Ketahui 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

cara-memutihkan-kulit-belang

Ketahui 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

Di Tinjau oleh Dokter

Kulit belang setelah berjemur adalah hal yang wajar. Ini karena ketika kulit Anda terkena sinar matahari, ia menghasilkan melanin berlebih, pigmen yang mengatur warna kulit dan rambut. Melanin menumpuk untuk melindungi kulit dari sinar matahari, menyebabkan kulit menjadi gelap.

Wajah, tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang sering terkena sinar UV matahari. Dengan demikian, biasanya lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Kulit belang tentu akan merusak penampilan Anda dan membuat Anda merasa kurang percaya diri.

Kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk meratakan warna kulit Anda. Simak cara untuk membuat kulit belang Anda menjadi cerah di bawah ini yuk.

Apa Itu Kulit Belang?

Warna kulit yang tidak rata atau belang ini adalah kondisi yang tidak diinginkan karena dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini dikarenakan kulit belang tersebut memiliki perbedaan warna yang sangat mencolok antara satu bagian kulit dengan bagian kulit yang lainnya.

Kulit mempunyai pigmen yang disebut melanin dan berfungsi untuk pemberi warna kulit gelap alami (cokelat atau hitam). Apabila kulit terkena sinar matahari, kulit akan mengeluarkan melanin tersebut untuk mengurangi efek radiasi dari sinar ultraviolet (UV). 

Jika kulit semakin lama terpapar sinar matahari secara langsung, maka semakin banyak pigmen melanin yang diproduksi oleh kulit. Sehingga, bagian kulit menjadi lebih gelap dibandingkan area kulit yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Baca Juga: Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

Apa Saja Penyebab Kulit Belang?

Kulit belang tentunya dapat bervariasi baik dari segi ukuran dan letaknya yang dapat terjadi di mana saja pada tubuh. Misalnya belang pada kulit tangan dan kaki, bahkan wajah. Pada kesempatan kali ini Plasthetic Clinic akan merangkum beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kulit menjadi belang atau warna kulit tidak merata pada kulit, simak selengkapnya.

1. Melasma 

Penyakit melasma ditandai dengan adanya bintik-bintik kebiruan atau abu-abu di area wajah dan terkadang berwarna kecoklatan. Gangguan kulit ini cenderung dialami oleh wanita dengan usia 20 tahun hingga lanjut usia.

Selain itu wanita hamil juga kerap kali mengalami warna kulit belang akibat melasma. Melasma bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh wanita dan dipicu oleh paparan sinar UV atau solar lentiginosis.

2. Vitiligo

Vitiligo adalah masalah pada kulit dan terjadi karena produksi warna kulit yang terlalu sedikit atau disebut hipopigmentasi. Gangguan kulit jenis ini dapat ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih yang jika diraba halus pada permukaan kulit.

Penyebab kulit belang akibat vitiligo ini dipengaruhi oleh sel-sel penghasil pigmen kulit melanin yang rusak karena gangguan autoimun pada tubuh. Samapi saat ini, masih belum ditemukan alternatif obat yang bisa menyembuhkan vitiligo. 

3. Solar Lentiginosis

Solar lentiginosis juga biasa dikenal sebagai bintik matahari adalah perubahan warna kulit di area yang sering terkena secara langsung dengan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Masalah kulit belang satu ini biasanya terjadi di bagian wajah, punggung tangan, bahu, leher belakang, serta punggung kaki.

Bentuk dari solar lentiginosis dapat berupa bintik-bintik kecil berwarna kecokelatan atau hitam dengan ukuran bervariasi, mulai dari sebesar ujung pensil sampai sebesar koin. Kemudian, gangguan kulit belang ini seringkali terjadi pada seseorangg yang sudah berusia lanjut atau di atas 50 tahun.

4. Cedera atau Peradangan Dalam Kulit 

Penyebab kulit belang selanjutnya adalah terjadinya cedera seperti luka dan lecet atau peradangan (jerawat) dari dalam kulit yang kemudian terpapar sinar matahari. Sehingga akibatnya kulit terbakar dan warna kulit pun berubah.

4. Hiperpigmentasi atau Produksi Melanin Yang Berlebihan Pada Kulit 

Hiperpigmentasi pada kulit dapat disebabkan dari efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, contohnya obat kemoterapi bagi orang penderita kanker. Selain itu, ketidakstabilan hormon juga mempengaruhi naiknya produksi melanin pada tubuh. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga mengakibatkan kulit memproduksi melanin yang berlebih.

5. Hipopigmentasi 

Hipopigmentasi timbul karena kulit mengalami peradangan & terinfeksi jamur, contohnya panu. Kemudian adanya polusi partikel dan gas di udara bebas yang berlebihan juga dapat menembus kulit sehingga mengakibatkan pembentukan bintik-bintik coklat, khususnya pada area wajah.

6. Rosacea

Rosacea juga dapat menjadi penyebab ketidakmerataan warna kulit atau belang pada kulit. Kondisi ini menyebabkan kemerahan pada wajah seseorang, kadang-kadang disertai dengan munculnya benjolan kecil yang berisi nanah.

Selain itu, rosacea juga dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di hidung, pipi, atau area wajah lainnya. Penyebab pasti rosacea masih belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, kondisi ini dapat dipicu oleh faktor genetik, gaya hidup, serta faktor-faktor lainnya.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Memutihkan Kulit Belang?

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ya, Teman Plasthetic!

1. Oleskan Tabir Surya Secara Teratur

Menggunakan tabir surya atau sunscreen terkadang bisa terasa tidak efektif, namun tidak menggunakannya juga bukan pilihan yang tepat. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari yang kuat hanya dengan satu lapis. Jadi jangan lupa untuk mengoleskan pelindung kulit ini setiap keluar ruangan.

2. Menggunakan Pelembab atau Sunscreen

Ada sisi yang mudah terbakar sinar matahari dan sisi yang tidak, jadi pastikan kulit yang belang tidak kering dan berubah warna. Karena itu, selain mengoleskan tabir surya, Anda juga harus mengoleskan pelembab misalnya gel lidah buaya.

Anda bisa memilih body lotion dengan kandungan air yang tinggi. Terutama bagi mereka yang menderita kulit kering. Akan lebih baik lagi jika body lotion juga mengandung sun protection factor untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan maksimal.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi, yaitu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, bisa dilakukan untuk sedikit mengurangi perubahan warna kulit. Exfoliating adalah metode yang patut dicoba, apalagi hasilnya efektif jika dilakukan secara rutin: dari tumpukan sel kulit mati dan kotoran hingga kulit yang bersih.

Baca Juga: 11 Pantangan Setelah Infus Whitening yang Mesti Diperhatikan

4. Menggunakan Body Serum

Setelah melakukan eksfoliasi secara teratur, penting untuk melanjutkan memutihkan kulit tangan yang belang dengan menggunakan body serum. Body serum adalah sejenis lotion yang mempunyai tekstur ringan dan mudah meresap ke dalam kulit karena mengandung konsentrat serum.

Untuk hasil yang optimal, pilihlah body serum yang mengandung vitamin C, niacinamide, hyaluronate, dan kolagen. Bahan-bahan tersebut efektif dalam mencerahkan kulit yang kusam dan meratakan warna kulit.

5. Memperbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Anda bisa menghilangkan warna kulit yang tidak merata dengan mengonsumsi makanan tertentu. Contohnya termasuk makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan serangan radikal bebas.

Radikal bebas ini ternyata bisa menyebabkan munculnya garis-garis pada kulit, sehingga Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin C. Gunakan sumber vitamin C alami, seperti buah-buahan dan berbagai jenis sayuran. Jika Anda kesulitan menyerap vitamin C alami, Anda dapat menebus kekurangan ini dengan suplemen makanan.

6. Membuat Masker Alami

Selain untuk wajah, masker juga bisa membantu mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker bahan alami ini minimal sekali sehari untuk hasil maksimal. Cara membuatnya cukup sederhana, dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti:

  • Tomat: Oleskan tomat yang sudah dipotong atau dijadikan jus pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

  • Kentang: Parut atau tumbuk kentang mentah, kemudian balurkan pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

  • Madu: Oleskan madu murni pada kulit tangan dan kaki yang belang, biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

  • Yoghurt: Oleskan yoghurt tawar (tanpa rasa dan tanpa gula) pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

  • Beras dan Minyak Zaitun: Tumbuk beras halus dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini secara merata pada kulit tangan dan kaki yang belang, diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

7. Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan

Jika Anda merasa berbagai cara menghilangkan kulit belang di atas terlalu lama dan butuh kesabaran jika tidak tahan, maka cobalah cara langsung yang merupakan perawatan klinik kecantikan profesional yang bisa dilakukan.

Teknik perawatan kulit klinis membantu untuk segera mengobati noda kulit seperti melakukan berbagai treatment di Plasthetic Clinic, seperti facial peeling maupun premium glow, dengan melakukan treatment ini Anda akan merasakan kilau yang merata sejak penggunaan pertama, namun kami menyarankan untuk melakukan metode treatment ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana Rekomendasi Perawatan Memutihkan Kulit Belang dengan Treatment di Plasthetic?

Masalah kulit belang saat kini identik dengan kebiasaan seseorang berjemur di bawah matahari. Kondisi warna kulit yang sangat bervariasi tentu membuatnya terlihat lebih buruk. Tak heran jika masalah ini menurunkan kepercayaan diri.

Saat ini, klinik kecantikan terus berkembang dan menawarkan lebih banyak jenis perawatan. Salah satunya Plasthetic Clinic menyediakan berbagai perawatan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi kulit belang yang anda miliki, berikut berbagai treatment yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda.

1. Premium Glow

Treatment ini dapat mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit wajah, seperti memperbaiki pigmentasi kulit serta membuat kulit terlihat lebih cerah, bersinar, dan sehat.

2. Facial Peeling  

Treatment ini di Plasthetic Clinic dinamakan Aqua Pure Facial yang dimana merupakan perawatan  untuk membersihkan kotoran, mengangkat komedo, serta merelaksasi wajah dengan pijatan ringan dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, mengencangkan wajah, serta melembabkan. Treatment ini juga menggunakan alat cleansing untuk dapat menuntaskan komedo-komedo yang membandel pada wajah Anda serta terakhir diberikan serum yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Tattoo Permanen

3. Brightening Infusion

Treatment ini dapat membantu untuk mencerahkan warna kulit sehingga terlihat lebih bersih dan bersinar.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai kulit belang ya, Teman Plasthetic! Jika Anda ingin melakukan perawatan kulit belang di klinik kecantikan, pilihlah klinik yang bereputasi baik seperti Plasthetic Clinic. Di Plasthetic Clinic Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan bantuan para dokter yang sudah berpengalaman tentunya. 

Jika Anda ingin melakukan treatment ataupun berkonsultasi dengan dokter, silakan hubungi kami di nomor telepon 0811-1769-199 atau bisa datang langsung ke Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu, ya!

Di Review Oleh:
dr Aema Y. Amir 

https://www.plasthetic.com/doctor/dr-aema/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

penyebab-penuaan-dini

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More
anti-aging-skincare

Anti Aging Skincare: Manfaat, Cara Pakai dan Tips Memilihnya

Read More
pantangan-setelah-cabut-gigi

8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Wajib Anda Perhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!