Laser Acne: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan, dan Efek Sampingnya

laser-treatments-1

Laser Acne: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan, dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Banyak orang yang ingin bebas dari jerawat yang berkepanjangan dan memiliki kulit wajah yang mulus. Laser acne merupakan cara yang sangat efektif dalam mencapai hal ini. 

Meskipun begitu, laser acne dikenal sebagai perawatan yang cukup mahal di kantong, berikut merupakan berbagai serba-serbi mengenai laser acne yang perlu diketahui. 

Apa itu Prosedur Laser Acne?

Prosedur ini  merupakan pilihan yang sangat cocok bagi orang-orang yang sangat ingin memiliki kulit yang tampak lebih mulus dan terbebas dari jerawat. Laser acne merupakan salah satu treatment yang digunakan oleh dokter spKK untuk memberikan efek yang maksimal dalam perawatan kulit wajah seperti menghilangkan jerawat hingga kerutan. Penyinaran untuk tindakan laser acne dengan sinar laser tidak dapat dilakukan hanya dengan 1 kali kunjungan, akan tetapi dapat dilakukan 2 sampai 3 kali untuk mendapatkan hasil kulit yang terbebas dari jerawat serta bekas jerawat. Dibanding dengan operasi plastik, terapi laser acne relatif lebih aman dan tidak membutuhkan waktu yang berbulan – bulan untuk masa penyembuhan.

Apa Saja Manfaat dari Melakukan Prosedur Laser Acne? 

Teman Plasthetic, berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan saat Anda melakukan treatment laser acne, yaitu:

1. Menyamarkan bekas-bekas jerawat

Saat jerawat muncul pada bagian wajah, mungkin beberapa orang akan tergoda untuk memecahkan serta memencet jerawat tersebut.  Namun, aktivitas ini justru menimbulkan bekas luka di wajah, mulai dari koreng, flek hitam hingga bekas jerawat.  Tindakan laser acne dapat menyembunyikan bekas jerawat dan menghaluskan wajah saat sinar laser mencapai pori-pori yang dalam dan tertutup di kulit wajah.  Tindakan laser acne ini juga dapat mengangkat sel kulit mati dari wajah Anda.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

2. Mencerahkan  kulit

Pada saat laser acne diaplikasikan ke wajah, hal itu dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit, membuat kulit wajah lebih cerah. Metode ini disebut peremajaan kulit atau skin rejuvenation. Beberapa kali kunjungan perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang semakin signifikan. Oleh karena itu, kulit wajah seperti kerutan di bawah mata dan kontur bibir dapat dikurangi dengan melakukan laser acne.

3. Mengecilkan pori-pori pada wajah

Pori-pori besar sering menimbulkan flek hitam di wajah? Yakinlah masalah jerawat, dengan menggunakan Tindakan laser acne akan teratasi dalam waktu singkat. Salah satu fungsi laser acne adalah mengecilkan pori-pori wajah, membuat penampilan lebih flawless serta menghilangkan komedo pada wajah.

4. Menghilangkan minyak yang berlebihan

Wajah berminyak merupakan penyebab utama jerawat dan kulit kusam ya. Jadi kita harus menghindari masalah ini, ya. Salah satu caranya dengan menggunakan laser acne. Sinar laser memiliki manfaat untuk menghancurkan kelenjar minyak yang ada pada kulit, tanpa harus merobek bagian luar kulit. Dengan laser wajah, minyak pada kulit kemerahan dan berjerawat dapat lebih terkontrol dan teratasi.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Melakukan Prosedur Laser Acne? 

Untuk melakukan tindakan laser acne anda harus mengetahui step by step nya sebagai berikut ya, teman Plasthetic.

  1. Kulit di wajah harus di diagnosa oleh dokter spesialis. Diagnosis ini dimaksudkan untuk memastikan kondisi kulit. 
  2. Membersihkan kulit wajah dengan metode double cleanser. Kedua mata ditutup dengan penutup mata khusus sebelum laser acne dimulai. 
  3. Perawatan wajah laser acne ketiga dimulai. Pada tahap ini, dokter terlebih dahulu melakukan tes tingkatan panas laser pada kulit wajah. Ada tingkat panas rendah, sedang dan tinggi. Jumlah panasnya disesuaikan dengan keinginan kita dan seberapa kuat kulit di wajah bereaksi terhadap sinar panas laser. 
  4. Setelah tahap laser selesai, kemudian dokter mengaplikasikan pelembab pada kulit wajah dan mencegah iritasi dan kemerahan akibat sinar UV.

Baca Juga: Laser Acne: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Faktor Risikonya

Apa Saja Efek Samping Laser Acne?

Selain memiliki berbagai manfaat untuk bisa mendukung kulit wajah untuk tampak lebih berseri, sama dengan seperti dengan treatment yang lainnya, treatment laser acne pun tentunya memiliki efek samping yang mungkin akan muncul dan berbeda-beda pada setiap orangnya, diantaranya:

1. Kemerahan pada kulit

Kemerahan dan hiperpigmentasi cenderung menjadi efek samping yang paling umum setelah melakukan tindakan laser acne. Pemulihan setelah laser acne biasanya memakan waktu sekitar seminggu sebelum kulit sembuh dan hasilnya pasti akan terlihat.

2. Sensasi kulit seperti terbakar

Setelah  melakukan tindakan laser acne, sensasi seperti terbakar sinar matahari biasanya berlangsung selama beberapa jam, dan beberapa orang mungkin mengalami kemerahan, sedikit bengkak, dan kulit menjadi sedikit kasar.

3. Infeksi Kulit dan Kering

Meski reaksi ini terbilang jarang, akan tetapi hal ini bisa saja terjadi. Untuk itu, Dokter pastinya akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi kulit setelah melakukan tindakan laser acne.

Baca Juga: Facelift Adalah: Pengertian, Jenis, Serta Durasi Prosedurnya

Teman Plasthetic, Itulah berbagai informasi terkait dengan laser acne baik dari definisi, manfaat, efek samping, serta cara melakukan nya. Perawatan laser acne tentunya sangat berisiko mengalami kegagalan apabila hal tersebut tidak dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Maka dari itu, datanglah dan berkonsultasi  ke dokter spKK dan tempat yang telah dipercaya agar dapat menghindari segala hal yang tidak diharapkan. Jadi tetap ambil aman ya!

Plasthetic Clinic menawarkan berbagai berbagai perawatan kecantikan baik dari surgery maupun aesthetic yang sesuai dengan kebutuhanmu, dengan didampingi oleh dokter serta beautician yang berpengalaman, kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan. So, segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir segera dan dapatkan promo yang menarik di setiap kunjungan mu!

Di Review oleh:

dr. Aema Yunita Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

chin-liposuction

Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Read More
laser-treatments-1

Laser Acne: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan, dan Efek Sampingnya

Read More
macam macam operasi hidung

4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!