Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Penumpukan lemak yang terjadi pada dagu atau yang lebih kita sering dengar dengan istilah double chin merupakan kondisi yang disebabkan oleh terbentuknya lapisan lemak submental pada area dagu. Meski kondisi ini dibilang tidak terlalu berbahaya, akan tetapi sangat mempengaruhi penampilan. Pasalnya, area lemak di bawah dagu dapat membuat wajah terlihat kurang estetik serta lebih gemuk. Untuk itu banyak orang berlomba-lomba untuk dapat menghilangkan double chin ini, salah satunya dengan liposuction. Tapi, apasih chin liposuction ini? Yuk ketahui dahulu lebih lanjut mengenai Chin Liposuction!

Apa Itu Chin Liposuction?

Chin Liposuction  merupakan prosedur bedah kosmetik yang berfungsi untuk dapat menghilangkan lemak pada area bawah dagu. Kondisi seperti ini disebut juga dengan double chin. Prosedur untuk prosedur ini dilakukan dengan sedot lemak. Selama prosedur, dokter akan menggunakan kanul hisap untuk dapat menyedot lemak.

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Wajah Secara Ampuh Agar Terlihat Tirus

Apa Saja Penyebab Menumpuknya Lemak di Bawah Dagu?

Berikut ini adalah penyebab lemak di bawah dagu, simak selengkapnya.

1. Genetik

Faktor genetik atau keturunan lebih dominan mempengaruhi penumpukan lemak di area dagu serta leher. Apalagi jika orang tua Anda memiliki lapisan kulit yang terlihat kurang elastis, kemungkinan terjadinya double chin pada Anda akan lebih tinggi.

2. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menjadi kurang elastis dan wajah Anda akan tampak kurang kencang karena kurangnya kolagen. Selain itu, proses penuaan dapat menyebabkan terbentuknya kulit berlebih dan kendur sehingga menyebabkan dagu dan leher berlipat ganda.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Mengadopsi gaya hidup yang tidak sehat berkontribusi banyak pada penumpukan lemak di sekitar leher. Seperti mengonsumsi makanan olahan dengan kalori dan lemak atau kurangnya aktivitas fisik, yang menyebabkan kenaikan berat badan seiring waktu.

4. Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk, contohnya sering menunduk ataupun membungkuk, dapat melemahkan otot leher dan rahang. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan dagu berlipat dikarenakan  kulit di sekitarnya kehilangan elastisitasnya saat otot tidak lagi digunakan

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Double Chin Tanpa Operasi dengan Face Tite

Bagaimana Prosedur Chin Liposuction?

Chin liposuction merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di area bagian bawah dagu. Sayatan ini dibuat untuk rute memasukkan alat liposuction, yaitu Kanula. Kanula  berguna sebagai saluran hisap lemak, yang kemudian diarahkan ke rahang bawah.

Setelah sedot lemak selesai, proses selanjutnya adalah menutup area sayatan. Sayatan ini ditutup menggunakan teknik penjahitan. Semua sayatan yang dibuat ditutup dengan 1 atau 2 jahitan. Prosedur biasanya memakan waktu 1-2 jam.

Agar prosedur ini dapat berjalan lancar, Anda harus mengunjungi dokter, hal ini karena konsultasi memainkan peran penting dalam menentukan hasil dan tindakan pasien.

Berikut ini adalah prosedur Chin Liposuction secara berurutan, yaitu:

  1. Melakukan konsultasi dengan dokter bedah plastik yang sudah berpengalaman
  2. Dokter akan memberi anestesi dengan sedasi intravena ataupun anestesi umum
  3. Dokter akan membuat sayatan kecil dibuat di sekitar dagu
  4. Dilanjutkan dengan sedot lemak menggunakan alat medis khusus.
  5. Kemudian, dokter akan menutup area insisi dengan teknik penjahitan.
BS

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Double Chin Terbaik di Plasthetic

perawatan menghilangkan double chin

Source: freepik.com

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan di Plasthetic Clinic untuk Anda dapat menghilangkan Chin Liposuction, yaitu:

1. Double Chin Liposuction

Double chin liposuction  merupakan  prosedur pembedahan yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di  area bagian bawah dagu. Sayatan ini dibuat untuk rute memasukkan alat suction yang dinamakan kanula. Kanula hisap berguna sebagai saluran hisap lemak, yang kemudian diarahkan ke rahang bawah.

Prosedur double chin liposuction  ini memerlukan nasihat medis serta harus dilakukan dengan dokter berlisensi. Biasanya dokter akan menanyakan alergi obat terlebih dahulu yang Anda alami. Dokter juga akan menyarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu sebelum melakukan prosedur ini, meskipun sangat efektif, prosedur inipun tidak boleh dilakukan pada pasien dengan riwayat diabetes, penyakit jantung atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Chin Augmentation

Chin augmentation  merupakan prosedur operasi plastik yang bertujuan untuk dapat memperbaiki bentuk dagu atau memperbesar ukurannya. Dalam prosedur rekonstruksi, prosedur Chin Augmentation ini dilakukan dengan memasukkan implan buatan. Pembesaran dagu dilakukan untuk meningkatkan ukuran dagu yang Anda inginkan.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Double Chin dengan Mudah dan Efektif

Sebenarnya, siapa pun bisa mempelajari cara menghilangkan double chin ini. Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah dengan double chin.  Namun, untuk prosedur yang lebih akurat, operasi double chin ini memiliki kriteria tersendiri bagi pasien.

Untuk itu, tahap konsultasi sangatlah penting dilakukan secara detail. Selama masa konsultasi, dokter juga melakukan pemeriksaan fisik pada kulit pasien. Jika kekenyalan kulit masih mencukupi, dapat dilakukan operasi lagi.

Prosedur menghilangkan lemak di bawah dagu juga dianjurkan untuk orang yang kelebihan berat badan. Alasannya adalah orang gemuk memiliki lemak yang sangat sulit untuk dihilangkan. Maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan secara efektif adalah sedot lemak atau liposuction. Untuk saran lebih lanjut Anda dapat menghubungi Plasthetic Clinic di nomor  0811-1769-199 atau Anda bisa langsung datang ke Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir di alamat Jalan Danau Tondano No.12, RT.11/RW.5, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210. 

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Di Review Oleh:

dr. Nathania Pudya SpBP-RE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Pahami 8 Pantangan Filler Dagu yang Harus Diperhatikan

Read More

Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Read More

5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!