Cek 5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

Cek 5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu kandungan skincare yang hingga saat ini terus mengalami perkembangan adalah Vitamin C. Salah satu manfaat serum Vitamin C adalah kemampuannya yang dapat memperbaiki dan melindungi kulit, sehingga menjadi salah satu kandungan yang banyak diminati oleh pengguna perawatan wajah. Biasanya, Anda dapat menemukan kandungan Vitamin C dalam produk serum yang seringkali berbentuk cairan atau gel ringan. 

Selain memiliki kemampuan dalam memperbaiki dan melindungi kulit, serum Vitamin C juga menghadirkan manfaat lainnya bagi kesehatan wajah Anda. Pada artikel Plasthetic Clinic berikut ini, kami akan membantu Anda untuk memahami lebih lanjut mengenai manfaat serum Vitamin C untuk kulit wajah. Mari simak artikelnya hingga selesai!

Apa Saja Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah?

Penggunaan serum Vitamin C secara rutin telah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah Anda. Berikut adalah beberapa manfaat serum Vitamin C untuk kulit wajah yang dapat Anda ketahui.

1. Mencerahkan Kulit

Vitamin C dikenal karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Serum yang mengandung Vitamin C dinilai dapat membantu mengurangi pigmentasi dan menyamarkan noda hitam, sehingga membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan merata. Penggunaan serum Vitamin C secara rutin juga dapat membantu Anda dalam mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih segar dan bercahaya.

2. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Serum Vitamin C juga efektif dalam mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Dengan merangsang produksi kolagen, serum Vitamin C dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan, serta meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Hasilnya, kulit wajah Anda akan tampak lebih muda dan sehat.

3. Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar UV

Salah satu manfaat penting lainnya dari penggunaan serum Vitamin C adalah kemampuannya dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Meskipun tidak bisa menggantikan kegunaan sunscreen, serum Vitamin C dapat membantu memperkuat pertahanan kulit terhadap efek berbahaya sinar matahari, serta mengurangi risiko kerusakan kulit dan penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Vitamin C juga berperan penting dalam menjaga tingkat kelembapan kulit. Penggunaan serum Vitamin C di rangkaian perawatan kulit wajah Anda dapat berkontribusi dalam memperkuat barrier kulit atau lapisan kulit paling luar, serta menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

5. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Berkat sifat anti-inflamasinya dan kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan, Vitamin C juga dapat membantu mengurangi peradangan jerawat dan mempercepat penghilangan bekas jerawat, sehingga menghasilkan kulit wajah yang lebih bersih dan warna yang lebih merata.

6. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Selain mampu mencerahkan kulit wajah, penggunaan Vitamin C secara teratur juga dapat melindungi kulit wajah Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang berasal dari paparan sinar UV dan polusi debu serta kotoran.

Bagaimana Cara Menggunakan Serum Vitamin C di Wajah?

Untuk mendapatkan manfaat serum Vitamin C secara optimal, maka Anda perlu memahami cara penggunaan serum Vitamin C yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan serum Vitamin C yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menggunakan serum Vitamin C adalah dengan membersihkan wajah dengan baik dan benar. Dalam melakukan langkah ini, gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghilangkan segala kotoran, minyak, dan sisa makeup. Kulit yang bersih dari segala kotoran yang menempel di wajah akan memudahkan penyerapan serum Vitamin C secara lebih efektif.

2. Mengaplikasikan Toner

Setelah mencuci wajah, Anda bisa mengaplikasikan toner. Toner sendiri berguna untuk mengembalikan pH kulit dan menyiapkan kulit wajah agar lebih siap menyerap produk perawatan kulit berikutnya. Jika Anda ingin menggunakan toner, sebaiknya pilihlah toner dengan kandungan yang lembut dan bebas dari alkohol agar tidak mengiritasi kulit.

Banner Plastic Aesthetic

3. Mengaplikasikan Serum Vitamin C pada Wajah

Jika kulit wajah sudah bersih dari segala sisa kotoran yang menumpuk, maka Anda bisa langsung mengaplikasikan serum Vitamin C dan meratakannya pada wajah dan leher. Setelah itu, gunakanlah ujung jari untuk memijat serum secara lembut dan merata ke seluruh area wajah, dan pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan mata.

Baca Juga: Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

4. Menggunakan Pelembap

Sebagai penutup dari rangkaian perawatan kulit wajah, Anda perlu menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah yang Anda miliki. Penggunaan pelembap sendiri dapat membantu kulit wajah dalam mengunci kelembapan dan serum Vitamin C yang terdapat di dalam lapisan kulit. Selain itu, pelembap juga dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk kulit wajah Anda. 

5. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen adalah komponen yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari, terutama ketika Anda menggunakan serum vitamin C. Ini karena sunscreen dapat berperan dalam melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, termasuk sinar UVB dan UVA. 

Rekomendasi Perawatan dengan Vitamin C dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan dengan Vitamin C
Source: envanto.com

Jika ingin mendapatkan manfaat dari serum Vitamin C secara optimal, maka Anda bisa melakukan beberapa perawatan yang memiliki kandungan Vitamin C dan vitamin lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah Anda. 

Berikut ini adalah beberapa perawatan di Plasthetic Clinic yang mengandung Vitamin C, yang dapat menghadirkan manfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. 

1. Vitamin C Infusion

Vitamin C Infusion adalah perawatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meremajakan kulit, dan mampu mencerahkan kulit dari dalam. Perawatan ini melibatkan penyuntikan Vitamin C langsung ke dalam tubuh melalui pembuluh darah atau intravena.

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

2. Brightening Injection

Brightening Injection adalah perawatan yang dirancang untuk mencerahkan warna kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bersinar. Meskipun tidak mengandung Vitamin C, perawatan ini tetap efektif dalam mencerahkan kulit. Seperti Vitamin C Infusion, Brightening Injection juga melibatkan penyuntikan vitamin melalui pembuluh darah.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat serum Vitamin C yang dapat Anda ketahui. Berdasarkan penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui, bahwa penggunaan serum Vitamin C dapat menghadirkan berbagai manfaat bagi kesehatan kulit wajah, termasuk mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan noda hitam, hingga mengurangi tanda-tanda penuaan dengan merangsang produksi kolagen.

Selain memanfaatkan serum Vitamin C dalam rutinitas perawatan wajah harian, Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan yang mengandung Vitamin C di Plasthetic Clinic, melalui perawatan Vitamin C Infusion, maupun Brightening Injection.

Sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah yang Anda miliki.

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda, atau langsung menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai manfaat serum Vitamin C di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Nadya Arini Puspasari

Sumber:

  • https://www.fimela.com/beauty/read/5075219/tips-menggunakan-serum-vitamin-c-yang-benar-biar-kulit-makin-cerah-dan-terus-glowing  
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-vitamin-c-untuk-wajah#mcetoc_1h0he5m1jjnb 

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Read More

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More

Mommy Makeover untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!