4 Perbedaan Implan Gigi dan Gigi Palsu yang Perlu Kamu Tahu

perbedaan implan gigi dan gigi palsu

4 Perbedaan Implan Gigi dan Gigi Palsu yang Perlu Kamu Tahu

Di Tinjau oleh Dokter

Setiap individu, tentu tidak ingin memiliki kondisi gigi yang ompong. Namun, semakin bertambahnya usia, akan semakin banyak juga permasalahan kesehatan yang terjadi, salah satunya adalah kondisi gigi yang ompong. Kondisi satu ini sendiri dapat mengganggu aktivitas Anda saat mengonsumsi makanan serta saat sedang berbicara. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam menangani gigi ompong adalah dengan menggunakan implan gigi maupun gigi palsu. Walaupun kedua jenis ini memiliki fungsi yang sama, namun keduanya juga memiliki perbedaannya masing-masing. Untuk itu, langsung saja simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaan implan gigi dan gigi palsu.

Apa Itu Implan Gigi?

Sebelum mengetahui perbedaan implan gigi dan gigi palsu, Anda perlu mengetahui pengertian dari implan gigi dan gigi palsu terlebih dahulu. Implan gigi atau yang sering juga disebut dengan istilah gigi tanam merupakan sebuah prosedur yang dilakukan dengan menanamkan akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada rahang gigi. 

Prosedur implan gigi sendiri berfungsi untuk menggantikan bagian pada akar gigi yang hilang. Nantinya, penanaman akar gigi buatan akan dilakukan di tulang rahang atas maupun rahang bawah yang dapat memungkinkan tersambungnya gigi pengganti dengan tulang.

Baca Juga: Ketahui 6 Cara Merapikan Gigi yang Renggang

Apa Itu Gigi Palsu?

Sedangkan, gigi palsu atau yang disebut juga dengan istilah denture merupakan sebuah alat bantu yang memiliki tujuan untuk menggantikan gigi yang telah hilang serta menggantikan jaringan gusi yang berada di sekelilingnya. 

Gigi palsu sendiri dapat terbagi menjadi dua jenis, di antaranya adalah gigi palsu yang terpasang secara permanen serta gigi palsu yang dapat dilepas sewaktu-waktu. Sedangkan, gigi palsu yang dapat dilepas dapat terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Membuat Gigi Tiruan Lengkap oleh Dokter

Apa Saja Perbedaan Implan Gigi dan Gigi Palsu?

Setelah memahami pengertian dari implan gigi dan gigi palsu, maka hal selanjutnya yang harus teman Plasthetic ketahui adalah perbedaan implan gigi dan gigi palsu, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Fungsi 

Salah satu perbedaan antara implan gigi dan gigi palsu terletak pada fungsi yang dimilikinya. Pada dasarnya, fungsi dari implan gigi dan gigi palsu adalah sama-sama untuk mengembalikan fungsi pengunyahan dan berbicara menjadi lebih baik lagi. 

Namun, implan gigi dinilai memiliki fungsi pemulihan pengunyahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan gigi palsu, yaitu sekitar 70-90% serupa dengan gigi alami jika dipasang dengan baik dan benar. Sedangkan, gigi palsu memiliki fungsi pemulihan pengunyahan kurang dari 50%.

2. Kenyamanan

Jika membicarakan mengenai kenyamanan, implan gigi memiliki nilai kenyamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan gigi palsu. Hal ini dapat terjadi, karena implan gigi merupakan gigi tiruan permanen yang ditanam di dalam tulang rahang dan tidak akan mudah goyang.

Sedangkan, gigi palsu merupakan gigi tiruan yang tidak bersifat permanen dan dapat dilepas pasang sesuai dengan keinginan pasien. Pada penggunaan gigi palsu, para pasien seringkali merasa kesulitan saat melepas dan memasang gigi palsu yang dimilikinya. Selain itu, para pasien juga merasa bahwa gusi nya terasa tertekan saat proses pelepasan dan pemasangan gigi palsu. 

Banner Plastic Dentist

3. Risiko

Pemasangan implan gigi akan memerlukan prosedur pembedahan kecil, dan seluruh prosedur pembedahan akan memiliki risikonya masing-masing, seperti pendarahan, cedera pada saraf maupun pada jaringan sekitar. Namun, teman Plasthetic tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dapat dicegah dengan kerja sama yang baik antara dokter dan pasien, serta keterampilan dokter yang mumpuni. 

Sedangkan, dalam pemasangan gigi tiruan atau gigi palsu tidak memerlukan prosedur pembedahan, sehingga risiko yang mungkin ditimbulkan akan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan prosedur pemasangan implan gigi. 

4. Estetika

Perbedaan implan gigi dan gigi palsu terakhir terletak pada nilai estetika yang dimilikinya. Pada dasarnya, implan gigi dan gigi palsu sama-sama memiliki nilai estetika yang baik, yaitu dapat memperbaiki tampilan gigi yang ompong.

Namun, gigi palsu akan memiliki sebuah sayap atau landasan dengan warna yang mirip dengan gusi asli sebagai penahan gigi pada rahang, sehingga dapat mengurangi nilai estetika. Sedangkan, implan gigi akan memiliki tampilan yang lebih alami, karena implan gigi akan ditanamkan di dalam rahang dan dapat membuat tampilan yang lebih alami seperti gigi asli. 

Baca Juga: Dental Bridge: Proses, Keuntungan, dan Potensi Risikonya

Rekomendasi Perawatan Pemasangan Implan Gigi dan Gigi Palsu dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Pemasangan Implan Gigi dan Gigi Palsu
Source: Paxels.com

Jika gigi ompong yang Anda miliki sudah mengganggu kenyamanan dan tingkat kepercayaan diri Anda, maka melakukan perawatan pemasangan implan gigi atau gigi palsu dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda.

Salah satu rekomendasi perawatan di Plasthetic Clinic yang dapat teman Plasthetic lakukan guna menangani kondisi gigi yang ompong adalah dengan melakukan perawatan Gigi Tiruan Lepasan.

Gigi tiruan lepas atau yang sering juga disebut dengan istilah gigi palsu dapat menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut agar dapat berfungsi kembali secara normal. Tidak hanya itu, penggunaan gigi tiruan lepas juga akan membantu Anda saat mengonsumsi makanan maupun saat sedang berbicara. 

Seperti namanya, gigi tiruan lepas dapat dengan mudah dilepas maupun dipasang kapan saja Anda mau. Sebelum membuat gigi tiruan lepas, pastikan teman Plasthetic sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Hal ini dilakukan agar teman Plasthetic mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang dimiliki serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Untuk melakukan perawatan pemasangan gigi tiruan lepas, teman Plasthetic bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic Cabang Aceh dan bisa langsung menghubungi tim kami di sini untuk melakukan proses konsultasi. 

Itulah informasi mengenai perbedaan implan gigi dan gigi palsu yang dapat teman Plasthetic ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Source:

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Protected: Skin Barrier Adalah: Fungsi, Ciri, dan Cara Merawatnya

Read More

Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

Read More

3 Cara Menghilangkan Hypertrophic Scar

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!