Bagaimana Cara Agar Jerawat Cepat Kempes? Ini 6 Langkahnya

bagaimana cara agar jerawat cepat kempes

Bagaimana Cara Agar Jerawat Cepat Kempes? Ini 6 Langkahnya

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan kulit wajah yang umumnya dialami oleh setiap individu adalah jerawat. Apabila tidak ditangani dengan benar, kondisi jerawat ini bisa bertambah parah hingga membesar dan membengkak. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara agar jerawat cepat kempes, penting untuk memahami apa saja penyebab yang dapat membuat jerawat semakin membesar dan membengkak. Untuk mengetahui lebih lanjut, teman Plasthetic bisa langsung menyimak artikel berikut ini hingga tuntas ya!

Apa Saja Penyebab Jerawat Semakin Membesar atau Bengkak?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya yang menyebabkan jerawat Anda bertambah parah? Memahami penyebab di balik jerawat yang semakin membesar dan membengkak tidak hanya penting untuk mengetahui pengobatan yang tepat, melainkan juga penting untuk mencegah munculnya jerawat baru. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang berperan dalam memperburuk kondisi jerawat.

1. Produksi Sebum Berlebih

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous dalam kulit. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menjadi tempat ideal bagi bakteri penyebab jerawat (P. acnes) untuk berkembang, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat yang meradang dan membengkak.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit wajah secara alami melakukan pergantian sel-selnya sekitar 28 hari. Namun, ada kalanya siklus ini bisa menjadi lebih lama, yang mengakibatkan sel-sel kulit mati tidak terkelupas dengan baik dan menumpuk di permukaan kulit. Penumpukan sel kulit mati inilah yang dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan terperangkap bersama sebum, sehingga menyebabkan jerawat tumbuh di permukaan kulit wajah.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

3. Bakteri

Bakteri, khususnya Propionibacterium acnes (P. acnes), menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan peradangan pada jerawat. Bakteri ini sendiri bisa berkembang biak di dalam pori-pori wajah yang tersumbat, yang mengakibatkan jerawat menjadi meradang, membesar, dan membengkak.

4. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, atau karena penggunaan kontrasepsi hormonal, dapat meningkatkan produksi sebum. Peningkatan sebum inilah yang seringkali berujung pada kondisi jerawat menjadi lebih parah.

5. Faktor Lingkungan dan Gaya Hidup

Faktor lingkungan, termasuk polusi, tingkat kelembapan, dan paparan sinar matahari, nyatanya dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Selain itu, gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat, kekurangan tidur, dan stres juga bisa memperburuk kondisi jerawat. Keseluruhan faktor inilah yang dapat menyebabkan inflamasi dan memperburuk kondisi jerawat.

Bagaimana Cara Agar Jerawat Cepat Kempes?

Jika Anda memiliki kondisi jerawat yang tidak kunjung membaik, dan terus membesar hingga membengkak, tentu Anda akan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara agar jerawat cepat kempes? 

Mengatasi jerawat yang membesar dan membengkak sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, asalkan Anda mengetahui tekniknya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat jerawat yang membengkak menjadi lebih cepat kempes.

1. Mengobati Jerawat dengan Kandungan Tea Tree Oil

Kandungan tea tree oil telah dikenal sejak lama karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang efektif dalam menangani permasalahan jerawat. Penggunaan produk skincare yang mengandung tea tree oil dapat membantu Anda dalam mengurangi peradangan dan membunuh bakteri pada jerawat. 

2. Melembapkan Wajah dengan Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya juga telah lama dikenal karena kemampuannya dalam menenangkan dan melembapkan kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat. Tidak hanya itu, kandungan aloe vera juga mampu memberikan kelembapan dan ketenangan yang cukup baik pada kulit wajah yang sedang mengalami kekeringan atau terbakar. 

3. Mengompres Jerawat dengan Es Batu

Mengompres jerawat dengan es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Dalam melakukan cara ini, bungkuslah es batu dengan kain bersih dan kompreskan pada area jerawat yang membengkak selama beberapa menit. Penting untuk diingat bahwa Anda perlu menghindari menempelkan es batu secara langsung ke kulit wajah guna mencegah iritasi pada kulit.

Banner Plastic Aesthetic

4. Menghindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat memperparah peradangan dan meningkatkan risiko timbulnya bekas luka. Maka dari itu, Anda perlu menghindari kebiasaan memencet jerawat guna mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Baca Juga: Acne Prone Skin Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Mengganti Sarung Bantal

Kotoran dan minyak dari kulit wajah yang menempel pada sarung bantal dapat berkontribusi pada timbulnya jerawat. Oleh karena itu, Anda perlu mengganti sarung bantal secara teratur, setidaknya satu kali seminggu, guna menjaga kebersihan dan mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit.

6. Menggunakan Produk Makeup yang Mengandung Skincare

Jika Anda ingin menggunakan makeup saat jerawat sedang meradang, maka Anda dapat memilih produk makeup yang mengandung skincare di dalamnya. Hal ini bertujuan agar kulit wajah Anda tetap mendapatkan manfaat yang baik walaupun sedang menggunakan makeup

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Jerawat dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Jerawat
Source: envanto.com

Apabila Anda memiliki kondisi jerawat yang membesar, membengkak dan tidak kunjung membaik, maka jangan ragu untuk mencari bantuan professional dengan mengunjungi Plasthetic Clinic.

Di Plasthetic Clinic, kami menyediakan serangkaian perawatan yang dirancang khusus untuk mengatasi jerawat secara efektif. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan jerawat.

1. Acne Facial

Acne Facial merupakan perawatan yang dirancang untuk menangani masalah jerawat. Perawatan ini mencakup pembersihan wajah secara mendalam yang bertujuan untuk mengangkat kotoran dan komedo kulit wajah. Perawatan ini tidak hanya difokuskan untuk mengatasi jerawat yang sudah ada, melainkan juga bertujuan untuk mencegah munculnya jerawat baru pada lapisan kulit wajah.

2. IPL / Smart Rejuvenation

IPL (Intense Pulsed Light) atau Smart Rejuvenation adalah perawatan yang akan dilakukan dengan menggunakan cahaya berintensitas tinggi yang diarahkan pada kulit wajah. Perawatan ini dinilai sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. 

Teknologi IPL memiliki peranan dalam mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, serta membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, IPL juga membantu meningkatkan regenerasi sel kulit, membuat kulit wajah terlihat lebih sehat dan cerah setelah perawatan.

Baca Juga: IPL Treatment Adalah: Definisi, Manfaat dan Cara Melakukannya

3. Acne Injection

Acne Injection merupakan perawatan yang dilakukan dengan menyuntikkan obat langsung ke jerawat, khususnya pada jerawat yang meradang dan sulit untuk diatasi. Perawatan ini umumnya akan dilakukan dengan menggunakan bahan anti-inflamasi yang efektif dalam meredakan peradangan. Acne Injection sangat cocok bagi Anda yang ingin cepat menangani jerawat besar dan meradang, dengan hasil yang dapat dilihat dalam beberapa hari setelah perawatan.

Mengatasi jerawat yang membesar dan membengkak memang membutuhkan kesabaran yang lebih. Jika kondisi jerawat Anda tidak kunjung membaik, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan perawatan di Plasthetic Clinic melalui beberapa treatment yang difokuskan untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Namun, sebelum melakukan perawatan, penting bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Sebab, proses konsultasi ini bertujuan agar dokter dapat memahami kondisi Anda dan memberikan perawatan yang tepat. 

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda, atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai bagaimana cara agar jerawat cepat kempes di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr. Vera

Sumber:

  • https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast#aloe-vera 
  • https://www.glamour.com/story/how-to-get-rid-of-a-pimple

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Operasi Bibir Sumbing: Definisi, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More

Protected: Skin Barrier Adalah: Fungsi, Ciri, dan Cara Merawatnya

Read More

Dermal Filler: Pengertian, Tujuan, dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!