Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

glycolic-acid-adalah

Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Di Tinjau oleh Dokter

Ada berbagai bahan aktif dalam perawatan pada kulit yang menawarkan manfaat tersendiri. Tentunya, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih bahan aktif  tersebut yang paling cocok untuk jenis serta kondisi kulit Anda. Nah, Jika Anda mempunyai permasalahan kulit wajah seperti kusam, berjerawat, penuaan dini serta hiperpigmentasi, Anda dapat merawat kulit wajah Anda dengan menggunakan bahan aktif glycolic acid. Mari pelajari lebih lanjut tentang bahan aktif satu ini. 

Apa Itu Glycolic Acid?

Glycolic acid  merupakan suatu bahan yang sering diaplikasikan dalam produk kecantikan. Tujuannya untuk mencerahkan serta  menghaluskan kulit hingga dapat melawan tanda-tanda pada penuaan wajah. Glycolic acid  ini mengandung molekul yang sangat kecil yang mudah diserap oleh kulit wajah. Fungsi utama dari bahan ini ialah untuk eksfoliasi kulit serta mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, yang dapat memungkinkan pembaharuan pada kulit menjadi lebih cepat.  

Baca Juga: Mengenal Manfaat Azelaic Acid Untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Apa Saja Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari glycolic acid yang dapat Anda dapatkan, yaitu: 

1. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam yang disebabkan oleh paparan sinar UV secara berlebihan, lapisan kulit yang tipis serta masalah kulit kering. Untuk dapat mengatasi gangguan tersebut, glycolic acid   dapat membantu Anda untuk merangsang pengangkatan sel kulit mati. Ada semacam lem lunak dalam glycolic acid  yang akan memicu pelepasan sel-sel kulit pada lapisan epidermis. Dengan hal itu, warna kulit di wajah Anda akan menjadi lebih cerah, lho. 

2. Meratakan Warna Kulit

Glycolic acid  ini dapat berfungsi untuk membersihkan kulit wajah Anda dari sel kulit mati. Dengan demikian, masalah kulit seperti flek hitam dan melasma bisa perlahan hilang. 

3. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori besar  tentunya akan dengan mudah menempelkan kotoran, debu, dan sisa riasan pada lapisan atas kulit. Kondisi tersebut akan dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat serta komedo.
Untuk dapat mengatasinya, glycolic acid  dapat berfungsi untuk membersihkan, memperbaiki, dan memperkecil ukuran pori-pori. Hal Ini dapat mencegah minyak, kotoran, dan riasan menumpuk serta memasuki pori-pori.

4. Menghaluskan Kulit Yang Bertekstur

Salah satu penyebab struktur wajah tidak rata ialah adanya penumpukan dari sel kulit mati. Kondisi ini membuat wajah menjadi kasar dan kusam serta dapat menyebabkan kondisi kulit wajah seperti timbulnya jerawat. Glycolic acid  berfungsi untuk dapat memperbaharui sel kulit dan mengembalikan keremajaan pada kulit. Dengan cara ini, kulit mendapatkan kelembaban secara optimal, halus serta lembut.

Baca Juga: Mengenal Ascorbic Acid dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Apa Saja Efek Samping Glycolic Acid untuk Kulit Wajah?

Seperti zat lainnya, mengaplikasikan glycolic acid  ke kulit bisa menimbulkan efek samping. Berikut ini  merupakan beberapa efek samping yang mungkin akan dapat terjadi dengan penggunaan glycolic acid, yaitu:

  1. Rasa perih dan panas pada kulit
  2. Eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit
  3. Warna kulit berubah
  4. Kepekaan terhadap sinar UV menjadi meningkat

Beberapa efek samping di atas tersebut tidak selalu terjadi, ya teman Plasthetic. Efek samping dari penggunaan glycolic acid  dapat terjadi dalam kondisi tertentu atau pun saat menggunakan dosis yang tidak tepat. Jika Anda mengalami efek samping yang cukup serius ataupun reaksi alergi, segeralah menghentikan penggunaan produk tersebut. Dan jika,  efek samping tersebut tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  

BAS

Bagaimana Cara Menggunakan Glycolic Acid untuk Kulit Wajah?

Secara umum, glycolic acid  adalah suatu bahan yang aman serta efektif untuk digunakan pada area kulit. Meski begitu, masih banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan glycolic acid  ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda. Berikut ini adalah cara yang tepat penggunaan glycolic acid, yaitu:

1. Aplikasikan Tabir Surya

Glycolic acid   akan dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Untuk itu Anda dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 pada pagi dan sore hari saat melakukan perawatan dengan menggunakan bahan glycolic acid, terutama jika Anda berniat beraktivitas outdoor

2. Gunakan Secara Bertahap

Jika Anda ingin mencoba produk yang mengandung bahan glycolic acid, gunakanlah produk yang berbahan tersebut dengan cara bertahap. Contohnya, gunakan glycolic acid sekali sehari, atau tiga hari seminggu untuk minggu pertama. 

Setelah itu Anda akan melihat reaksi pada kulit Anda. Jika tidak ada reaksi alergi ataupun iritasi lainnya, Anda dapat meningkatkan pemakaiannya, misalnya 4-5 kali seminggu. Lanjutkan hal tersebut secara perlahan sampai kulit Anda terbiasa serta dapat menggunakan glycolic acid  setiap hari.

3. Hindari Penggunaan Bersama Senyawa Eksfoliator Lain

Jika pada saat ini Anda sudah menggunakan produk kecantikan lain yang mengandung senyawa eksfoliasi seperti, glycolic acid , sebaiknya hindari penggunaan senyawa lainnya yang berfungsi mengeksfoliasi juga, seperti tretinoin, adapalene ataupun isotretinoin, ya teman Plasthetic.

Baca Juga: Salicylic Acid: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Rekomendasi Perawatan di Plasthetic Clinic

Selain itu, berikut ini adalah berbagai perawatan di Plasthetic Clinic yang mempunyai manfaat seperti senyawa glycolic acid ya teman Plasthetic, simak selengkapnya.

1. Premium Glow

Perawatan ini dapat berfungsi untuk dapat mengatasi berbagai macam permasalahan pada semua tipe kulit wajah, seperti untuk memperbaiki pigmentasi pada kulit dan juga dapat membuat kulit terlihat menjadi lebih cerah dan sehat.

2. Diamond Facial

Perawatan ini dapat bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada wajah serta sisa-sisa sel kulit mati agar nantinya kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Microbubble Exfoliation

Perawatan ini dapat bertujuan untuk melembabkan, mengeksfoliasi, dan mencerahkan kulit wajah Anda.  Microbubble exfoliation juga akan dapat membantu Anda memperbaiki pertumbuhan kolagen dan menampilkan kulit yang lebih sehat dan halus.Nah, itu dia penjelasan mengenai manfaat glycolic acid untuk perawatan kulit, ya teman Plasthetic. Semoga membantu. Untuk mendapatkan informasi perawatan kulit lainnya Anda dapat menghubungi Plasthtetic Clinic untuk dapat melakukan konsultasi terkait dengan permasalahan Anda. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Aema Yunita Amir, Sp.KK

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

jenis mata panda

3 Jenis Mata Panda, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Read More
manfaat-hifu-miss-v

Mengenal Manfaat HIFU Miss V dan Prosedurnya

Read More
pantangan setelah laser wajah

6 Pantangan Setelah Laser Wajah yang Harus Anda Pahami

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!