih mudah. Selain itu, produk berbasis minyak cenderung lebih lembut pada kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit selama proses pembersihan.

Frekuensi penggunaan metode triple cleansing sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing individu. Jika Anda jarang menggunakan makeup atau tinggal di lingkungan dengan polusi yang rendah, maka Anda cukup melakukan triple cleansing dua hingga tiga kali seminggu pada malam hari. Namun, jika Anda sering menggunakan makeup tebal atau tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi, sebaiknya meningkatkan frekuensi metode triple cleansing sekitar empat hingga lima kali per minggu.

Apa Saja Manfaat Triple Cleansing Wajah?

Menerapkan teknik triple cleansing dalam rutinitas perawatan kulit wajah Anda tentu akan menghadirkan beragam manfaat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Membersihkan Wajah hingga ke Pori-pori

Penumpukan kotoran dan minyak berlebih di permukaan kulit wajah seringkali menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Menerapkan teknik triple cleansing dalam perawatan wajah dapat membantu membersihkan kulit hingga ke dalam lapisan pori-pori terdalam. Hal ini memastikan bahwa semua kotoran dan residu pada kulit dapat dihilangkan dengan sempurna, sehingga memberikan pembersihan yang menyeluruh.

Baca Juga: 5 Penyebab Pori-pori Wajah Membesar serta Cara Mengatasinya

2. Mencegah Jerawat dan Komedo

Dengan membersihkan kulit wajah hingga ke lapisan terdalam pori-pori, metode triple cleansing dapat membantu untuk mencegah munculnya jerawat dan komedo yang dapat disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. 

3. Membantu Wajah Tampak Lebih Glowing

Melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dengan teknik triple cleansing dapat membantu kulit wajah dalam menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini akan merangsang proses regenerasi sel kulit menjadi lebih efektif, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Kulit yang bersih dan bebas dari kotoran juga akan memberikan tampilan wajah yang lebih segar dan muda.

Baca Juga: Apa itu Facial Mikrodermabrasi? Ini Prosedur dan Manfaatnya

4. Meningkatkan Tekstur Kulit

Metode pembersihan triple cleansing juga berkontribusi pada peningkatan tekstur kulit. Dengan menghilangkan sel kulit mati, metode ini dapat membuat kulit terasa lebih halus, lembut, dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Menyiapkan Kulit untuk Penyerapan Produk Perawatan

Setelah melalui tahapan triple cleansing, kulit wajah akan menjadi lebih siap untuk menyerap manfaat dari produk perawatan kulit berikutnya. Dengan pori-pori yang bersih dan kulit yang bebas dari segala kotoran, produk seperti serum, essence, dan pelembap dapat menyerap lebih baik dan bekerja dengan lebih efektif pada kulit.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Triple Cleansing Wajah?

Meskipun metode ini tampak sederhana, namun ada beberapa cara triple cleansing wajah yang perlu diperhatikan agar Anda dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan kulit wajah Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menggunakan Cleansing Oil

Langkah pertama dalam metode triple cleansing adalah dengan membersihkan wajah menggunakan cleansing oil. Cleansing oil sendiri dinilai efektif dalam melarutkan SPF, sebum, bahkan makeup waterproof yang telah menempel pada kulit wajah sepanjang hari. 

Dalam melakukan langkah ini, Anda hanya perlu mengoleskan cleansing oil secara merata ke seluruh wajah dan kemudian melakukan pemijatan lembut untuk membantu melarutkan semua kotoran. 

Menggunakan cleansing oil dalam membersihkan wajah menjadi salah satu langkah yang cukup penting, karena langkah ini dapat membantu mengangkat semua kotoran dan makeup sebelum melanjutkan ke tahap pembersihan selanjutnya.

2. Menggunakan Micellar Water 

Setelah menggunakan cleansing oil, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water. Penggunaan micellar water dalam tahapan triple cleansing sendiri dianggap efektif dalam menghapus sisa kotoran dan makeup yang mungkin masih tersisa setelah menggunakan cleansing oil

Saat melangkah pada tahap ini, Anda bisa menuangkan micellar water ke kapas dan mengoleskannya merata ke seluruh wajah dengan gerakan memijat secara lembut. Pastikan juga untuk mencakup area-area dengan makeup yang lebih tebal, seperti mata dan bibir. 

Baca Juga: PRP Facial: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Melakukannya

3. Mengaplikasikan Sabun Cuci Muka

Setelah Anda melakukan pembersihan wajah dengan menggunakan cleansing oil dan micellar water, maka langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan wajah dengan sabun muka atau facial cleanser. Tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan segala sisa kotoran yang belum terangkat oleh produk sebelumnya dan juga untuk membersihkan sisa produk pembersih yang masih menempel pada kulit Anda.

Dalam langkah ini, Anda hanya perlu mengaplikasikan sabun muka secara merata ke seluruh wajah dan melakukan pijatan lembut selama beberapa saat untuk meratakan ke seluruh bagian wajah. Saat melakukan langkah ini, pastikan Anda menggunakan sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda dan bebas dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain menerapkan metode triple cleansing, Anda juga dapat menjalani beberapa perawatan di klinik kecantikan guna melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dan mendapatkan hasil kulit yang bersih, cerah, dan bercahaya. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan wajah yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic guna mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bersinar. 

1. Facial

Facial merupakan salah satu rangkaian basic skin treatment di Plasthetic Clinic yang memiliki tujuan untuk membersihkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah Anda. Metode perawatan satu ini dianggap efektif dalam menjaga kulit wajah tetap muda dan meningkatkan kesehatan kulit.

2. Aqua Pure Facial

Apabila Anda ingin merasakan perawatan wajah menggunakan teknologi dari Korea Selatan, Anda dapat menjalani perawatan Aqua Pure Facial. Perawatan ini bertujuan untuk membersihkan komedo, mengangkat sel kulit mati, memberikan nutrisi, serta dapat memberikan kelembapan yang mendalam dan menyeluruh untuk kulit Anda.

Baca Juga: Berapa Kali Sebaiknya Melakukan Facial Wajah? Ini Waktu Idealnya!

3. Premium Glow

Perawatan Premium Glow adalah salah satu jenis perawatan yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk ketidakrataan warna kulit. Dengan menjalani perawatan ini, kulit wajah Anda dapat terlihat lebih cerah, bercahaya, dan sehat.

Sebelum Anda memilih salah satu dari perawatan ini, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Konsultasi ini penting karena selama pertemuan tersebut, dokter akan mengevaluasi kondisi kulit wajah Anda dan merekomendasikan perawatan yang sesuai.

Selain itu, konsultasi juga membantu Anda memahami potensi risiko dan efek samping yang mungkin timbul setelah menjalani prosedur perawatan. Untuk melakukan konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai cara triple cleansing di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Susan Arlya

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-merapatkan-selaput-dara

Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

Read More
penyebab-kantung-mata

Kenali Penyebab Kantung Mata Menjadi Kendur dan Kehitaman

Read More
apa-yang-harus-dilakukan-setelah-cabut-gigi

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi? Simak Disini!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!