Mengenal 5 Manfaat Kolagen Bagi Kulit

Mengenal 5 Manfaat Kolagen Bagi Kulit

Di Tinjau oleh Dokter

Kebanyakan orang selalu melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit yang sehat. Nah, salah satu cara yang umum digunakan dalam perawatan kulit ialah dengan mengonsumsi penggunaan kolagen. Manfaat kolagen dipercaya membuat kulit menjadi lembut serta kencang. Untuk pembahasan selengkapnya, baca ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Kolagen? 

Kolagen merupakan sejenis protein yang berfungsi penting dalam membangun serta menopang banyak nya jaringan tubuh manusia, dimulai dari tulang, rambut, kulit, mata sampai sistem pencernaan, lho. Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen protein kolagen ini menjadi populer karena menjaga kekencangan kulit serta memberikan penampilan awet muda. Selain itu, ada banyak jenis kolagen yang bisa dikonsumsi sehari-hari dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

Mengkonsumsi bubuk atau kapsul kolagen memang bisa mendatangkan manfaat dari dalam dengan cara memperkuat dan memperkuat lapisan dermal kulit. Dengan cara ini kulit Anda bisa terlihat muda dan bercahaya. Padahal, kolagen masih memiliki banyak manfaat untuk kulit yang perlu diketahui semua wanita jika rutin mengkonsumsinya.

Apa Saja Manfaat Kolagen Bagi Kulit?

apa saja manfaat kolagen bagi kulit

Source: freepik.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat kolagen untuk kulit, yaitu:

1. Menghaluskan Kulit dan Mengurangi Kerutan

Manfaat kolagen yang pertama ialah dapat menghaluskan kulit serta mengurangi kerutan. Hal ini dikarenakan kolagen merupakan bagian penting dari lapisan dermal kulit sehingga memenuhi kebutuhan akan protein ini sangat baik untuk menjaga kehalusan kulit. Selain itu, kolagen memiliki efek anti aging yang dapat mengencangkan kulit dengan cara yang benar. Dengan cara ini, kerutan wajah berkurang serta dapat terlihat lebih muda. 

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Meningkatnya kekenyalan kulit juga merupakan salah satu manfaat kolagen bila digunakan secara teratur. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen berkurang, menyebabkan kulit kendur. Dengan menambahkan kolagen ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, Anda dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda karena kandungan peptida kolagen secara permanen dapat mencegah kendur dan meregang.

3. Meningkatkan Kelembaban Kulit

Kolagen juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan kulit sehingga terasa lembut. Penelitian telah dilakukan untuk menentukan apakah protein ini sangat membantu dalam merawat kulit kering. Kulit kering pada awalnya tidak berbahaya, namun masalah tersebut dapat menyebabkan eksim menjadi aktif, seperti pecah-pecah, peradangan, kemerahan serta rasa gatal. Mengonsumsi banyak air serta kolagen dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban.

4. Mengurangi Selulit

Kolagen juga dapat membantu menghaluskan selulit dengan cara memperkuat lapisan kulit. Faktanya, selulit menjadi lebih terlihat saat kulit menipis, mengencang, atau melemah akibat penuaan. Dengan mengkonsumsi kolagen, Anda dapat merasakan peningkatan kekenyalan serta ketebalan kulit, serta pembentukan selulit dapat dicegah.

5. Mengatasi Bekas Jerawat

Jerawat cenderung meninggalkan bekas luka saat sembuh. Padahal, bekas jerawat disebabkan oleh rusaknya kolagen pada kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi kolagen dapat membantu dalam memperbaiki jaringan yang dapat menyembuhkan bekas jerawat. Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengobati bahkan mencegah stretch mark sebelum muncul.

Baca Juga: Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Apa Saja Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Kolagen?

makanan dan minuman mengandung kolagen

Source: freepik.com

Berikut ini ialah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit:

1. Daging Ayam

Makanan pertama yang bisa dijadikan rekomendasi ialah ayam. Banyak alasan mengapa banyaknya suplemen kolagen bersumber dari ayam. Hal itu karena daging ayam mengandung beberapa nutrisi penting, salah satunya kolagen. Paha ayam khususnya ialah bagian daging yang merupakan sumber kolagen terbaik dari daging ayam. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memasukkan daging ayam, terutama paha ayam, ke dalam menu makanan sehari-hari Anda, ya teman Plasthetic.

2. Putih Telur

Makanan selanjutnya yang perlu Anda konsumsi untuk dapat meningkatkan produksi kolagen ialah putih telur. Meski telur ini tidak mengandung jaringan ikat seperti ayam, putih telur mengandung prolin dalam jumlah besar. Perhatikan bahwa prolin adalah salah satu asam amino yang dibutuhkan untuk produksi kolagen dalam tubuh. 

3. Ikan Dengan Kulitnya

Sama halnya dengan ayam dan putih telur, ikan merupakan sumber kolagen makanan yang baik. Namun, ingatlah untuk makan ikan dengan kulitnya. Karena kandungan kolagen pada ikan tersimpan di dalam kulitnya.

Selain kolagen, ikan juga dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi serta diperkaya dengan nutrisi penting lainnya. Contohnya termasuk vitamin D dan asam lemak omega-3, yang dapat memiliki berbagai manfaat Kesehatan Anda.

4. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran berdaun hijau diketahui memainkan peran penting dalam diet sehat. Karena, sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin.

Namun, beberapa sayuran seperti kangkung dan bayam juga bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh. Ini karena sayuran ini mendapatkan warnanya dari klorofil yang dikenal dengan sifat antioksidannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi klorofil dapat mengembangkan prekursor kolagen pada area  kulit.

5. Kaldu Tulang

Banyak orang percaya bahwa bone broth atau kaldu tulang ialah sumber kolagen alami. Ini karena kaldu tulang tersebut terbuat dari tulang serta jaringan ikat yang mengandung beberapa nutrisi penting. Seperti, kalsium, magnesium, fosfor, asam amino, kolagen, glukosamin, kondroitin.

Akan tetapi, setiap kaldu tulang ini juga tentunya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, terutama kolagen. Hal ini karena kualitas tulang serta bahan tambahan yang digunakan dalam masakan berbeda.

6. Buah Citrus

Aneka buah – buahan citrus seperti jeruk juga dipercaya sebagai makanan yang dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C.

Nah, vitamin C diketahui berperan penting dalam produksi procollagen, yaitu prekursor kolagen dalam tubuh. Vitamin C tidak hanya membantu dalam produksi kolagen tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya seperti menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Mudah dan Aman, Begini Tips Mengencangkan Kulit Wajah!

BAS

Rekomendasi Perawatan Menghaluskan Wajah Terbaik di Plasthetic

Selain, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen, Anda juga dapat melakukan perawatan di Plasthetic Clinic untuk dapat menghaluskan serta mengenyalkan wajah Anda, lho. Berikut ini adalah berbagai perawatan terbaik di Plasthetic Clinic yang dirangkum khusus untuk Anda:

1. Morpheus8

Morpheus8 adalah satu-satunya alat yang memadukan teknologi microneedle dengan teknologi frekuensi radio (RF), yang dikembangkan oleh InMode Aesthetic, pengembang beberapa perangkat estetika di Amerika Serikat. Alat tersebut memiliki pilihan 12 dan 24 jenis pulpen yang cocok untuk memperbaiki masalah kulit pada wajah atau tubuh. Keseluruhan fungsi alat ini dapat mengubah tekstur, kekencangan dan pigmentasi kulit dalam proses minimal invasif, downtime dan perawatan minimal.

2. Plasma Nourish

Treatment plasma nourish ini dapat berfungsi untuk menghilangkan stretch mark lebih cepat. Perawatan ini dilakukan dengan mengaplikasikan darah yang diambil dari pasien serta diproses menjadi plasma darah yang kaya akan hadirnya trombosit. Plasma nourish ini berfungsi untuk dapat meningkatkan produksi kolagen serta mempercepat proses penyembuhan pada luka, lho.

3. Tanam Benang

Thread lift merupakan prosedur kosmetik yang minimal invasif untuk dapat mengencangkan kulit wajah. Selama prosedur Thread lift  ini dilakukan ,  dokter akan  menggunakan benang untuk dapat menarik area kulit guna mengurangi kulit kendur yang membuatnya tampak tua.

Baca Juga: Ketahui Efek Tanam Benang yang Bermanfaat untuk Kulit Wajah

Nah, itulah dia beberapa manfaat kolagen untuk kulit  dan berbagai treatment di Plasthetic Clinic yang dapat kamu dapatkan jika rutin menggunakannya. Untuk hasil terbaik, lebih baik berolahraga secara teratur dan makan sehat. Hal tersebut tidak hanya memberi Anda kulit yang sempurna dan indah, tetapi juga tubuh yang sehat secara menyeluruh, lho teman Plasthetic.

Anda juga bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan Plasthetic Clinic untuk membooster kulit Anda setelah Anda rajin mengkonsumsi kolagen dengan melakukan perawatan di Plasthetic Clinic. Selain itu, Anda juga dapat  berkonsultasi dahulu dengan dokter kami agar Anda dapat mengetahui dosis yang Anda butuhkan sebelum meminum kolagen ini. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi ya, teman Plasthetic. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic dan dapatkan kulit sehat cantikmu sekarang!

Di Review Oleh:

dr. Vera

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Penyebab Bruntusan pada Wajah yang Harus Kamu Ketahui!

Read More

Mengenal 3 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles pada Wajah

Read More

3 Cara Menghilangkan Skin Tag dengan Aman dan Mudah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!