Mengenal 9 Manfaat Microneedling, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

manfaat microneedling

Mengenal 9 Manfaat Microneedling, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Microneedling merupakan salah satu perawatan kecantikan yang akan dilakukan dengan menggunakan jarum berukuran kecil yang akan ditusukkan pada lapisan kulit agar dapat merangsang proses regenerasi sel-sel kulit. Salah satu manfaat microneedling adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, termasuk dalam mengurangi kerutan halus dan menghilangkan bekas jerawat.

Tidak hanya itu, perawatan microneedling juga dapat menghadirkan berbagai manfaat baik bagi kesehatan kulit wajah Anda. Ingin tahu lebih lanjut? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas! 

Apa Itu Microneedling?

Microneedling adalah metode perawatan kulit wajah minimal invasif yang melibatkan penggunaan jarum kecil dan steril untuk menusuk kulit. Teknik yang digunakan pada perawatan microneedling akan menciptakan luka-luka kecil pada kulit dengan tujuan merangsang produksi kolagen dan elastin, yang sangat penting dalam proses regenerasi kulit wajah. 

Prosedur microneedling sendiri dinilai cocok untuk seluruh jenis kulit, termasuk jenis kulit yang sensitif sekalipun. Karena, perawatan satu ini hanya memiliki efek samping yang sedikit. Selain itu, prosedur perawatan microneedling juga tidak akan merusak lapisan terluar kulit, sehingga pemulihan pasca perawatan dapat berlangsung dengan cepat. 

Baca Juga: Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Apa Saja Manfaat Microneedling?

Microneedling umumnya digunakan untuk mengatasi masalah penuaan, termasuk garis halus dan kerutan. Salah satu penelitian telah menunjukkan bahwa menjalani sesi perawatan microneedling sekali sebulan selama empat bulan berturut-turut dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam kulit hingga 400%.

Namun, manfaat perawatan microneedling tidak hanya terbatas pada mengatasi tanda-tanda penuaan saja, melainkan juga mencakup sejumlah manfaat lain yang berguna bagi kesehatan kulit wajah Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat microneedling yang dapat Anda ketahui.

  • Mengurangi tampilan stretch mark
  • Meningkatkan kecerahan kulit wajah
  • Membantu mengecilkan pori-pori kulit
  • Memperbaiki warna kulit yang tidak rata
  • Mengurangi jumlah kerutan atau garis-garis halus di wajah
  • Menyamarkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam di kulit
  • Mengurangi tampilan melasma atau hiperpigmentasi akibat penyakit tertentu
  • Meningkatkan kekencangan kulit yang telah mengendur akibat berkurangnya elastisitas kulit 
  • Membantu mengurangi kedalaman bekas luka, termasuk keloid yang diakibatkan oleh luka operasi, luka bakar, dan bekas jerawat

Bagaimana Prosedur Microneedling?

Sebelum menjalani prosedur microneedling, dokter akan menyarankan Anda untuk menghentikan penggunaan antibiotik topikal dan produk yang dapat mengelupas kulit, seperti retinoid dan asam salisilat, setidaknya 5-7 hari sebelum perawatan berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi kulit setelah perawatan microneedling berlangsung.

Prosedur microneedling akan dimulai dengan pengolesan obat bius sekitar 45 menit hingga 1 jam pada area kulit yang akan dilakukan tindakan. Kemudian, dokter akan melakukan tusukan-tusukan kecil pada kulit menggunakan jarum khusus yang sudah disteril. 

Prosedur microneedling umumnya akan membutuhkan waktu yang bervariasi, yaitu berkisar antara 10 menit hingga 2 jam, tergantung pada luasnya area kulit yang memerlukan perawatan. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, disarankan bagi Anda untuk menjalani perawatan microneedling sebanyak 4 hingga 6 kali dengan selang waktu 4 minggu antara setiap sesi. 

Baca Juga: Cari Tahu 8 Cara Menghilangkan Kerutan di Kelopak Mata

Banner Plastic Aesthetic

Apa Saja Risiko Efek Samping Microneedling?

Setiap jenis perawatan tentu akan menghadirkan beberapa risiko dan efek samping yang berbeda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi sebelum melakukan perawatan dengan dokter yang terkait, agar Anda terhindar dari risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah proses perawatan berlangsung.

Secara prinsip, microneedling adalah prosedur yang aman untuk dijalani oleh pasien. Karena, efek samping yang ditimbulkan dari tindakan microneedling cenderung ringan dan dapat menghilang seiring dengan berjalannya waktu. 

Adapun beberapa risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah proses perawatan microneedling berlangsung, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Milia
  • Infeksi 
  • Iritasi kulit
  • Jerawat ringan
  • Kulit yang mengelupas
  • Perubahan pada pigmen kulit
  • Kulit yang membengkak, memerah, dan menjadi kering
  • Timbulnya benjolan pada kulit akibat reaksi alergi terhadap serum atau peralatan tertentu yang digunakan selama prosedur berlangsung 

Baca Juga: Kenali 10 Cara Konsultasi dengan Dokter Kecantikan Sebelum Perawatan

Selain itu, perlu juga untuk Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur microneedling, berikut di antaranya. 

  • Memiliki riwayat bekas luka kulit
  • Memiliki luka terbuka atau jerawat aktif
  • Telah menjalani terapi radiasi baru-baru ini
  • Memiliki kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis atau eksim

Jika Anda memiliki permasalahan kulit wajah yang berkaitan dengan kerutan halus, bekas jerawat, hiperpigmentasi, hingga stretch mark, maka Anda bisa mencoba melakukan perawatan microneedling di klinik kecantikan yang sudah berpengalaman dan kompeten di bidangnya, salah satunya adalah Plasthetic Clinic

Di Plasthetic Clinic, kami menyediakan beberapa perawatan microneedling yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan kulit wajah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Morpheus8

Morpheus8 adalah salah satu jenis perawatan minimal invasif yang dinilai aman dan efektif dalam merangsang regenerasi lemak subkutan pada wajah dan tubuh. Perawatan ini melibatkan penggunaan alat yang memadukan teknologi microneedle dan teknologi radio frequency (RF). 

Pada tahun 2022, perawatan Morpheus8 mendapat perhatian besar dari para ahli kulit dan ahli kecantikan di Amerika Serikat karena manfaatnya dalam memperbaiki beberapa permasalahan kulit, seperti mengatasi kulit bertekstur (scars dan stretch mark), mengencangkan kulit, dan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kolagen. 

Perawatan Morpheus8 juga terkenal karena terdapat beberapa artis dan model Hollywood, seperti Kim Kardashian, Lindsay Lohan, dan Jessica Simpson yang melakukan perawatan satu ini. 

2. Plasma Nourish (PRP)

Plasma Nourish merupakan perawatan kecantikan yang bertujuan untuk mengatasi bekas jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, dan memperbaiki tekstur wajah dengan menggunakan natural growth factor yang diambil dari darah pasien. 

Perawatan Plasma Nourish dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat, kenyal, lembut, dan glowing. Perawatan satu ini juga dapat meratakan warna kulit Anda, sehingga kulit dapat terlihat lebih cerah. 

Sebelum melakukan perawatan tersebut, pastikan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu agar Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dan tepat dengan kondisi yang Anda miliki. 

Untuk melakukan perawatan, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai manfaat microneedling di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr Vera

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

sakit-gigi-saat-puasa

Sakit Gigi Saat Puasa? Ini 8 Cara Mengatasinya Tanpa Harus Batal

Read More
hypertrophic scar adalah

Hypertrophic Scar: Pengertian, Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Read More
front-view-beautiful-young-woman-posing

Ini dia Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Mudah!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!