Apa itu Facial Mikrodermabrasi? Ini Prosedur dan Manfaatnya

facial-mikrodermabrasi

Apa itu Facial Mikrodermabrasi? Ini Prosedur dan Manfaatnya

Di Tinjau oleh Dokter

Kebanyakan orang, terutama wanita, menginginkan kulit wajah yang bersih, memiliki lapisan kulit halus serta bercahaya. Untuk mencapainya, banyak upaya yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menjalani facial mikrodermabrasi.

Facial mikrodermabrasi ialah metode peremajaan kulit yang sangat populer di dunia kecantikan. Facial mikrodermabrasi dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan karena dapat memperbaharui tampilan kulit terlihat  lebih cerah apabila pemakaian dilakukan secara teratur.

Apa Itu Facial Mikrodermabrasi?

Facial mikrodermabrasi adalah prosedur dermatologis yang berfungsi dengan lembut menghilangkan lapisan tekstur kulit atas. Facial mikrodermabrasi ini digunakan untuk  dapat memudarkan bekas jerawat, meratakan warna kulit, serta mencerahkan warna dan tekstur kulit kusam akibat sinar matahari, bekas luka, atau kondisi lainnya.

Selain itu, prosedur facial mikrodermabrasi ini sering digunakan untuk menghilangkan kerutan, garis halus, tanda penuaan, pengelupasan kulit, dan kondisi kulit lainnya.

Perawatan facial mikrodermabrasi biasanya dilakukan oleh dokter kulit ataupun ahli kecantikan. Prosedur ini dapat menghabiskan waktu sekitar 30 menit serta dapat digabungkan dengan treatment lain. Facial mikrodermabrasi ini tidak menimbulkan rasa sakit serta memerlukan beberapa treatment yang lainnya untuk dapat mencapai hasil yang maksimal.

Apa Saja Manfaat Facial Mikrodermabrasi?

Manfaat mikrodermabrasi aman untuk dapat dilakukan oleh semua orang, dikarenakan perawatan ini tidak memerlukan anestesi, serta telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Perawatan facial mikrodermabrasi ini dapat berfungsi untuk menghilangkan sel-sel dari lapisan atas kulit dan mendorong sel-sel baru untuk dapat beregenerasi lebih cepat dari biasanya. Hasilnya, kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Berikut ini ialah berbagai manfaat yang dapat dihasilkan dari perawatan facial mikrodermabrasi yang harus Anda ketahui:

1. Mengurangi Garis Halus, Kerutan dan Perubahan Warna Kulit

Salah satu alasan paling umum untuk melakukan facial mikrodermabrasi ialah mengurangi garis halus pada area wajah. Perawatan wajah ini juga dapat mengurangi kerutan karena usia, stres, serta kerusakan akibat paparan sinar matahari secara langsung. Alasan lain melakukan facial mikrodermabrasi adalah untuk mencerahkan kulit wajah.

2. Mengurangi Bintik Penuaan

Banyak orang memiliki perawatan facial mikrodermabrasi i untuk mengobati hiperpigmentasi.  Termasuk juga melasma, bintik hitam pada kulit dan segala macam bintik penuaan.

3. Mengurangi Pori-Pori Yang Membesar dan Komedo

Facial mikrodermabrasi tidak dianjurkan jika Anda memiliki jerawat aktif ataupun kulit yang teriritasi, seperti komedo. Akan tetapi, jika Anda sering mengalami komedo, perawatan ini bisa menjadi cara untuk dapat mengecilkan pori-pori, lho.

4. Mengobati Bekas Jerawat

Facial mikrodermabrasi mungkin tidak efektif untuk jerawat aktif karena hal ini dapat memperburuk gejala serta memperpanjang durasi jerawat. Akan tetapi, menurut penelitian perawatan kulit, hal itu bisa berdampak positif pada jerawat, tergantung dari apa yang memicu jerawat tersebut.

Selain itu, facial mikrodermabrasi dapat efektif mengurangi munculnya bekas jerawat. Sayangnya, prosedur ini tidak menghilangkan bekas jerawat yang terdalam.

5. Memudar Stretch Mark

Facial mikrodermabrasi ini sama efektifnya dengan perawatan populer lainnya, lho teman Plasthetic. Facial mikrodermabrasi  ini mengandung krim tretinoin untuk mengobati stretch mark. Perawatan kulit ini dapat meningkatkan pergantian sel, yang dapat mempercepat kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Inilah alasan mengapa perawatan facial mikrodermabrasi sangat efektif saat stretch mark pertama kali muncul.

Baca Juga: Dermabrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kelebihan, dan Rekomendasinya

Bagaimana Prosedur Mikrodermabrasi?

Perawatan facial mikrodermabrasi dilakukan oleh dokter ataupun ahli kecantikan menggunakan peralatan khusus yang mengangkat lapisan permukaan kulit dengan lembut. Ada berbagai jenis prosedur facial mikrodermabrasi, setiap perawatan ini dapat berlangsung sekitar 30-40 menit. Prosedurnya juga berbeda pada setiap jenis facial mikrodermabrasi

1. Mikrodermabrasi Diamond

Alat yang diaplikasikan ini memiliki ujung seperti berlian (diamond) yang dirancang khusus untuk dapat mengangkat sel kulit mati. Alat tersebut menyerap sel kulit mati. Kedalaman abrasi yang dapat dipengaruhi tekanan pada alat dan berapa lama hisapan dibiarkan tetap berada pada area kulit. Aplikator facial mikrodermabrasi jenis ini biasanya digunakan pada area wajah yang sensitif seperti pada area dekat mata.

2. Mikrodermabrasi Kristal

Facial mikrodermabrasi kristal ini diaplikasikan dengan menggunakan alat yang mengeluarkan dan menyemprotkan kristal halus untuk dapat mengelupas lapisan luar kulit dengan lembut. Seperti  facial mikrodermabrasi diamond, sel kulit mati langsung terserap. kristal yang berbeda sekarang digunakan, aluminium oksida serta natrium bikarbonat.

3. Hydra Dermabrasi

Hydra dermabrasi merupakan metode yang lebih baru dalam jenis facial mikrodermabrasi. Prosedur hydra dermabrasi melibatkan pengelupasan dan pemasukan produk secara bersamaan ke dalam kulit. Proses ini dirancang untuk dapat merangsang produksi kolagen serta memaksimalkan aliran darah ke dalam kulit.

Baca Juga: PRP Facial: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Melakukannya

Banner-Plastic-Aesthetic

Apa Saja Risiko Efek Samping dari Facial Mikrodemabrasi?

Perawatan mikrodermabrasi memang bisa meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, sehingga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi kepada sel-sel kulit. Hal itu bermanfaat, kulit menjadi lebih lembut, elastis, dan terlihat awet muda. Namun, apakah terdapat efek samping yang mungkin terjadi akibat perawatan kecantikan satu ini?

Sebenarnya, facial mikrodermabrasi memiliki efek samping yang tidak terlalu tinggi. Mungkin setelah perawatan, kulit wajah akan menjadi sedikit kemerahan atau terasa perih, walau bersifat sementara. Beberapa efek samping lainnya yang mungkin akan timbul seperti:

  • Pembengkakan pada kulit.
  • Munculnya memar di sejumlah area kulit.
  • Sensasi kulit terbakar atau perih.
  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Oleh karena itu, setelah menjalani prosedur mikrodermabrasi, kamu penting untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk membantu memaksimalkan hasil perawatan dan mengurangi potensi efek samping yang mungkin saja terjadi.

Namun, perlu diingat juga bahwa perawatan facial mikrodermabrasi ini mungkin tidak akan cocok untuk kamu yang mudah memiliki bekas luka atau mempunyai jerawat wajah yang cukup parah.

Bagaimana Tips Perawatan Setelah Melakukan Facial Mikrodermabrasi?

Karena proses facial mikrodermabrasi bekerja pada permukaan kulit, beberapa efek samping pun dapat terjadi. Seperti, nyeri, bengkak ataupun mudah memar. Kulit biasanya sedikit memerah setelah melakukan perawatan ini, namun memudar hanya dalam waktu beberapa jam.

Efek samping lain yang Anda mungkin rasakan adalah adanya sedikit sensasi seperti terbakar sinar matahari sekitar satu hari setelah perawatan. Perawatan jerawat, serta facial cleansing juga bisa menyengat jika Anda menerapkannya tepat setelah perawatan mikrodermabrasi. Yang terbaik adalah menunda rutinitas perawatan kulit sepanjang hari.

Riasan, pelembab, serta pembersih yang tidak mengandung bahan aktif apa pun dapat langsung digunakan tanpa masalah setelah perawatan. Akan tetapi, ingat untuk menggunakan sunscreen karena setelah perawatan, kulit menjadi sedikit lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga: Ketahui 3 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Facial Mikrodermabrasi Terbaik di Plasthetic?

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan facial mikrodermabrasi yang direkomendasikan Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, yaitu:

1. Acne Facial

Acne facial adalah perawatan menghilangkan komedo serta dapat menyegarkan wajah, treatment inipun dinilai mampu untuk dapat menghilangkan jerawat serta bekas jerawat pada wajah Anda, lho.

2. Aqua Pure Facial 

Aqua pure facial  merupakan perawatan dengan menggunakan teknologi mikrodermabrasi terbaru yang dapat membantu memulihkan kesehatan dan meremajakan kulit, menjadikan kulit lebih segar, terhidrasi, bersih dan awet muda.

Jika ingin kulit lebih bercahaya, halus serta ternutrisi, Facial Mikrodermabrasi  bisa menjadi alternatif. Manfaat facial mikrodermabrasi  untuk area wajah cukup besar dan sudah terbukti secara medis. Namun, ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan facial mikrodermabrasi  ini agar hasilnya benar-benar optimal dan memuaskan. Maka dari itu, Anda dapat mendatangi klinik kecantikan Plasthetic Clinic untuk dapat berkonsultasi ataupun melakukan perawatan yang sesuai dengan permasalahan Anda dengan dokter kami. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic!

Di Review Oleh:

dr. Susan Arlya

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

double-chin

5 Cara Menghilangkan Double Chin dengan Cepat dan Mudah

Read More

Cara Membuat Rahang Tegas dengan Mudah untuk Mencapai Penampilan Ideal

Read More
laser-treatments-1

Laser Acne: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan, dan Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!